Mengoptimalkan website agar mudah ditemukan di mesin pencari adalah salah satu faktor kunci untuk mengembangkan bisnis. Tak hanya itu, hal ini juga bisa meningkatkan reputasi website di internet. Jika Anda adalah pengguna WordPress, terdapat banyak sekali plugin SEO yang dirancang untuk mengoptimalkan website Anda. Dan salah satu plugin SEO yang paling banyak digunakan di WordPress adalah All in One SEO Pack. All in SEO Pack adalah plugin SEO dengan fitur yang lengkap. Penting bagi Anda untuk mengetahui cara setting All in One SEO Pack di website WordPress. 

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan pada Sobat Unlimited semua, tentang cara setting All in SEO Pack di WordPress. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Mengapa Membutuhkan Plugin SEO? 

Optimasi SEO untuk website WordPress membutuhkan lebih dari sekadar menambahkan keyword yang relevan di konten Anda.Peramban mesin pencari akan mendeteksi setiap bagian dari website Anda berdasarkan kata kunci dan mendorongnya ke bagian atas halaman hasil pencarian. 

Meta description, title tag, URL, struktur website dan elemen lainnya akan terindeks oleh mesin pencari. Mesin pencari mengindeks dengan menggunakan algoritma mesin pencari untuk menentukan relevansi dan kualitas website. Dan mengelola semua ini sendiri tentu sangat susah dan memakan waktu.

Baca Juga : Plugin Jetpack, Plugin WordPress Super Lengkap

Beberapa website mungkin tidak terlalu membutuhkan visibilitas pencarian yang tinggi. Namun jika Anda memang mengelola website untuk tujuan profesional dan komersial, Anda membutuhkan yang namanya traffic. Sebenarnya, Anda bisa melakukan hal ini tanpa bantuan plugin.

Namun, jika WordPress memberikan kemudahan dengan plugin, tentu akan lebih memudahkan Anda. Apalagi jika Anda menggunakannya secara gratis. Dengan pembatasan beberapa fitur, tentunya. Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih  lengkap, Anda bisa berlangganan All in One SEO Pack. 

Mengenal All in One SEO Pack 

Plugin SEO WordPress All in SEO Pack pertama kali dirilis pada tahun 2007. Kini, AISEO telah digunakan lebih dari 2 juta website WordPress. Tentu bukan tanpa alasan mengapa AISEO bisa mendapatkan pengguna yang banyak. Plugin SEO WordPress yang satu ini dapat membantu meningkatkan ranking halaman hasil pencarian. 

Dalam rilis resminya, AISEO mengungkapkan bahwa user experience adalah hal yang nomor satu. Plugin ini sangat mudah digunakan dan tak tak harus memiliki skill SEO mumpuni untuk bisa memahami cara kerjanya. 

Baca Juga : Panduan Google Apps Untuk Pebisnis Pemula

Secara default ,WordPress adalah sebuah platform yang cukup SEO friendly. Namun, sebagai pemilik website, masih banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat rangking SEO website Anda. 

Usaha yang bisa Anda lakukan seperti menambahkan meta tag, membuat sitemap XML, social sharing, dan lain sebagainya. All in One SEO Pack membantu Anda melakukan semua hal ini dengan interface yang mudah digunakan karena menyatu dengan dashboard WordPress Anda. 

Cara Setting All in One SEO Pack 

Versi basic AISEO bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, seperti video sitemap, e-commerce SEO, dan support selama 1 tahun, Anda bisa menggunakan AISEO versi berbayar. 

Berikut ini adalah cara setting All in One SEO Pack versi gratis: 

Langkah 1 : Menginstal dan Aktivasi Plugin 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal kemudian melakukan aktivasi plugin All in One SEO Pack. Berikut caranya: 

  • Login ke dashboard admin WordPress, lalu pilih menu Plugins >> Add New
  • Pada kotak pencarian, ketikkan All in One SEO Pack dan kemudian klik Install Now. 
  • Setelah proses instalasi selesai, silakan mengaktifkan plugin dengan klik Activate

Langkah 2 : Konfigurasi Plugin 

Setelah melakukan aktivasi, plugin AISEO akan terlihat di sebelah kiri menu admin area WordPress. Untuk melakukan konfigurasi pada plugin yang baru diinstal, silakan untuk klik pada menu All in One SEO >> General Settings.

Pada halaman pengaturan tersebut, Anda akan menemukan banyak pengaturan yang dapat digunakan. Ada keterangan di setiap poin pengaturannya, sehingga Anda tak perlu bersusah payah untuk memahaminya. Anda bisa menjelaskan pengaturan tersebut dengan klik ikon tanda tanya (?). 

Berikut ini adalah pengaturan yang bisa Anda lakukan: 

1. General Settings

  • Canonical URLs — Jika Anda mengaktifkan pilihan ini, website akan lebih aman dari penalti Google mengenai URL yang berbeda dengan konten yang sama. 
  • No Pagination for Canonical URLs — Pilihan ini akan menghapus pagination dari canonical URL. 
  • Enable Custom Canonical URLs — Bila mencentang pilihan ini, akan menambahkan sebuah kolom baru untuk custom canonical di halaman editor. 
  • Use Original Title — Jika Anda mengalami masalah dengan template atau plugin mengenai penulisan tag judul, silakan aktifkan pengaturan ini. 
  • Use Schema.org Markup — Pilihan ini akan menyediakan informasi yang diperlukan mesin pencari untuk menampilkan rich snippets di hasil pencarian. 
  • Log Important Events — Pengaturan ini berguna jika Anda menginginkan log dari plugin lain. 

2. Home Page Settings 

Pada halaman pengaturan ini, Anda dapat menentukan judul dari homepage website. Anda bisa menggunakan title yang berbeda dengan judul utama website WordPress. Gunakan title yang semenarik mungkin. 

  • Home Title — SEO Meta Title untuk home page. Title ini akan tampil di bagian atas pada tab browser ketika home page. Panjang title direkomendasikan maksimal 60 karakter. 
  • Home Description — Ini adalah meta description untuk halaman utama. Deskripsi ini akan tampil di halaman mesin pencarian ketika seseorang mengetikkan halaman website Anda. 

3. Title Settings 

  • Rewrites Titles — Pilihan ini aktif secara default. Dengan mengaktifkan pilihan ini, memungkinkan Anda untuk memodifikasi title pada setiap jenis konten. 
  • Capitalize Title — Pengaturan ini juga aktif secara default. Pilihan ini akan mengubah setiap kata pada title. 
  • Home Page Title Format — Kolom isian ini untuk mengubah format dari page title. 

4. Custom Post Type Settings 

  • SEO for Custom Post Type — Aktif secara default, pilihan ini mengaktifkan AISEO bekerja dengan custom post type yang ada di website Anda. 
  • SEO on only these post types — Untuk memilih postingan tertentu, dimana plugin akan berfungsi dengan mencentang pilihan yang diinginkan. 
  • Enable Advanced Options — Pilihan ini akan menambahkan pilihan baru, yaitu custom titles. 

5. Display Settings 

  • Show Column Labels for Custom Post Types — Berguna untuk menampilkan kolom SEO Title, SEO Keyword, dan SEO Descriptions. 

6. Non Index Settings

Pilihan ini berguna jika Anda ingin mencegah mesin pencari melakukan indeks pada konten atau tautan di website yang mengarah ke website lain. 

7. Advanced Settings 

  • Autogenerate Descriptions — Bila mencentang pada bagian ini untuk membuat deskripsi secara otomatis dari konten Anda. 
  • Remove Descriptions for Paginated Pages — Pilihan ini berguna untuk menghapus meta descriptions dari halaman 2 dan seterusnya pada postingan yang menggunakan paginations. 
  • Never Shorten Long Descriptions — Jika Anda ingin membuat deskripsi dengan panjang lebih dari 160 karakter, silakan aktifkan pengaturan ini. 

Setelah menetapkan semua pengaturan, silakan simpan pengaturan dengan klik tombol Update Options

Penutup

Kini, Anda telah mengetahui cara setting All in One SEO Pack. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan ranking SEO website Anda. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting murah Indonesia. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *