Plugin WordPress berperan penting dalam proses pembangunan sebuah website yang sempurna. Meskipun tidak ada website yang sempurna, tetap saja anda harus melakukan yang terbaik supaya situs bisa tampil professional dan luar biasa. WordPress menyediakan begitu banyak plugin sederhana yang akan memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan banyak manfaat. Anda bisa mendapatkan plugin tersebut dengan mengeluarkan biaya, atau memilih yang gratis. Jika anda memilih memakai plugin yang gratis sebetulnya itu ide yang bagus. Pasalnya, banyak developer ternama di dunia yang sudah menciptakan beragam plugin yang berkualitas secara free. Jadi anda bisa menikmati plugin tersebut untuk jangka panjang. Berikut anda akan mendapatkan informasi tentang cara memasang plugin WordPress tersebut.

Persiapan Yang Anda Butuhkan Dalam Memasang Plugin WordPress

Plugin WordPress bisa anda install dengan dua cara, yakni secara manual atau dengan cara install langsung. Apa beda dari kedua cara tersebut? Jawabannya adalah tidak ada, alias sama saja. Apapun cara yang anda pilih, semua itu tetap akan memudahkan anda dalam menambahkan fitur pada web yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Panduan Instalasi Plugin WordPress Melalui Dashboard

Panduan pertama dalam instalasi plugin WordPress bisa anda terapkan dengan cara masuk ke menu dashboard-nya terlebih dahulu. Dengan masuk ke dashboard maka anda akan bisa melakukan instalasi dengan cepat. Banyak yang menggunakan cara ini karena ibarat plug and play. Pilih satu yang diinginkan, lalu langsung saja install.

 

3 Cara Menginstal Plugin WordPress Pada Website

unlimited.id

Pertama, tahap awal yang harus dilakukan yakni masuk ke backend WordPress yang anda gunakan. Kemudian, pada bagian menu, silahkan pilih kategori Plugins.

Kedua, silahkan memilih kolom Add New yang terdapat didalamnya. Disini anda jangan kaget karena pada saat halaman baru terbuka, maka anda akan melihat lebih dari 46.000 plugin WordPress yang bisa anda pasang nantinya.

Ketiga, bingung memilih plugin WordPress mana yang anda butuhkan? Tak perlu khawatir karena anda akan bisa menemukan mana yang sesuai kebutuhan dengan cara mengatur opsi hasil pencarian tersebut. Anda tinggal pilih Popular, Recommended, atau Featured di kolom yang tersedia didalamnya.

Keempat, cara lain yang bisa anda terapkan adalah memasukan kata kunci atau keyword dari plugin yang hendak anda install. Misalnya anda ingin mencari plugin tentang Search Engine Optimization, maka masukan saja kata kunci SEO. Disana akan tersedia hasil yang banyak.

Kelima, ambil salah satu plugin yang ingin diinstal. Kemudian, masuk ke tahap selanjutnya yakni memilih kolom Install Now yang tersedia didalamnya. Tunggu beberapa saat sampai ada keterangan bahwa plugin tersebut telah terinstall.

Keenam, jangan senang dulu jika plugin tersebut sudah anda install, karena belum tentu plugin ini bisa langsung auto aktif. Anda harus mengeceknya terlebih dahulu di menu plugin yang tersedia. Kemudian anda hanya tinggal memilih kolom Activate yang ada didalamnya. Jika semua langkah tersebut sudah tepat dilakukan, maka anda bisa langsung menggunakan dan menikmati plugin tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Domain dan Hosting

Panduan Instalasi Plugin WordPress Secara Manual

 

3 Cara Menginstal Plugin WordPress Pada Website

unlimited.id

Ternyata plugin di WordPress juga bisa anda install secara manual. Jika anda mencari plugin yang populer di dashboard WordPress, maka anda salah besar jika menganggap plugin yang ada di dunia hanya itu saja. Pasalnya, masih banyak plugin lainnya yang bisa anda search di browser yang anda pakai. Disini anda akan menemukan lebih banyak fitur yang bisa membantu anda mengoptimalkan fungsi pada website secara signifikan. Beberapa penyedia plugin premium ada yang menawarkan plugin terbaik yang bisa berfungsi lebih maksimal dibandingkan versi free. Tapi plugin premium tersebut harus anda unduh dulu di komputer. Setelah itu lakukan installasi manual seperti cara berikut ini.

Pertama, masih sama dengan tahap instalasi plugin WordPress diatas, anda hanya tinggal masuk ke dashboard admin WordPress. Kemudian pada bagian menu, anda tinggal pilih kategori Plugins.

Kedua, setelah itu pilih kolom Add New untuk menambahkan jenis plugin apa yang ingin anda install di website anda. Kemudian masuk ke tahap selanjutnya yaitu memilih kolom Upload Plugin. Pilih file yang sebelumnya ada di laptop atau komputer anda yang berisikan data plugin tersebut. Biasanya file tersedia dalam format .zip atau .rar.

Ketiga, setelah selesai, anda tinggal pilih saja Install Plugin dan tunggu sampai semuanya selesai. Setelah itu, anda bisa langsung mengaktifkan plugin WordPress terkait dengan cara memilih kolom Activate Plugin yang ada didalamnya.

Panduan Instalasi Plugin WordPress dengan FTP

 

3 Cara Menginstal Plugin WordPress Pada Website

unlimited.id

Ada lagi cara alternatif lain yang bisa anda terapkan untuk melakukan instalasi plugin WordPress dengan cara menggunakan FTP Clients atau File Manager. Kenapa anda harus memakai metode ini? Jawabannya adalah karena beberapa plugin tidak bisa diinstall secara langsung via dashboard atau manual karena ukuran/size yang terlampau besar. Jika sudah demikian, anda harus melakukannya via File Manager. Meskipun ada solusi semacam ini, sebetulnya metode instalasi via FTP kurang disarankan. Karena ini menyangkut file-file directory yang ada di web anda. Jika anda sampai salah mengedit file, hal ini akan berimbas pada trouble pada website anda. Untuk lebih jelasnya, simak panduannya dibawah ini:

Pertama, tahap awal yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan extract terhadap plugin WordPress yang anda gunakan. Hasil extract tersebut bisa anda simpan terlebih dahulu di komputer, laptop atau PC.

Kedua, kini masuk ke akun hosting unlimited yang anda gunakan, kemudian gunakan FTP Client yang sudah tersedia. Disini anda akan langsung masuk ke bagian File Directory situs anda. Pilih directory bernama Wp-Content yang ada di File Manager tersebut.

Ketiga, lalu buka lagi folder plugins. Kemudian pilih menu upload untuk mengupload data plugin WordPress yang anda nginkan. Pastikan melakukannya di folder plugins ini. Jangan sampai salah.

Keempat, jika cara tersebut sudah anda lakukan, maka anda bisa ke tahap selanjuutnya yaitu mengecek apakah plugin tersebut sudah terinstall atau belum. Jangan lupa untuk mengaktifkannya dengan cara memilih menu activate yang ada didalamnya.

Plugin WordPress Memberikan Manfaat Yang Tak Terhingga

Disinilah anda akan merasa sangat bahagia telah menggunakan plugin WordPress tersebut. Kenapa? Karena anda akan bisa mendapatkan fitur kustomisasi yang anda butuhkan. Semua itu bisa tersedia untuk anda hingga tak terbatas. Anda bisa menambahkan beragam fitur tersebut secara langsung pada website. Anda akan bisa membuat website yang ramah SEO, kaya widget, responsif, dan istimewa. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah membuat web anda populer dan dikenal oleh banyak orang. Tambahan plugin juga akan mencegah website anda dari masalah yang signifikan. Bahkan beberapa website memberikan keamanan pada anda dari serangan hacker, malware, virus dan lain sebagainya. Jadi setelah anda menginstall WordPress yang baru, hal awal yang wajib anda lakukan adalah memilih apa saja pilihan plugin yang akan anda pasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *