8 Istilah Dalam Dunia Web Hosting

unlimited.id

Istilah dalam dunia web hosting yang perlu anda ketahui tentu saja ada banyak sekali. Dalam hal ini web hosting menjadi sebuah rumah yang menampung dari data-data web yang dibuat. Ada banyak sekali penyedia jasa hosting domain yang bisa anda gunakan, tentu saja mereka juga memiliki spesifikasi dan keunggulannya tersendiri. Satu hal yang pasti, dengan menggunakan web hosting tersebut akan semakin banyak keuntungan yang akan bisa didapatkan. Dalam web hosting itulah anda nantinya akan bisa memperoleh lebih banyak manfaat dan kemudahan dalam membangun sebuah web yang anda inginkan. Tapi masih banyak juga beberapa user atau pemilik web (khususnya pemula) yang tidak tau mengenai apa saja Istilah dalam dunia web hosting yang penting.

Istilah Dalam Dunia Web Hosting Yang Perlu Anda Ketahui

Shared Server

8 Istilah Dalam Dunia Web Hosting

unlimited.id

Istilah dalam dunia web hosting yang pertama adalah shared server. Bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia web hosting pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Ya, jika anda ingin membagi daya simpan dari server maka itulah yang disebut dengan shared hosting. Sama seperti namanya shared yang artinya adalah berbagi satu sama lain. Biasanya ada beberapa jasa hosting domain yang menjajakan layanan shared hosting. Disini harga sewanya sudah pasti lebih murah dibandingkan yang lain. Tentu ini sangat cocok bagi pelanggan yang mau punya web terbaik, tapi mereka terkendala dengan budget. Jadi kalau mau keluar budget sedikit tapi bisa bikin web, pilih saja shared hosting ini. Tapi sayangnya ada beberapa kelemahan yang signifikan dibalik sisi ekonomis harganya tersebut, yakni kuota user yang terlalu banyak akan berpotensi memperlambat server yang anda pakai saat ini. Bahkan banyak sekali aksi saling curi space orang lain jika sudah memakai shared hosting. Karena itu kalau memang sudah memilih shared hosting, anda juga harus paham konsekuensinya. Istilah dalam dunia web hosting yang satu ini harus anda pahami betul plus dan minusnya.

VPS atau Virtual Private Server

Istilah dalam dunia web hosting yang selanjutnya perlu anda ketahui adalah VPS atau Virtual Private Server. Untuk opsi yang satu ini sudah pasti tidak saama dengan Istilah dalam dunia web hosting yang dijabarkan diatas. Disini penerapan yang dilakukan lebih spesifik lagi. Virtual server itu serupa dengan server nyata, dan ini disewakan kepada para pelanggan. Kelebihannya tentu saja tidak sama dengan tipe shared hosting diatas yang mana satu server dikeroyok oleh banyak orang. Disini anda akan melihat bahwa satu server akan dipakai secara independen dengan spek dan kuota yang bisa pengguna tentukan sendiri. Namun, harganya sudah pasti beda dengan tipe shared server. Disini anda mungkin harus keluar uang lebih banyak. Tapi pastinya hal tersebut tidak masalah jika anda adalah orang yang cenderung mengutamakan kualitas dan juga server yang benar-benar mumpuni didalamnya.

Uniform Resource Locator (URL)

8 Istilah Dalam Dunia Web Hosting

unlimited.id

Istilah dalam dunia web hosting lainnya yang perlu anda pahami adalah uniform resource locator atau URL. Disini anda akan melihat sebuah fitur yang menunjukan alamat global dari dokumen sebuah situs. Jadi untuk bisa memanggil sebuah web dan memunculkannya di browser searching engine, sangat penting diperlukan adanya nama URL tersebut. Dengan memasukan nama URL terkait, maka akan langsung membukakan halaman web yang diinginkan. Ada banyak pilihan nama URL yang ditentukan sendiri sesuai pemilik web terkait.

Disk Space

Istilah dalam dunia web hosting yang tak boleh sampai ketinggalan adalah Disk Space. Serupa dengan namanya, mungkin anda membayangkan fungsinya yang menyerupai Hard Disk untuk menyimpan data atau file tertentu. Ya, anda benar dan tidak salah! Penggunaan dan fungsi dari Disk Space itu sendiri adalah menyimpan data hingga mencapai beberapa Mega Bytes. Bahkan ada kalanya bisa mencapai beberapa Giga Bytes. Hal ini ditentukan sendiri sesuai dengan spesifikasi server yang bersangkutan. Ada yang mampu menyimpan file dari website dengan kategori berupa video, gambar, plugin, dan lain sebagainya.

File Transfer Protocol

Ada juga istilah lainnya, yakni File Transfer Protocol. Disini anda akan melihat sebuah jaringan PC yang ada di internet yang disebut sebagai FTP. Disinilah nantinya akan dipakai fitur tersebut untuk menguplad halaman website yang ingin ditampilkan, misalnya konten atau gambar ke host server terkait. Jadi file ini adalah sebuah fitur untuk menjalankan file dari jaringan PC melalui internet tentunya.

Content Management System (CMS)

8 Istilah Dalam Dunia Web Hosting

unlimited.id

Hal lain yang tak boleh dilewatkan adalah keberadaan dari CMS atau Content Management System. Adanya CMS ini sangatlah berguna untuk menciptakan sebuah situs yang benar-benar kredibel dan mampu bekerja secara otomatis membangun website yang anda inginkan. Secara manual, untuk bisa membuat sebuah web, anda butuh tau bahasa pemrograman. Disinilah jika anda menciptakan situs dengan menggunakan CMS, maka anda tak perlu susah payah mahir bahasa program karena semua sudah ada tersedia mudah. Anda akan bisa langsung fokus membuat konten, gambar atau isi apa yang akan ditampilan di web. CMS sudah menyediakan plugin, widget, theme, dan fitur kustomisasi yang akan memudahkan anda dalam membuat web apapun yang anda mau. Bahkan anda bsia mengubah isi konten tersebut, mengaturnya, menambahkan fitur apapun dengan cara yang beragam.

IP Address

IP Address sendiri merupakan alamat tujuan yang dilacak oleh PC ketika mereka ingin membuka sebuah website. Disini alamat IP biasanya dicetak dalam bentuk nomor dengan kode-kode tertentu. Dari sinilah PC akan bisa mengaksesnya jika punya jaringan internet. IP Address masing-masing PC dan jaringan internet tentu saja beda. Disini dari IP tersebut akan bisa dengan mudah menentukan dimana letak dan lokasi yang bersangkutan. Biasanya IP ini akan dipisahkan dengan numeric atau tanda titik.

HyperText Transfer Protocol

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah HTTP. Yang mana dari HTTP tersebut akan mampu mendefinisikan halaman website yang anda minta untuk dimunculkan dalam browser. Tentu saja mereka akan langsung bekerja secara maksimal dan signifikan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Baca Juga: Panduan Mengatasi SPAM Email Secara Tuntas

Itulah beberapa Istilah dalam dunia web hosting yang perlu anda ketahui dalam website. Dari sini semoga informasi tersebut bermanfaat dan akan memudahkan anda memahami lebih jauh terkait cara membangun sebuah website yang benar-benar sesuai dengan tujuan dan kebutuhan anda. Ditambah lagi, hal ini juga akan mampu memudahkan anda mendapatkan semua yang anda perlukan didalamnya. Satu hal yang pasti, kalau anda hendak membangun sebuah website, anda juga harus memillih server hosting yang tepat agar nantinya ini akan memberikan kinerja lebih optimal yang anda butuhkan didalamnya. Anda pun akan mampu membuat website dengan lebih baik dan leluasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *