Saat ini dalam kehidupan manusia tak pernah bisa lepas dari yang namanya sosial media. Dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Ada beberapa media sosial populer yang memiliki banyak pengguna, baik di Indonesia dan dunia. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya. 

Sebagai pemilik website, sosial media bisa digunakan sebagai sarana yang pas untuk mendatangkan trafik. Dengan pengelolaan media sosial yang tepat, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website dari media sosial. Bahkan banyak ahli SEO yang mengatakan bahwa Google juga menggunakan social signal sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan rangking dari sebuah halaman website di halaman hasil pencarian. 

Social signal sendiri adalah jumlah orang yang menyukai sebuah halaman website, yang mana hal ini bisa dihitung dari berapa banyak orang yang memberikan like, tweet, regram, dan lain sebagainya. 

Jadi, semakin banyak jumlah social signal yang didapat sebuah website, umumnya ranking dari halaman website tersebut akan ikut mengalami kenaikan. Maka dari itu, penting bagi Anda Sobat Unlimited yang memiliki website untuk menyediakan tombol social signal. Jika Anda adalah pengguna WordPress, ada sangat banyak plugin social media yang bisa ditemukan di WordPress. Salah satunya adalah WP Socializer. 

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sobat Unlimited tentang apa itu plugin sosial media WordPress WP Socializer. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

 Mengenal Plugin Social Media WordPress WP Socializer

WP Socializer adalah salah satu plugin social media sharing terbaik di WordPress. Anda bisa menggunakannya untuk menambahkan ikon sharing media sosial, sticky/floating share bar, tombol ikuti di media sosial, dan lainnya. 

Baca Juga : Mengenal CRM Beserta Manfaatnya

Plugin ini sangat cepat, sederhana, dan mudah untuk digunakan. Dan tak perlu khawatir, karena WP Socializer dapat berfungsi dengan baik di perangkat mobile. Ini akan memberikan pengalaman yang responsif bagi pengunjung yang mengakses website Anda dari handphone. 

WP Socializer juga sangat support dengan nyaris semua jenis media sosial yang ada saat ini. Mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest, sampai LinkedIn. Total terdapat lebih dari 50 sosial media yang dapat didukung oleh WP Socializer. 

Fitur-Fitur WP Socializer

Berikut ini adalah fitur-fitur keren yang dimiliki oleh plugin social media WordPress WP Socializer: 

– Drag and Drop Social Icons to Builder

Dengan adanya fitur ini, Anda cukup melakukan drag and drop untuk menempatkan ikon media sosial yang diinginkan. Sangat mudah dan cepat bukan? Tidak butuh waktu lama, Anda sudah bisa memakainya. 

– Memunculkan Ikon Berbagi Media Sosial yang Dapat Diskalakan

Setidaknya terdapat 50 ikon social share yang dapat diskalakan sesuai dengan ukuran di website. Banyaknya ikon ini bisa dengan mudah dikelola menggunakan Softaculous. 

– Memunculkan 9 Ikon Media Sosial Asli 

Terdapat berbagai widget media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Yang akan mendukung perkembangan website Anda lebih cepat lagi. Social sharing akan membuat website Anda lebih banyak dikenal orang. 

– Memunculkan Ikon Follow Me di Floating Bar dan Widget

Selain ikon berbagi, WP Socializer juga memiliki tombol “Follow Me” sampai 50 jenis media sosial. 

– Support Text Sharebar 

Dengan melakukan penambahan text share bar dapat memudahkan pengunjung yang ingin memberikan komentar, lalu menautkan website Anda sebagai sumber informasi mereka. 

– Support Shortcode 

Anda juga bisa melakukan modifikasi pada WP Socializer, plugin yang satu ini sudah support dengan shortcode. Dengan demikian, Anda bisa memasukkan kode-kode yang memang Anda inginkan. 

– Support Social Network Sidebar Widgets

WP Socializer sangat user friendly. Hal ini terbukti dengan support dengan social network sidebar widgets. 

Cara Instal WP Socializer 

Berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk menginstal WP Socializer: 

Secara umum, cara instalasi WP Socializer sama dengan proses instalasi plugin lain di WordPress. Anda bisa mengakses WP Admin → Plugin → Add New → WP Socializer → Install Now → Activate Plugin. 

Terdapat 2 jenis tombol yang bisa digunakan di WP Socializer, yaitu: 

– Template Button. Tombol ini terletak di bagian atas dan atau bawah sebuah halaman atau postingan. 

– Floating Bar. Yang dimaksud dengan floating bar adalah tombol yang terletak di samping dan bersifat floating atau mengambang. Posisinya sendiri bisa naik turun mengikuti gerakan scroll pengunjung. 

Konfigurasi WP Socializer 

Konfigurasi Template Button 

Setelah berhasil melakukan instalasi plugin WP socializer, nama plugin ini akan muncul di halaman dashboard Anda. Silakan klik WP Socializer, lalu klik tombol Start Using WP Socializer

Lalu Anda akan diarahkan ke sebuah halaman, dimana terdapat dua buah tombol, yaitu Select an Inbuilt Template dan Manual Customization. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman Edit Templates

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Dengan pengaturan secara manual, Anda bebas untuk mengatur tombol-tombol yang ingin ditampilkan pada bagian ata dan atau bawah dari sebuah page dan post. Untuk menambahkan tombol social media yang ingin ditampilkan, klik salah satu tombol, maka secara otomatis akan muncul. 

Sedangkan untuk mengatur bentuk tombol, Anda bisa menggunakan link Predefined templates. Atau, Anda juga bisa menuliskan kode-kode HTML/CSS untuk mengatur tampilan tombol. Silakan centang di bagian-bagian mana saja yang ingin Anda tampilkan tombol social signal. 

Konfigurasi WP Socializer Floating Bar

Anda bisa membuat tombol social signal floating, mengikuti scroll naik turun yang bisa Anda gunakan fitur floating yang disediakan WP Socializer. Silakan pilih menu Floating share bar pada halaman dashboard Anda. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk mengatur floating share bar.

Untuk mengatur posisi floating bar, apakah di bagian sidebar atau di bawah. Anda juga bisa mengatur warna tombol, apakah putih atau gelap. Mengatur floating bar, apakah di post, pages, dan keduanya. Atau, Anda bisa juga menonaktifkan floating bar jika pengunjung mengakses website Anda lewat perangkat mobile. 

Apa Itu Social Signal? 

Social signal mengacu pada bagian halaman website, likes, dan visibilitas media sosial secara keseluruhan, yang dilihat oleh mesin pencari. Aktivitas ini berkontribusi pada peringkat pencarian organik halaman dan dilihat sebagai bentuk kutipan lain, mirip dengan tautan balik. 

Penutup

Menggunakan social signals sangat penting untuk menunjang SEO website Anda. Dan salah satu satu plugin social media yang bisa Anda gunakan adalah WP Socializer. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *