Sebagai salah satu control panel dengan pengguna terbesar di dunia, banyak pemilik website yang sangat familiar dengan fitur cPanel. Di saat banyak kemunculan berbagai control baru, cPanel masih tetap menjadi pilihan banyak orang. Salah satu hal yang membuat cPanel cukup banyak digunakan adalah, kemudahannya untuk diinstal pada banyak platform hosting. 

cPanel adalah control panel berbasis browser, yang memungkinkan orang untuk mengatur website. 

Beberapa penyedia web hosting umumnya memasukkan cPanel dalam paket yang ditawarkan. Dengan fitur-fitur terbaik yang dimilikinya, cPanel dapat digunakan untuk memaksimalkan website. 

Untuk itu, pada artikel ini, kami akan mengajak Sobat Unlimited, tentang fitur cPanel untuk memaksimalkan websitemu. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu cPanel? 

Sebelum lebih jauh membahas tentang fitur-fitur cPanel untuk memaksimalkan website, mari kenali lebih dekat, apa itu cPanel. cPanel adalah sebuah control panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting, dan atau websitenya. Apalagi, cPanel akan memberikan tampilan grafis dan secara otomatis, yang berguna memudahkan proses hosting pada sebuah website. 

Baca Juga : Mengenal CRM Beserta Manfaatnya 

Dengan cPanel, kamu bisa lebih mudah dalam memproses manajemen website dan hosting. Juga memudahkan pengguna ketika melakukan pengaturan website. Hal lain yang bisa digunakan dengan cPanel juga memudahkan pengelolaan email, membuat subdomain, dan addon domain. Tak ketinggalan pula untuk memudahkan pengaturan fiel dan manajemen database website. 

Dari dashboard cPanel, kamu bisa dengan mudah menginstall content management system (CMS), seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Kamu juga bisa mengatur email, database, pencadangan, nama domain dan lain sebagainya. 

Fitur-Fitur cPanel

Sebagai sebuah control panel, cPanel sangat responsif dan ramah pengguna. Selain itu, fitur-fitur yang dimiliki cPanel membuatnya disukai banyak orang. Entah para pemilik website profesional sampai yang masih pemula. Berikut adalah fitur-fitur terbaik yang dimiliki oleh cPanel: 

Jaminan Keamanan 

Pada sebuah produk digital, sektor keamanan adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi. cPanel memiliki tingkat keamanan yang tergolong tinggi. Perlindungan keamanan yang ditawarkan oleh cPanel, antara lain: direktori perlindungan password, GnuPG Key, SSL/TLS, dan perlindungan alamat IP. 

Manajemen File yang Sangat Mudah 

cPanel memudahkan penggunanya untuk mengatur manajemen file. Juga, sangat membantu ketika kamu ingin melakukan editing dan mencadangkan folder dan file. 

Mengamankan Server

Salah satu penyebab cPanel disukai orang, adalah kemampuannya untuk mengamankan server. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk memelihara dan menyelesaikan kendala yang mungkin terjadi di server. Seperti restart melalui SSH, otomatisasi penangguhan akun, melakukan backup. Juga bisa juga untuk memulihkan akun. Hanya saja, layanan ini tersedia untuk VPS dan dedicated server. 

Manajemen Email yang Mudah

cPanel memungkinkanmu untuk membuat dan mengelola beberapa akun email. Manajemen email cPanel juga bisa memaksimalkan email forwarder dan autoresponder. Manajemen email cPanel memiliki fitur untuk menyaring spam. Dan jika kamu sedang menjalankan bisnis, manajemen email cPanel memungkinkamu untuk memaksimalkan email marketing. 

4 Kelebihan cPanel

Sebagai sebuah control panel, cPanel memiliki rentang penggunaan yang lebar. Pengguna cPanel mendapatkan pengalaman penggunaan yang mudah. Membuat website juga dapat semakin cepat. Bahkan untuk pemula sekalipun. 

Apakah itu saja kelebihan penggunaan cPanel? Tentu saja tidak. Berikut adalah 3 kelebihan utama yang dimiliki oleh cPanel: 

Tidak Perlu Melakukan Instalasi 

Untuk menggunakan cPanel, kamu tak perlu melakukan instalasi. Mengapa begitu? Karena, biasanya cPanel sudah di bundling dalam paket yang ditawarkan penyedia hosting. Kamu bisa dengan mudah untuk login ke halaman hosting untuk mengakses cPanel. Semua dilakukan serba online. Tidak perlu mengunduh apapun. 

Jika kebetulan kamu menggunakan VPS atau Dedicated Server, kamu bisa membeli cPanel untuk akunmu. Setelah melakukan pembelian, kamu bisa langsung login ke member area. Kamu akan melihat direct link yang mengarahkan ke akses cPanel. Dengan graphics user interface, cPanel memudahkan untuk mengatur hal-hal yang kompleks, hanya dengan sekali klik. 

Mudah Digunakan

cPanel menawarkan penggunaan yang simpel, berkat kemudahan untuk maintenance. Salah satu fitur cPanel yang memungkinkan cPanel disukai berkat adanya Softaculous 1 click app installer. 

Tools ini memungkinkanmu untuk menambahkan sejumlah aplikasi ke websitemu, dengan sekali klik. Termasuk content management system, shopping cart, dan jejaring sosial. 

Tampilan Antarmuka yang User Friendly

cPanel memiliki tampilan antarmuka yang ramah pengguna. Inilah sebab cPanel sangat populer. Hingga kemudian banyak penyedia hosting terbaik membundling cPanel pada paket hosting mereka. 

Tak hanya dapat memasukkan perintah dengan mudah, tetapi cPanel juga dapat menjalankan fungsi yang kompleks. Sebagai pengguna, kamu akan dimudahkan untuk banyak hal. Seperti mengelola disk space, maintenance, dan backup secara berkala. 

Fitur Lanjutan cPanel 

Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, cPanel memungkinkanmu untuk mengelola website lebih mudah lagi. Apalagi, control panel yang satu ini sudah dibekali dengan perlindungan antivirus. Sehingga memperkecil peluang website untuk disusupi virus dan malware. 

Berikut fitur lanjutan cPanel yang memudahkan dalam pengelolaan website. 

Backup Wizard

cPanel memiliki fitur backup wizard yang memungkinkanmu untuk mengamankan website. Kamu bisa mengatur untuk mencadangkan semua, atau file-file yang diperlukan saja. Backup wizard menyimpan pencadangan dalam bentuk zip, dan akan tersimpan di file lokal. 

Akun Email 

Dengan cPanel, kamu memiliki kontrol penuh atas akun email. Ditambah lagi, kamu bisa membuat akun email sebanyak yang kamu butuhkan. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Untuk bisa mengakses email, caranya cukup mudah. Cukup login ke dashboard akun hosting > klik cPanel dan buka Produk dan Layanan. 

Dari dashboard inilah, kamu bisa mengatur kata sandi, mengelola penyimpanan otomatis. Bisa juga mengontrol spam dan mengatur autoresponder. 

Site Publisher

Salah satu hal yang membuat cPanel sangat disukai adalah adanya fitur site publisher. Site publisher berfungsi untuk membuat website sementara. Situs sementara ini penting, sembari menunggu website yang sebenarnya belum selesai dibuat. Pada website sementara ini, kamu bisa memberikan beberapa informasi. Seperti detail kontak, dan informasi lain yang sekiranya perlu diketahui oleh audiens. 

Kompatibel Dengan Hampir Semua Browser

cPanel kompatibel dengan hampir semua browser yang ada saat ini. Mulai dari Google Chrome, Opera, Safari, Firefox, sampai dengan Microsoft Edge. 

Penutup 

cPanel adalah control panel yang memudahkan pengelolaan sebuah website. Fitur yang dimilikinya sangat banyak dan fungsional, tentu saja. Semoga Sobat Unlimited dapat menggunakan fitur cPanel lebih optimal lagi. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *