Membuat website pada dasarnya bukanlah pekerjaan yang sulit. Ya, meskipun tidak bisa dikatakan mudah. Apalagi dengan majunya teknologi pengembangan website, kini semua orang bisa membuat websitenya sendiri dengan lebih mudah. Ada banyak platform yang memudahkan untuk membuat hosting di pasaran saat ini. Mulai dari WordPress, Blogspot, Wix, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, kalau tak mau repot, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website yang menawarkan harga murah tetapi dengan fitur yang jempolan. 

Membuat website yang benar dapat menghindarkan dari berbagai kesalahan pembuatan website. Kesalahan ketika pembuatan membuat fungsi website menjadi kurang maksimal. Sebagai media yang harusnya menampilkan informasi, pembuatan website harus dilakukan dengan hati-hati. 

Pada artikel kali ini, kami akan mengajak kamu semua, Sobat Unlimited, menghindari beberapa kesalahan saat membuat website. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Kesalahan Saat Membuat Website

kesalahaan saat membuat website

Seperti yang telah tertulis pada pembukaan artikel ini, membuat website pada dasarnya cukup mudah. Bahkan, jika kamu tidak memiliki pemahaman lebih tentang web development, ada jasa pembuatan website yang bisa dipilih untuk membuat websitemu. Atau jika memang kamu cukup percaya diri, membuat website sendiri tentu bisa jadi pilihan. Nah, agar website milikmu bisa berjalan lancar nantinya, berikut adalah kesalahan dalam pembuatan website yang harus kamu hindari: 

Tidak Memiliki Perencanaan yang Jelas

Membuat website, pada dasarnya sama saja saat kamu ingin membuka toko, warung makan, dan bisnis lainnya. Persamaannya satu: Kamu butuh rencana. 

Karena yang akan kamu lakukan adalah membuat website, ada beberapa hal yang harus direncanakan saat akan membuat website. Kamu harus tahu, siapa target audiens yang ingin ditargetkan. Kemudian juga, bagaimana penempatan unique selling point dan cara mempromosikan website. Dan yang paling penting, tentu saja bagaimana pengembangan websitemu nantinya. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Setiap tahap pengembangan website tidak bisa sembarangan. Sebagai pemilik situs, kamu perlu melakukan riset secara mendalam. Jika perencanaan yang kamu lakukan, ini bisa jadi berbahaya. Websitemu bisa saja berjalan tidak terarah. 

Hanya ada satu solusinya. Yaitu membuat perencanaan yang matang. Kamu bisa berkonsultasi pada customer support tempatmu akan membuat website. Jelaskan, apa yang kamu inginkan pada websitemu. Customer support akan memberikan saran, seputar fitur apa saja yang harus ada di website. 

Nama Domain Tidak Relevan dengan Konten Website

Kesalahan saat membuat website kedua yang acap dilakukan oleh pemilik website, adalah pemilihan nama domain yang tidak relevan dengan isi konten. Nama domain yang digunakan pada website haruslah relevan dan pastinya mudah untuk diingat oleh target audiens. Nama domain yang paling berkesan, tentu saja nama yang mudah diingat orang. 

Untuk menemukan nama domain yang tepat, salah satu hal yang harus dilakukan adalah melakukan riset. Temukan nama domain yang mendefinisikan bisnismu. Tak hanya itu, juga harus cukup mewakili pesan bisnis yang ingin kamu sampaikan. 

Tampilan Beranda Berantakan

kesalahaan saat membuat website

Salah satu akibat dari pembuatan website yang sembarangan, bisa tercermin dari tampilan beranda sebuah situs yang tampak berantakan. Beranda website umumnya berisi tampilan yang menjadi gambaran seluruh isi website. Dan ketika mendapati tampilan beranda website yang berantakan, tentu saja pengunjung akan kebingungan. 

Memfokuskan Tampilan Website Hanya Untuk Satu Perangkat

Salah satu kesalahan saat membuat website yang paling banyak ditemui adalah terlalu fokus pada tampilan website untuk satu perangkat saja. Pengguna, tentu saja ingin mengakses website dengan mudah. 

Akan jadi pengalaman yang tidak menyenangkan jika misalnya, tampilan website di handphone tidak responsif selayaknya pada tampilan desktop. Maka, membuat website yang mobile friendly sudah menjadi keharusan. 

Untuk menghindari kesalahan macam ini, penting untuk membuat website responsif yang dapat diakses dengan nyaman dalam berbagai perangkat. Mulai dari laptop, tablet, hingga smartphone. 

Navigasi Website Tidak User Friendly

Salah satu penentu kualitas sebuah website adalah kemudahan navigasi. Navigasi yang terdiri dari serangkaian menu serta label yang tertera pada halaman website harus dibuat secara terstruktur. Dengan begitu, kamu bisa membantu pengunjung untuk mengakses informasi yang dibutuhkan secara mudah dan cepat. Sebagai langkah yang paling mudah, kamu bisa membuat menu navigasi yang sederhana. 

Pentingnya navigasi terlihat dari pengaruhnya pada traffic, konversi, hingga peringkat website di mesin pencari. Hanya saja, seringkali navigasi kerap dipertaruhkan demi penampilan website yang berbeda. 

Tidak Fokus Terhadap Pengguna

Satu hal yang harus diingat adalah, website dibuat untuk dilihat dan digunakan oleh pengguna. Jadi, kamu harus menghindari pembuatan website yang tidak fokus pada pelanggan. 

Jangan terlalu menampilkan terlalu banyak informasi terlalu banyak di homepage. Karena, pengguna akan lebih tertarik untuk mendapatkan solusi atas masalah yang mereka hadapi. 

Server yang Lambat

Jika website memiliki server yang lambat, ini bisa menjadi alarm berbahaya. Website yang membutuhkan waktu lama hanya untuk masuk ke website, dapat meningkatkan bounce rate. Semakin tinggi bounce rate tentu saja tidak bagus untuk websitemu. 

Server yang tidak bekerja dengan optimal akan mengakibatkan website menjadi lambat. Dua faktor yang mempengaruhi performa server adalah jenis server yang digunakan, dan juga lokasi di mana server berada. Dua jenis server yang paling banyak digunakan adalah LiteSpeed dan Apache. 

Terlalu Banyak Plugin 

Sebagian pemilik website sering tidak sadar bahwa telah memasang terlalu banyak plugin di website mereka. Plugin adalah software yang memberikan fungsi tambahan agar website bekerja lebih baik. Hanya saja, terlalu banyak plugin yang terpasang justru akan menjadi bumerang. 

Baca Juga : Mengenal CRM Beserta Manfaatnya

Broken Link

kesalahaan saat membuat website

Pernahkah kamu menjumpai kalimat “404 Not Found”? Jika memang demikian, berarti ada link mati di websitemu. Kalau pengunjung menemukan hal ini, tentu saja mereka akan langsung pergi meninggalkan. Akan sangat bagus jika ada pengunjung yang memberi tahu pemilik situs, bahwa ada satu halaman yang tidak bisa diakses. 

Melupakan SEO

Kita semua tahu, bahwa SEO adalah sebuah proses yang berkelanjutan dan tak pernah selesai. Maka saat membuat website, sangat penting untuk tidak mengesampingkan faktor SEO. Agar website bisa ditemukan di mesin pencari, optimasi SEO harus dilakukan sejak dini. 

Penutup

Itulah tadi beberapa kesalahan yang harus dihindari saat membuat website. Untuk meminimalkan kesalahan saat membuat website, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah berkonsultasi dengan jasa pembuatan website. Galilah sebanyak mungkin informasi seputar website. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *