Untuk Anda yang sedang memiliki bisnis dan dipasarkan secara online, apakah pernah mendengar istilah Integrated Marketing Communication atau komunikasi pemasaran terpadu? Jika Anda adalah seorang marketer yang memiliki target penjualan, sangat penting rasanya untuk mempelajari ICM. Mengapa demikian?

Karena hal ini berkaitan erat dengan bagaimana calon pelanggan dapat memahami produk Anda, serta bagaimana mereka melihat produk Anda untuk jangka panjang. Oleh sebab itulah pada artikel kali ini, Kami akan menguraikan mengapa integrated marketing communication sangat penting untuk bisnis. Jadi, Sobat Unlimited, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. Mari kita mulai dengan pengertian integrated marketing communication.

Pengertian

integrated marketing communication

Konsep komunikasi pemasaran terpadu digagas oleh pakar pemasaran kondang Philip Kotler dan Gary Armstrong. Ini adalah konsep di mana perusahaan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirimkan pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan.

Kemudian bisa ditarik kesimpulan bahwa integrated marketing communication adalah sebuah proses membentuk komunikasi antara brand dengan pelanggan lewat berbagai saluran pemasaran. Pesan yang diberikan di setiap saluran selalu sama, meskipun caranya cukup berbeda.

Tujuan komunikasi pemasaran terpadu adalah mempengaruhi orang-orang untuk mengingat produk Anda secara psikologis dan menginginkannya, sampai akhirnya terjadi pembelian. Ada dua macam promosi yang digunakan. Yaitu soft selling dan hard selling.

Soft selling berarti lembut dan tidak disadari. Contohnya seperti iklan, dana bantuan, dan program corporate social responsibility. Sementara hard selling yaitu promosi secara jelas dan terang-terangan. Contohnya menjual produk secara langsung ke pasar.

Mengapa Integrated Marketing Communication Begitu Penting?

Ada beberapa alasan mengapa komunikasi pemasaran terpadu sangat penting dan sangat berguna untuk bisnis Anda. Berikut adalah alasan mengapa ICM begitu penting untuk bisnis:

Menjaga Pesan dan Tujuan yang Jelas Dalam Bisnis

Saat sedang memasarkan produk, Anda harus menghindari iklan yang tidak jelas dan penuh teka-teki. Anda perlu menyampaikan maksud dan tujuan produk Anda dengan gamblang dan konsumen tidak menganggapnya rancu.

Membangun Brand

Alasan berikutnya adalah untuk membangun brand. Anda bisa mengefektifkan usaha Anda dalam membangun kesadaran brand dalam benak pelanggan. Lewat komunikasi pemasaran terpadu, Anda bisa menghemat waktu untuk menyampaikan brand Anda. Karena semua saluran pemasaran Anda secara konsisten untuk menjelaskan produk dengan senada.

Dengan begitu, Anda bisa membuat konsumen mengaitkan brand dengan produk sejenis.

Menciptakan Hubungan Erat Antara Pelanggan dan Penjual

Komunikasi pemasaran juga dapat membantu pelanggan mendapatkan customer experience terbaik ketika menggunakan produk Anda. Contohnya, produk Anda bisa ditemukan dengan mudah di mana saja oleh konsumen. Maka, Anda sudah memberikan pengalaman belanja yang mudah dan efektif untuk pelanggan.

Jika apa yang Anda janjikan dalam iklan sama dengan apa yang diharapkan dan dirasakan konsumen, hal ini dapat meningkatkan loyalitas pada brand Anda.

Menyampaikan Pesan yang Konsisten Pada Pelanggan

Keuntungan menggunakan komunikasi pemasaran terpadu yang terakhir adalah mempercepat proses pemasaran. Karena, proses pemasaran yan disampaikan cenderung sama di semua saluran pemasaran.

Langkah Memulai Komunikasi Pemasaran Terpadu

integrated marketing communication

Di atas, Anda telah memahami mengapa integrated marketing communication begitu penting untuk bisnis. Maka yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mengetahui langkah apa saja yang harus diambil ketika menjalankan komunikasi pemasaran terpadu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menganalisa Situasi dan Kondisi

Langkah pertama adalah menganalisa situasi dan kondisi. Pahami kekuatan, kelemahan, peluang, hingga risiko yang dimiliki oleh brand Anda. Selain itu, pahami juga target pasar Anda. Pelajari profil dan demografi sedetail mungkin. Temukan masalah yang dialami oleh banyak orang, dan lihat apakah produk Anda adalah solusi dari permasalahan tersebut.

Baca Juga : Marketing Tools yang Wajib Anda Miliki di Tahun 2021

Membuat Target Marketing

Anda juga sangat perlu untuk menetapkan target yang ingin dicapai dalam pemasaran. Misalnya, apakah Anda ingin membangun brand, meningkatkan penjualan, atau membuat banyak orang tahu akan produk Anda. Tujuan pemasaran akan sangat mempengaruhi strategi yang akan Anda gunakan nantinya.

Menyusun Anggaran

Ketika ingin menggunakan saluran komunikasi pemasaran terpadu, maka sangat penting bagi Anda untuk menyusun anggaran.Hal ini akan berkaitan dengan sejauh apa Anda bisa mengembangkan saluran pemasaran.

Kombinasi Dengan Strategi Bauran Pemasaran

Ketika menerapkan komunikasi pemasaran terpadu, penting bagi Anda untuk memahami strategi bauran pemasaran. Kembangkan strategi pemasaran berdasarkan bauran pemasaran yang Anda miliki.

Pantau dan Evaluasi

Hal yang terakhir adalah memantau komunikasi pemasaran terpadu yang Anda jalankan. Anda bisa mengukur, apakah komunikasi pemasaran yang dijalankan efektif atau tidak. Pahami kekurangan dan risiko sehingga dapat meningkatkan pemasaran Anda kedepannya.

Contoh Penerapan Komunikasi Pemasaran Terpadu

Berikut ini adalah contoh penerapan integrated marketing communication dalam bisnis:

integrated marketing communication

Iklan

Pada dasarnya, iklan adalah promosi secara halus. Tujuannya adalah untuk menunjukkan keunggulan sebuah produk, dan positioning dengan kompetitor. Dalam komunikasi pemasaran terpadu, iklan dapat dikatergorikan sebagai soft selling yang bertujuan untuk membangun brand di benak calon konsumen.

Public Relation

Pernahkah Anda merasa kesal dengan layanan pelanggan sebuah produk? Jika jawabannya adalah iya, maka brand tersebut dapat dikatakan gagal menerapkan komunikasi pemasaran terpadu.

Customer service adalah salah satu bagian tak terpisahkan dari hubungan masyarakat. Mereka menjadi jendela bagi calon pelanggan untuk mengenal brand Anda. Pelayanan pelanggan yang ramah dan ceria akan memberikan kesan positif bagi calon konsumen dan mengundang mereka untuk kembali lagi. Ini adalah bentuk komunikasi pemasaran terpadu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada brand Anda.

Sales dan Promotion

Contoh berikutnya adalah kegiaran sales dan promosi. Ini adalah bentuk dari penjualan, seperti penerapan bonus dan pemberikan diskon. Siapa yang tak suka dengan diskon? Yang harus Anda lakukan kemudian adalah mengaturnya supaya tetap mendapatkan keuntungan.

Mengadakan Event Tertentu

Saluran pemasaran yang juga umum digunakan dalam komunikasi pemasaran terpadu adalah mengadakan event. Misalnya, sebuah brand yang mengadakan konser musik untuk anak muda. Brand tersebut akan bertindak sebagai sponsor. Lalu secara halus akan memunculkan figur sebagai duta dari brand tersebut.

Direct Selling

Kemudian contoh terakhir adalah direct selling atau penjualan langsung. Pada tahap ini, Anda akan secara terang-terangan menjual produk, menunjukkan kelebihannya, dan mempengaruhi orang agar merasa membutuhkan produk tersebut.

Direct selling dapat dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari menjual ke orang atau memajang produk tersebut di toko.

Penutup

Menerapkan integrated marketing communication atau komunikasi pemasaran terpadu sangat penting dilakukan, terutama pada era digital saat ini. Untuk Anda yang menerapkan bisnis online, mulai pelajari komunikasi pemasaran terpadu mulai sekarang.

Mau website kencang dan dapat diandalkan? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah terbaik dari Unlimited.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *