Control panel merupakan sebuah fitur yang memudahkan user untuk mengelola website yang dimlikinya. Proses pengelolaan tersebut mencakup database, email, disk, bandwidth dan lain sebagainya. Selain itu, control panel juga bertanggung jawab untuk memonitor seberapa banyak backup data dilakukan tiap waktu yang ditentukan. Pasalnya, hal ini penting untuk dilakukan supaya data yang ada di web tetap aman dalam kondisi apapun. Tentu saja banyak pilihan control panel yang akan ditawarkan oleh penyedia jasa hosting tersebut. Anda bisa memilih satu yang menurut anda terbaik untuk digunakan. Control panel memegang kendali penuh terhadap apa yang anda tampilkan di website. Pasalnya, di sinilah letak semua database berada.

Jenis-Jenis Control Panel Gratis Untuk Mengelola Website

unlimited.id

cPanel (Control Panel Berbasis Linux/Unix)

Control panel yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Pasalnya, banyak jasa hosting yang menyediakan fitur ini untuk memudahkan pengguna mengatur database yang ada di domainnya. Fungsinya sama seperti File Manager dimana anda bisa menambahkan file, menghapus file, meng-copy file dan lain sebagainya. Anda akan bisa mendapatkan akses penuh untuk mengkonfigurasi cPanel ini sesuka hati setelah anda memilih paket hosting yang digunakan. Selain itu cPanel juga ramah digunakan di berbagai jenis hosting, baik itu tipe sharing, dedicated, VPS, dan lain sebagainya. Bahkan melalui File Manager ini anda akan bisa melakukan instalasi file atau plugin tertentu bagi website secara manual. Adanya fitur ini juga akan membantu anda supaya bisa mengatur penggunaan database dengan lebih mudah dan cepat.

Ada banyak alasan kenapa banyak yang suka dengan control panel satu ini. Pasalnya, tampilan yang ada didalamnya cukup sederhana sehingga sangat bagus untuk digunakan oleh para pemula. Anda akan bisa memanfaatkan fasilitas cPanel ini untuk memaksimalkan pengalaman dalam mengkonfigurasi domain atau situs yang anda miliki supaya bisa lebih baik dari sebelumnya. Anda bisa melakukannya langsung dengan memasukan URL di browser atau masuk ke akun hosting yang anda gunakan.

zPanel

Jenis-Jenis Control Panel Gratis Untuk Mengelola Website

unlimited.id

Control panel ini menyediakan kemudahan bagi anda yang memakai layanan hosting kelas enterprise. Dengan adanya fitur yang bisa berjalan pada Apache, MySQL, dan PHP, maka akan semakin memudahkan semua pengguna OS. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak OS yang dipakai pengguna, mulai dari UNIX, Linux, Mac, Windows, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan zPanel, maka semua fitur tersebut akan bisa dirasakan dan dinikmati oleh pengguna dari berbagai jenis OS. Ada banyak sekali fitur yang bisa anda manfaatkan dengan menggunakan control panel ini. Semua fitur tersebut akan berfungsi optimal dalam membangun web lebih baik yang sesuai ekspektasi. Fitur tersebut antara lain FileZilla Server, Webalizer, FTP Jailing, phpMyAdmin, dan juga sejumlah fitur istimewa lainnya yang akan anda peroleh. Control panel ini juga terkenal karena memiliki sejumlah fitur tambahan yang bisa anda gunakan dengan optimal yakni MailServer, Apache Web Server, MySQL, dan lain sebagainya.

ISPConfig

Jenis control panel lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan website adalah ISPConfig. File Manager untuk domain anda ini telah memiliki lisensi BSD dan memiliki reputrasi yang cukup bagus. Disini anda akan bisa mendapatkan fitur File Manager yang bisa dipakai untuk mengelola beberapa server yang dimiliki. Sejumlah server yang bisa anda konfigurasi antara lain adalah SQL, Virtual Server, Bind DNS, FTP, dan lain sebagainya. Sejumlah dukungan pun bisa anda dapatkan di server ini meliputi antarmuka web dan juga Nginx. Biasanya fitur tersebut banyak dipakai untuk pengelolaan administrator, reseller, dan client. Jika anda ingin mencoba pilihan File Manager yang unik maka pilihan bisaa anda sematkan pada ISPConfig ini. Proses penggunaanya juga sangat user friendly dan tidak susah digunakan maka inilah pilihan control panel yang bisa menjadi alternatif bagi anda.

Ajenti

Jenis-Jenis Control Panel Gratis Untuk Mengelola Website

unlimited.id

Control panel selanjutnya yang bisa anda pilih adalah Ajenti yang hadir dengan sistem berbasis Open Source. Anda juga akan bisa mendapatkan pengaturan UI yang lebih simpel. Meskipun demikian, control panel ini memberikan jaminan kinerja yang optimal bagi anda yang ingin mengatur file database yang ada di website anda. Jadi tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Ajenti tidak hanya cocok untuk server kecil saja, tapi juga untuk server kelas besar seperti dedicated dan juga VPS. Jadi meskipun anda menggunakan hosting dengan server spesifikasi bagus, Ajenti tetap bisa membantu mengakomodasi anda melakukan pengaturan secara mudah dan instan terhadap server. Ditambah lagi, anda terkadang tidak perlu mencari plugin sendiri karena Ajenti akan menyediakannya secara otomatis kepada anda.

Baca Juga: Cara Tambah Domain Di cPanel Dengan Mudah dan Cepat

Plugin tersebut antara lain adalah Firewall yang akan melindungi keamanan dari domain anda. File System, Nginx, Samba, Munim dan lain sebagainya. Semua jenis kemudahan yang bisa anda dapatkan di Ajenti akan bisa anda rasakan secara maksimal. Sama seperti cPanel, anda pun juga bisa menginstall plugin secara manual di File Manager yang tersedia didalamnya. Jadi anda tak perlu repot lagi dalam menggunakan control panel yang satu ini.

Webadmin

Jenis-Jenis Control Panel Gratis Untuk Mengelola Website

unlimited.id

Control panel yang satu ini cukup terkenal dipakai di perangkat Linux dan UNIX. Pasalnya memang platform ini dibuat khusus untuk dua OS tersebut. Kemampuannya juga sangat baik dalam hal pengelolaan database, FTP, Firewall, server email dan lain sebagainya. Tersedia juga fitur Apache yang bisa anda gunakan dalam control panel ini untuk memudahkan anda dalam hal pembuatan server virtual. Satu hal yang pasti, File Manager yang satu ini juga gratis atau free sehingga anda tidak perlu membayar sama sekali dalam menggunakannya. Jika anda memang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Linux, tentunya anda akan lebih familiar lagi jika menggunakan Webadmin dibandingkan dengan cPanel. Tapi tetap saja pilihan jatuh ke tangan anda. Silahkan menentukan sendiri mana yang paling sesuai anda gunakan dan bisa merasa membuat anda paling nyaman memakainya.

Setelah melihat ulasan mengenai jenis control panel, anda bisa menentukan pilihan anda sendiri sekarang juga. Pastikan untuk memilih control panel yang mudah dioperasikan oleh anda sendiri. Pasalnya, banyak juga pilihan File Manager domain yang bisa anda temukan. Tapi yang disebutkan diatas semuanya gratis untuk digunakan. Jadi tak ada yang perlu anda cemaskan. Penggunaan control panel memang sangat penting dalam rangka memudahkan proses yang anda lakukan untuk membuat website terbaik. Ada satu cara yang bisa anda terapkan agar bisa menggunakan File Manager tersebut dengan optimal, yakni dengan menyesuaikannya dengan OS yang anda gunakan. Jadi anda harus mengecek terlebih dahulu apa pilihan OS yang anda gunakan saat ini apakah Linux, Windows, atau OS yang lain. Dengan demikian, anda akan bisa menemukan satu File Manager domain yang anda butuhkan dan bisa digunakan dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *