Mengetahu cara cek status propagasi DNS domain sangatlah penting. Bagi Anda pemilik website tentunya pernah mengalami kesulitan dalam mengakses website setelah adanya pergantian name server (NS). Hal tersebut memang wajar karena adanya sistem DNS yang tidak terpusat. Untuk mengatasi masalah ini Anda harus memindahkan DNS server yang akan mengubah pengaturan DNS. Memindahkan DNS server ini juga membutuhkan waktu yang disebut dengan masa propagasi domain.

Cara cek status propagansi DNS domain memang harus dipelajari. Khususnya bagi Anda yang kesehariannya mengelola sebuah website. Masa propagasi domain adalah waktu yang dibutuhkan sebuah domian agar tersambung dengan server hosting. Untuk waktu yang dibutuhkan juga berbeda-beda.  Hal ini tergantung ISP (Internet service provider)  yang digunakan. Namun pada umumnya Domain Propagation Period ini  berlangsung sekitar 24 hingga 72 jam. Jika sudah melewati masa propagansi, maka domain yang sudah aktif bisa diakses kembali.

Apa Itu Propagasi DNS?

Bagi Anda yang baru saja membeli domain, tentunya akan muncul pertanyaan mengapa domian tersebut belum bisa diakses. Hal ini karena sedang memasuki masa propagasi domain. Lalu apa yang dimaksud propagasi DNS? Propagasi DNS adalah sebuah informasi yang menyangkut tentang letak suatu homepage/domain yang tercatat pada tabel DNS (Domain name server) atau nama server. Ini juga merupakan proses di mana domain membutuhkan waktu untuk tersambung ke server hosting. DNS merupakan sebuah sistem yang menjadi pengubah URL website ke bentuk IP address. Jika tidak ada DNS maka Anda harus mengetikkan IP address dengan lengkap saat ingin mengunjungi website tertentu di internet.

Cek status propagasi DNS

Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Waktu Propagasi DNS?

Kalau soal berapa lama waktu yang digunakan untuk propagasi DNS, tentu sangat berbeda-beda. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam proses propagasi name server, ada yang namanya proses resolved DNS. Resolved DNS akan memberitahu IP name serverbaru di domian ke seluruh DNS yang ada di dunia. Pada umumnya waktu yang dilakukan untuk propagasi DNS adalah 1 x 24 jam. Akan tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi waktu propagasi DNS:

1.ISP (Internet Service Provider)

Pada Internet service provider yang Anda pakai akan menyimpan catatan DNS untuk mempercepat penjelajahan web dan mengurangi lalu lintas yang memperlambat waktu propagasi Anda. Itulah mengapa ISP yang Anda pilih sangat memperngaruhi lama waktu propagasi domain. Pastikan ISP yang Anda pilih adalah yang paling maksimal.

2.Pengaturan  TTL (Waktu Tayang)

TTL adalah periode waktu di mana server menyimpan informasi untuk catatan DNS Anda. Misalnya saja ketika Anda menetapkan TTL untuk catatan tertentu menjadi satu jam, maka server akan menyimpan informasi untuk catatan tersebut secara lokal selama satu jam sebelum mengambil informasi yang diperbaharui dari server nama otoritatif. Dalam hal ini, pengaturan waktu tayang yang lebih pendek ternyata dapat meningkatkan kecepatan propagasi. Meski begitu, pengaturan yang lebih pendek juga akan meningkatkan jumlah kueri ke server nama resmi dan peningkatan beban akan memperlambat waktu pemrosesan server Anda.

3.Registrar domain

Anda perlu tahu bahwa tempat Anda melakukan pendaftaran domain akan sangat mempengaruhi percepatan propagasi DNS Anda. Di sini, domain name internasional atau TLD biasanya memiliki respon yang lebih cepat jika dibandingkan dengan registrar domain lokal.

4.Umur domain name

Umur domain juga dapat mempengaruhi masa propagasi domain. Jenis domain baru biasanya akan lebih memakan waktu lama jika dibanding dengan domain yang umurnya sudah lama. Cepat atau lambatnya tergantung umur domain.

Cek status propagasi DNS

Bagaimana Cara Cek Status Propagasi DNS Domain?

Salah satu hal yang membuat orang tidak sabar dalam pengaturan nama domain adalah lamanya proses propagansi DNS agar hosting website Anda menuju alamat IP yang tepat. Banyak yang tidak sabar dalam menunggu waktu tersebut. Namun jangan khawatir karena Anda bisa mengeceknya melalui beberapa layanan yang dikhususnya untuk melakukan pengecekan propagansi DNS di seluruh dunia. Anda juga bisa mencobanya. Beberapa layanan yang bisa digunakan untuk cek propagasi DNS domain:

1.Dnschecker.org

Layanan ini akan membantu Anda dalam mengecek propagasi DNS yang tersebar di 22 tempat di dunia. Selain itu, layanan Dnschecker.org  juga support  dengan pengecekan zone records seperti A, AAAA, CNAME, MX, NS, PTR dan SOA.

2.ViewDNS.info

ViewDNS.info akan membantu Anda dalam melakukan pengecekan terhadap propagasi DNS. Ini juga sudah tersebar di lebih dari 20 negara di dunia. Tak hanya  untuk mengecek propagasi DNS, ViewDNS juga mempunyai layanan gratis seperti Firewall Test, IP Location Finder, Traceroute dan masih banyak lagi.

3.App Synthetic Monitor

Layanan ini tak hanya membantu Anda dalam mengecek propagasi DNS. Akan tetapi App Synthetic Monitor juga memiliki layanan lain seperti mengecek status website, traceroute dab DNS analysis. Layanan ini jjga lebih lengkap jika dibanding dengan layanan lainnya.

4.Whatsmydns.net

Sekilas memang layanan ini hampir mirip dengan layanan Dnschecker.org. Hanya saja ada beberapa hal yang menjadi pembeda. Whatmydns.net juga sudah memiliki 21 lokasi yang tersebar di seluruh dunia hanya untuk membantu Anda dalam mengecek propagasi DNS. Layana  ini juga sudah support untuk pengecekan zone records seperti A, AAAA, CNAME, MX, NS, PTR, SOA, SRV dan TXT.

Cek status propagasi DNS

5.Ceipam.eu

Ceipam.eu menyediakan tools yang bisa Anda gunakan untuk mengecek hasil propagasi dan sudah tersebar di lebih dari 15 lokasi di dunia. Pengecekan propagasi yang dilakukan di sini mencakup DNS record untuk A, AAAA, CNAME, MX, NS PTR, SOA dan TXT.

6.Nexcess

Nexcess merupakan salah satu situs untuk melakukan cek propagasi DNS dan akan melakukan pemeriksaan DNS dari 22 lokasi yang berbeda. Ini akan sangat membantu Anda dalam mengetahui propagasi domain. Di sini Anda juga dapat menerima jenis record seperti A, AAAA, CNAME, NS, MX, TXT dan SOA.

7.Site24x7

Pada situs ini akan membantu Anda dalam memeriksa propagasi DNS dari lebih dari 50 lokasi yang berbeda di mana akan memungkinkan pengguna untuk melakukan pengecekan lokasi dan memberikan informasi lebih rinci termasuk DNS resolve time, connecting time, first and last byte dan masih banyak lagi.

Demikianlah cara cek status propagasi DNS Domain yang harus Anda coba. Jangan lupa jika Anda membutuhkan hosting dengan harga yang murah bisa langsung ke Unlimited. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai fitur web hosting murah dan berkualitas serta layanan 24 jam setiap hari  yang akan membantu Anda dalam mengatasi kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *