Salah satu isu yang  selalu ramai dibahas jika membahas teknologi komunikasi dan informasi adalah malware. Sangat banyak cerita bagaimana sebuah perangkat, entah komputer atau smartphone, dengan mudah terserang malware. Serangan malware, tentu sangat membahayakan. Akibatnya juga bisa sangat fatal. Mulai dari performa perangkat yang melambat, hilangnya file penting, hingga akun yang diretas. 

Hanya saja, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi untuk menghadang virus juga semakin canggih. Para peretas juga semakin lihai untuk membuat malware yang sangat berbahaya. Apalagi, beberapa tahun terakhir, seringkali kita mendengar malware-malware berbahaya yang menghiasi pemberitaan. 

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, Sobat Unlimited semuanya, tentang daftar malware paling berbahaya yang pernah ada di dunia. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa itu Malware? 

Sebelum membahas kumpulan malware paling berbahaya yang pernah ada dunia, ada baiknya Sobat mengenali dulu, apa itu malware. Malware, atau malicious software adalah sebuah istilah umum tentang program komputer atau kode jahat, yang dalam beragam bentuknya sangat membahayakan sistem. Dari namanya saja, malware memiliki sifat mengganggu, memusuhi, dan berusaha untuk melakukan serangan. Dan serangan malware memiliki potensi merusak yang luar biasa. Perangkat yang dapat terserang malware pun, juga sangat bervariasi. Mulai dari komputer, laptop, hingga smartphone. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Malware akan mengambil alih kontrol  perangkat secara terpisah. Dan hal ini akan sangat mengganggu fungsi perangkat secara drastis. Banyak ahli keamanan yang berpendapat bahwa malware adalah cara yang ilegal untuk mendapatkan keuntungan. 

Ya, memang, malware tidak merusak perangkat fisik. Namun, malware bisa saja mencuri, mengenkripsi, atau bahkan menghapus data pada perangkat yang diserang. Bukan hanya itu, malware juga dapat mengubah, membajak, dan memata-matai perangkat yang dijangkiti. 

Serangan malware bisa terjadi kapanpun, dan menimpa siapapun. Entah itu pada perangkat milik mahasiswa biasa di kos-kosan sampai  pekerja kantoran di bidang IT. 

Daftar Malware Paling Berbahaya yang Pernah ada di Dunia 

Berikut adalah 7virus komputer paling berbahaya yang pernah ada di dunia. Berikut dengan fakta-fakta, seperti kerugian, luas jangkauan, dan hal menarik lainnya: 

1. Mydoom 

Virus berbahaya pertama yang ada di dunia adalah Mydoom. Bisa dibilang, Mydoom adalah virus komputer paling berbahaya yang tercatat di dunia. Malware yang juga dikenal dengan sebutan Novarg ini diperkirakan menimbulkan kerugian sampai 52 miliar dolar Amerika di tahun 2004. Mydoom menyebar lewat email yang dikirim secara massal, sehingga masuk kategori worm. 

Serangan Mydoom sendiri ditujukan untuk melumpuhkan sebuah website atau server website yang jadi targetnya. Dan sampai sekarang, Mydoom diketahui masih bergentayangan di internet. Untuk menghindarinya, Sobat Unlimited perlu lebih waspada ketika menggunakan email, ya. 

2. Sobig

Daftar virus paling berbahaya selanjutnya adalah Sobig. Dan sesuai dengan namanya, yang berarti “besar”, malware yang termasuk golongan worm ini memiliki dampak kerusakan yang sangat fatal. Muncul pada tahun 2003, Sobig menghasilkan kerusakan, yang jika di total mencapai angka 30 miliar dolar Amerika Serikat. Sobig sendiri kemudian muncul dengan beberapa versi, seperti Sobig.A sampai dengan Sobih.F. dan Sobig.F menjadi versi yang paling mematikan. 

Malware yang satu ini menyamar sebagai software komputer resmi, yang dilampirkan ke email. Sangat banyak perorangan dan bisnis yang terganggu dengan hal ini. Hanya saja, sampai sekarang, siapa penciptanya masih belum tertangkap. 

3. Anna Kournikova

Yap, yang mengikuti berita olahraga di awal tahun 2000-an, pasti mengenal nama yang satu ini. Anna Kournikova adalah petenis putri berparas cantik dari Rusia. Dan karena kecantikannya, Kournikova menjadi nama virus yang disebar lewat email. 

Si pembuat virus menggunakan foto petenis ini sebagai clickbait, untuk menarik orang agar orang tertarik untuk membuka email yang disebar. Nantinya, virus itu akan menyebar ke semua kontak email begitu email dibuka. 

Virus yang muncul di tahun 2001 ini berhasil menjangkau jutaan komputer di seluruh dunia. Pembuat virus kemudian menyerahkan diri dan mendapatkan hukuman 150 jam kerja sosial. 

4. Iloveyou

Untuk sebuah nama malware, tentu ini sangat imut, bukan? Malware yang satu ini menyebar lewat email dengan subjek “I Love You”. Siapa sih, yang tidak penasaran, ketika tiba-tiba ada email masuk dengan subjek seperti itu. Iloveyou dapat menyebar dengan cepat didorong oleh rasa penasaran penerima. Tercatat malware ini menyebar pada 45 juta pengguna dalam sehari. Tak hanya itu saja, virus ini bisa mengacak-acak isi perangkat yang diinfeksi. 

Juga dikenal sebagai Loveletter, malware ini mengakibatkan kerugian mencapai 15 juta dolar Amerika. Sungguh angka yang sangat besar untuk malware kreasi seorang pelajar asal Filipina. 

5. Code Red

Kalau dilihat dari namanya, malware yang satu ini sudah tampak menyeramkan. Code Red dipilih sebagai nama, karena pembuat virus terinspirasi merek minuman yang sedang dikonsumsi. 

Malware yang muncul di tahun 2001 ini menargetkan komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Orang yang terkena virus ini akan mendapatkan pesan bahwa virus ini dibuat dari negara China. 

6. Sircam 

Malware paling berbahaya yang pernah ada di dunia selanjutnya adalah Sircam. Sircam adalah sebuah malware kategori worm, yang menargetkan pada pengguna Microsoft. Malware yang satu ini menyebar lewat email. Komputer yang terinfeksi malware ini akan mendapatkan email berupa “Saya mengirimkan file ini untuk mendapatkan nasihat dari Anda”. 

Baca Juga : Mengenal CRM Beserta Manfaatnya

Sircam dapat mengambil satu file dari perangkatmu, untuk disisipi virus dan mengirimkannya pada orang lain. Hal ini tentu saja sangat menakutkan. Karena file yang bersifat merusak ini ini dikirimkan secara random saja. CNET mencatat, kerugian yang diakibatkan oleh Sircam mencapai 1 miliar dolar. 

7. WannaCry

Pada tahun 2017, dunia dihebohkan dengan kemunculan ransomware yang menyerang banyak perangkat komputer berbasis Windows. Ransomware ini bernama WannaCry. Prototip program ini, sebenarnya dibuat dan dimiliki oleh NSA, Badan Intelijen Amerika Serikat. 

Celah keamanan yang bocor, kemudian dimanfaatkan para peretas untuk menerobos sistem keamanan Windows dan menyebarkan WannaCry. 

Penutup

Malware memang menjadi salah satu bahaya yang selalu mengintai setiap pengguna komputer dan laptop yang terhubung dengan dunia maya.  

Mau punya website ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *