Apa yang Anda harapkan dari website Anda? Tentu saja memiliki performa yang cepat, bagus, dan sekaligus keamanan terjamin. Itulah dambaan semua orang. Ada banyak cara yang ditempuh para pemilik website untuk meningkatkan performa sekaligus keamanan websitenya. Salah satu yang populer tentu saja dengan menggunakan CDN, alias Content Delivery Network.

CDN mengacu pada sekelompok server yang secara geografis yang tersebar, yang bekerja untuk menyediakan pengiriman konten internet secara cepat dan aman. Hadirnya CDN memungkinkan transfer data yang lebih cepat, yang diperlukan untuk memuat konten internet. Misalnya seperti halaman HTML, dan file JavaScript.

Salah satu penyedia layanan CDN adalah Cloudflare. Selain memiliki banyak kelebihan, menggunakan Cloudflare juga memiliki beberapa kekurangan. Sobat Unlimited artikel ini akan menjabarkan pada Anda kelebihan dan kekurangan Cloudflare. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Cara CDN Bekerja

CDN Cloudflare

Sebelum beranjak lebih dalam untuk membahas kelebihan dan kekurangan CDN Cloudflare, akan sangat baik jika kita bisa memahami bagaimana cara content delivery network bekerja. CDN adalah sebuah jaringan server yang terhubung secara bersamaan. Tujuan CDN adalah untuk memberikan konten yang cepat, andal, aman, dan pastinya hemat biaya.

Untuk meningkatkan kecepatan dan konektivitas, CDN menempatkan server di titik-titik pertukaran antara jaringan yang berbeda. Titik pertukaran ini disebut dengan internet exchange point atau IEP. Ini adalah titik dimana penyedia layanan internet yang berbeda akan saling terhubung. Mereka terhubung untuk memberikan akses ke lalu lintas yang berasal dari jaringan yang tak sama.

Dengan memiliki koneksi ke lokasi-lokasi berkecepatan tinggi dan terhubung satu sama lain, provider CDN dapat menekan biaya, sekaligus juga waktu transit dalam pengiriman data berkecepatan tinggi.

Baca Juga : Cara Kerja Pemeriksa Kecepatan Server

CDN Cloudflare, Apa Itu?

Cloudflare adalah jaringan pengiriman konten yang bertindak sebagai perantara antara klien dan server, yang menggunakan proxy untuk aktivitas mirroring dan caching. Nantinya, Cloudflare menyimpan konten web untuk dikrimkan ke server terdekat lokasi pengunjung. Hal ini dapat mengoptimalkan waktu loading. CDN Cloudflare juga mampu untuk memodifikasi konten, antara lain gambar dan teks, untuk dpaat bekerja dengan baik.

Cloudflare yang berada di antara klien dan server hosting dapat menjadi penyaring keamanan yag bagus. Ia dapat mendeteksi bila menemukan lalu lintas yang dianggap mencurigakan dan berbahaya. Tak hanya itu, Cloudflare juga berfungsi untuk mencegah serangan DDos, mengantisipasi serangan bot dan membatasi spam yang mungkin masuk.

Kelebihan CDN Cloudflare

CDN Cloudflare

Sekarang, mari kita beranjak ke kelebihan CDN Cloudflare. Ada beberapa hal yang membuat CDN Cloudflare begitu populer, karena kelebihan yag dimilikinya. Berikut ini adalah daftar kelebihan yang dimiliki CDN Cloudflare.

Gratis

Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan CDN Cloudflare secara gratis. Sudah jelas, ini adalah kabar baik untuk Anda yang masih mempelajari bagaimana tools yang satu ini bekerja. Anda juga tak perlu ragu untuk menggunakan layanan gratis Cloudflare. Menggunakan Cloudflare akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Namun, jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih powerful, Anda bisa beralih ke layanan Cloudflare Pro. Ini adalah layanan berbayar dari Cloudflare. Hanya saja, sebelum beralih ke versi yang berbayar, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih daulu dengan provider hosting di mana Anda berlangganan.

Peningkatan Performa

Tidak bisa dipungkiri,, penggunaan Cloudflare di website menjanjikan user experience yang bagus. Sebagai pemilik website, Cloudflare bisa Anda gunakan untuk meningkatkan performa website. Mengapa peningkatan performa ini bisa terjadi?

Ini bisa terjadi karena traffic yang masuk ke website akan difilterisasi. Hanya traffic asli saja yang bisa masuk. Jadi, sumber daya hosting dapat melayani request pengunjung dengan kecepatan yang lebih optimal.

Selain itu, Cloudflare juga dapat menyimpan konten statis dan membantu mereka tanpa harus melakukan request tiap kali menjadi host. Dengan kata lain, host akan memerlukan pemrosesan yang lebih rendah untuk bisa menyajikan konten pada pengunjung.

Perlindungan Spam

Bagaimana perasaan Anda ketika melihat komentar spam  tiba-tiba muncul di kolom komen pada konten website Anda? Tentu sangat menyebalkan, bukan? Untuk inilah Cloudflare hadir. Cloudflare bisa melindungi website Anda dari serangan komentar spam. Cara kerjanya, Cloudflare akan menggunakan data dari pihak ketiga untuk menyaring komentar pada website Anda.

Dengan menyaring komentar yang masuk, tak hanya memberikan website Anda dari spam, namun juga dari serangan bot.

Perlindungan Dari Serangan DDos

Hal lain yang menjadi kelebihan CDN Cloudflare adalah kemampuannya untuk melindungi website dari serangan DDos. Serangan ini akan mengakibatkan server secara otomatis mengirimkan request dari beberapa tempat.

Jika peretas telah mengetahui alamat IP Anda, Cloudflare tidak bisa melindungi server dari serangan DDos. Ini karena peretas yang langsung menargetkan langsung ke alamat IP, tanpa melewari Cloudflare. Solusinya adalah, Anda bisa mengganti alamat IP dan menggunakannya di Cloudflare.

Memberikan Warning Pada Pengunjung

Salah satu keunggulan Cloudflare adalah kemampuannya untuk memberikan peringatan kepada pengunjung, jika perangkat yang mereka gunakan terinfeksi virus. Cloudflare akan menyarankan untuk membersihkannya. Umumnya, untuk bisa mengakses sebuah website And, pengunjung akan diminta untuk memasukkan captcha.

Menghemat Bandwidth

Sobat Unlimited, tidak semua traffic menuju ke hosting. Jadi, Anda bisa menghemat bandwidth yang bisa jadi terbuang percuma untuk spammer dan hacker. Penghematan bandwidth ini bisa terjadi karena konten statis tersimpan sebagai cache.

Kekurangan CDN Cloudflare

CDN Cloudflare

Diatas, kita telah membahas kelebihan Cloudflare. Sekarang, mari kita membahas kekurangan yang dimilik penyedia content delivery network yang satu ini. Apa saja kekurangan yang dimilikinya? Berikut ulasannya untuk Anda:

Ketika Down, Cloudflare Dapat Berpengaruh Pada Website

Diatas sudah dijelaskan bahwa Cloudflare berada diantara pengunjung dan hosting. Posisi ini ternyata memiliki dampak bagi website. Saat Cloudflare down, maka website akan ikut down. Padahal hosting dalam kondisi up.

Situasi ini juga berlaku saat hosting atau server Anda secara tidak sengaja memblokir IP Cloudflare. Maka secara otomatis Cloudflare akan menganggap website Anda down dan hanya akan menampilkan cache saja.

Website Melambat

Menggunakan Cloudflare berpotensi memperlambat kinerja website Anda. Ini bisa terjadi pada layanan hosting Indonesia yang memiliki kuota bandwidth internasional yang kecil. Harus Anda ketahui bahwa Cloudflare belum menyediakan CDN di Indonesia.

Maka dari itu diperlukan bandwidth internasional agar server hosting terhubung ke Cloudflare. Jika terjadi masalah yang disebabkan bandwidth, secara otomatis website Anda akan terasa lambat ketika diakses.

Ekstra Layer Antara Pengguna dan Website

Menggunakan Cloudflare memang bisa mengurangi serangan komentar spam. Namun hal ini dapat membuat batasan antara pengunjung dengan website menjadi semakin kentara.

Kesimpulan

CDN Cloudflare memiliki banyak keunggulan, yang membedakannya dengan layanan CDN lainnya. Hanya saja, sebagai ciptaan manusia, Cloudflare bukan tanpa cela.Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman pada Anda kelebihan dan kekurangan CDN Cloudflare.

Rasakan pengalaman website cepat dan andal dengan berlangganan hosting Unlimited. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *