Mempercepat propagasi DNS bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan selama anda tahu bagaimana prosedur penerapannya secara tepat. Dalam hal ini, biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 1 x 24 jam untuk sistem terkait agar bisa aktif. Tapi tentu saja dalam penerapannya kali ini, anda bisa saja melakukan percepatan dengan sejumlah tips dan trik yang bisa anda coba dari sekarang. Dengan adanya metode mempercepat propagasi DNS inilah, maka anda pun akan mampu mendapatkan hasil yang anda butuhkan secara signifikan. Mau tahu lebih jelas? Simak selengkapnya sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Termudah Mempercepat Loading Website

Panduan Mempercepat Propagasi DNS

Trik Mempercepat Propagasi DNS
unlimited.id
  1. Dalam tahapan awalnya untuk mempercepat propagasi DNS ini, anda bisa melakukan Refresh terlebih dahulu kepada Web Browser yang anda miliki. Hal ini juga bisa anda lakukan dengan menekan tombol Shortcut yang terdapat didalamnya, yaitu dengan cara memilih tombol CTRL + F5. Anda juga bisa melakukannya dengan Command + R bagi pengguna OS Mac. Kemudian, lakukan metode ini secara cepat dan berulang-ulang.
  2. Dalam tahapan berikutnya, yang perlu anda lakukan sudah pasti adalah melakukan Cache pada bagian Web Browser yang anda miliki itu sendiri. Ada dua cara yang bisa anda lakukan tergantung dari apa pilihan Browser yang anda pergunakan itu sendiri. Bagi pengguna Google Chrome, anda bisa melakukannya dengan cara memilih More Tools, kemudian tinggal anda ketik saja Clear Browsing Data. Atau bagi anda pengguna Mozilla Firefox, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih Tools à Clear Private Data à Beri tanda centang pada pilihan Cache à Terakhir, anda bias langsung klik tombol Clear Private Data Now untuk lebih lengkapnya.
  3. Jika sudah seelsai, maka anda bisa mencoba untuk Disconnect internet yang anda miliki untuk sementara. Cara ini penting agar nantinya bisa mempercepat prosesnya dengan pengaruhnya pada ISP yang anda miliki.
  4. Jika sudah, maka dalam mempercepat propagasi DNS tahapan selanjutnya adalah akses website lain yang memiliki IP Adddress sama atau NS yang sama dengan website yang anda miliki.

Tahapan Selanjutnya Mempercepat Propagasi DNS

  • Untuk tahapan berikutnya dalam mempercepat propagasi DNS bisa anda lakukan dengan mencoba solusi mengubah waktu ISP yang anda miliki. Ikuti tutorialnya dengan jelas melalui langkah-langkah yang ada berikut ini, bisa dimulai dengan klik Start à Run. Kemudian ketik di Notepad: C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts.
  • Jika sudah terbuka, maka yang anda perlu lakukan adalah dengan memasukan alamat IP dan juga Domain yang anda miliki. Di sini anda akan melihat 127.0.0.1 localhost. Kemudian pada angka yang tertera 10.10.10.10, masukan nama domain anda, lalu pada bagian 10.10.10.10 lagi, anda masukan www diikuti nama domain anda, serta ekstensi bagian belakangnya.
  • Jika sudah, maka simpan file host tersebut. Jangan lupa memakai Flush DNS dengan cara mengetikan perintahnya sebagai berikut: ipconfig/flushdns
  • Bagi anda yantg menggunakan Router, contohnya Mikrotik, maka anda bisa mencoba menambahkan static IP Address yang terdapat didalamnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memasukan text sebagai berikut pada Console Mikrotik yang ada di dalamnya:

/ip dns static add address=10.10.10.10 name=namadomain.com

/ip dns static add address=10.10.10.10 name=www.namadomain.com

  • Penerapan mempercepat propagasi DNS yang selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menerapkan Flush pada bagian DNS yang terdapat pada mikrotik terkait. Caranya dengan menerapkan /ip dns cache flush.
  • Dari sini, anda juga perlu untuk melakukan Flush DNS pada komputer client anda. Jika sudah maka, anda hanya tinggal melakukan Refresh kembali saja terhadap website anda. Dari sini, domain anda pun sudah bisa diakses kembali dengan mudah dan cepat.

Faktor Yang Mempengaruhi Propagasi DNS

Trik Mempercepat Propagasi DNS
unlimited.id

Ada beberapa faktor yang perlu anda ketahui berpengaruh dalam propagasi DNS itu sendiri. Karena itulah proses penerapan mempercepat propagasi DNS bisa anda coba untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan didalamnya. Beberapa faktor yang perlu anda ketahui antara lain sebagai berikut:

Registar Domain

Pada bagian data domain name ini tercatat di Registar atau Server Domain Name. Hal ini terjadi pada saat anda melakukan pergantian terhadap NS. Maka nantinya Registar akan melakukan pergantian data terhadap alamat IP Server Hosting yang baru Respond Registar itu sendiri. Dari sini anda akan menemukan bahwa ada yang bisa dilakukan dengan cepat, dan ada juga yang bisa dilakukan dengan lambat. Domain name international atau TLD tentu memiliki respon yang lebih cepat daripada Registar Domain.

Umur Domain

Hal lain yang juga berpengaruh adalah umur domain itu sendiri. Anda perlu mendaftarkan domain baru tersebut sejak awal dimana itu sudah diarahkan pada NS hosting yang anda miliki. Dalam hal ini, masa propagasinya pun juga akan berlangsung biasanya dengan cukup cepat. Hal ini cukup banyak terjadi ketika proses perpindahan server dilakukan. Sudah pasti diperlukan waktu yang lebih lama dalam hal propagasi terkait. Faktor lainnya juga bisa terjadi karena adanya Cache yang terdapat pada komputer, baik itu Cache pada ISP dan lain sebagainya.

Internet Service Provider

Trik Mempercepat Propagasi DNS
unlimited.id

Pada langkah berikutnya mempercepat propagasi DNS tersebut, anda bisa melihat bahwa ini juga dipengaruhi oleh ISP yang dimiliki. Sebagaimana diketahui bahwa rute informasi dimana anda mengakses internet dimulai dari adanya perintah yang berasal dari komputer anda. Di sinilah nantinya akan diteruskan langsung ke ISP. Lalu pada ISP ini nantinya akan diteruskan ke bagian server hosting. Nantinya ini akan dilakukan pada beberapa titik jaringan, dengan respon yang diberikan oleh hosting melalui berbagai rute tersebut.

Dalam penerapannya, ISP terkadang mengurangi beban dengan memakai Cache Memory yang terlalu besar. Sehingga pada saat pengguna mengakses internet maka akan terasa cepat. Padahal data yang terakses tersebut hanyalah sebatas Data Buffer semata. Apabila anda memakai ISP tersebut, maka besar kemungkinan hal ini juga akan membuat refresh jaringan internet berlangsung lebih lama dari biasanya.

Poin Penting Dalam Mempercepat Propagasi DNS

Dari beberapa poin propagasi DNS yang disebutkan di atas, sudah pasti ada beberapa poin penting yang perlu digaris bawahi di dalamnya. Berikut adalah beberapa langkah penerapan yang akan bisa anda lakukan itu sendiri:

  1. Tahapan awal yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan Refresh terhadap Web Browser yang terdapat didalamnya. Bisa dengan menggunakan CTRL + F5.
  2. Anda juga perlu membersihkan Cache Web Browser supaya nantinya bisa melakukannya dengan mudah.
  3. Jangan lupa, anda juga perlu memutus koneksi internet anda sementara, lalu Shut Down PC atau Laptop yang anda gunakan. Lalu minta rekan anda yang berada di luar daerah ISP anda untuk mengakses domain anda.
  4. Anda juga bisa meminta pada rekan anda yang lainnya dengan ISP yang berbeda dengan anda untuk mengakses domain yang anda miliki. Jika mereka berhasil terhubung ke jaringan atau server yang baru, itu adalah pertanda bahwa ISP anda yang bermasalah.

Baca Juga: Cara Setup Custom Domain Email Gratis Di Yandex Mail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *