Membuat blog dengan genre makanan sebenarnya lebih mudah daripada membuat makanan itu sendiri. Lebih mudah ,bahkan kadang lebih mudah daripada yang orang bayangkan. Genre blog yang satu ini dikenal dengan sebutan food blogging. Food blogging menjadi populer karena banyak hal. Salah satunya karena banyak orang yang menyukai makanan. Bahkan karena sangat suka sekali dengan makanan, orang akan menghabiskan waktunya dalam sehari untuk mencari informasi tentang makanan. Itulah mengapa membuat blog makanan adalah sebuah ide yang bagus. Jika Anda adalah seorang penggemar berat kulineran, maka bisa jadi menjadi food blogger adalah jalan yang harus Anda lakukan.

Cara Membuat Blog Makanan Dalam 5 Langkah

Pertanyaan yang banyak ditanyakan orang-orang kemudian adalah, bagaimana cara membuat blog makanan itu? Cara membuat blog makanan, seperti telah disinggung di bagian awal artikel ini termasuk mudah dibuat. Bahkan jika dibandingkan niche blog yang lain. Sobat Unlimited, berikut ini dalah cara membuat blog makanan dalam 7 langkah mudah. Jadi, simak sampai selesai, ya.

Langkah Pertama – Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda

membuat blog makanan

Elemen utama yang harus ada di sebuah blog adalah nama. Menentukan nama domain adalah sebuah hal yang harus Anda pikirkan dengan sangat serius. Untuk menentukan nama domain sekaligus blog, Unlimited punya beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

  • Usahakan singkat. Tips pertama dalam penentuan nama domain adalah mengusahakan dengan nama yang singkat. Semakin singkat nama blog Anda, tentu akann semikin mudah diingat. Walaupun memang tak ada aturan tertulis yang mewajibkannya, tapi nama domain yang simpel dapat menjadi pilihan terbaik.
  • Cari nama yang tersedia dengan domain .com. Saat membicarakan top level domain, tentu tidak bisa dibantah bahwa domain .com adalah yang paling populer. Mada dari itu, memilih nama domain menggunkan ekstensi .com adalah sebuah pilihan bagus.
  • Nama domain harus mencerminkan isi konten blog Anda. Karena Anda ingin memulai karir Anda sebagai food blogger yang menulis blog makanan., maka sebisa mungkin Anda bisa menggunakan nama domain yang memiliki hubungan dengan konten Anda.

Ketika Anda melakukan pencarian cepat di halaman pencarian domain Unlimited, Anda akan dihadapkan pada pilihan nama-nama domain yang mudah diingat, dan pastingan memiliki elemen makanan dan masakan.

Sebagai awalan, Anda bisa membuat daftar bakal calon maa domain. Paling tidak, buatlah lima nominasi nama. Kemudian silakan periksa ketersediaan domain tersebut di domain checker Unlimited. Setelah menemukan nama domain yang cocok dan tersedia, maka langkah selanjutnya adalah mendafarkan domain tersebut.

Untuk mendaftarkan nama domain, Anda harus membeli paket dalam jangka waktu tertentu.

Langkah Kedua – Mendaftarkan Akun Hosting

Setelah menentukan nama domain yang akan digunakan sebagai alamat blog makanan Anda, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan akun hosting. Yang nantinya, hosting tersebut akan menjadi rumah untuk website dan konten Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan penyedia hosting yang terpercaya. Setelah itu, Anda bisa melihat paket-paket yang ditawarkan oleh penyedia hosting tersebut. Jika Anda masih cukup awam dengan dunia web hosting, Anda bisa memilih shared hosting sebagai permulaan.

Dengan paket shared hosting, Anda akan berbagi server dengan orang lain. Paket ini biasanya paling direkomendasikan untuk para blogger pemula. Mengapa demikian? Karena, jika Anda tidak memiliki hal mendesak yang harus dimasukkan ke website, maka direkomendasikan untuk menggunakan shared hosting.

Baru kemudian, jika Anda merasa shared hosting tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda yang semakin besar, Anda bisa beralih ke virtual private server (VPS ) hosting. Dengan VPS, Anda akan mendapatkan  server yang khusus hanya untuk Anda sendiri, meskipun lokasinya berdekatan dengan server fisik yang digunakan pelanggan lainnya. Yang membedakan adalah, Anda aka mendapatkan root access dan resources sendiri.

Langkah Ketiga – Menentukan Platform Website

membuat blog makanan

Ketika membuat blog makanan, salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah memilih platform website yagn akan digunakan. Setidaknya ada tiga platform website yang cukup paling populer dan bisa Anda jadikan pertimbangan. Ketiga platform website tersebut antara lain Drupal, Jommla, WordPress.

Pada artikel kali ini, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan WordPress platform, atau content managemen system. WordPress adalah sebuah aplikasi berbasis open source yang sangat populer digunakan sebagai platform blog. Ada banyak fitur yang diberikan WordPress untuk penggunanya. Mulai dari tema sampai plugin, semua tersedia.

Baca Juga : Cara Membuat Landing Page Menggunakan Elementor

Langkah Keempat – Membuat Perencanaan Untuk Perkembangan Blog Anda

Sebelum blog Anda resmi “mengudara”, sudahkah Anda bertanya pada diri sendiri, konten apakah yang ingin Anda terbitkan? Juga pertanyaan seberapa sering Anda akan menerbitkan konten tersebut? Apakah Anda akan membuat semua konten blog sendiri atau menggunakan tenaga orang lain? Jika memang demikian, berapakah dana yang Anda siapkan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu saja harus Anda jawab dengan tegas diawal. Untuk pertanyaan jenis konten yang Anda terbitkan misalnya. Apakah Anda ingin mereview tempat makan, membagian resep baru, atau mengambil foto tiap langkah demi langkah dan membagikannya pada semua orang. Pun Anda juga bisa mengulas tren kuliner terbaru.

Apapun jenis konten yang Anda pilih, yakinkan diri Anda bahwa Anda memang menaruh minat pada tema tersebut.Jika tidak, Anda akan kesulitan untuk menemukan motivasi dalam membuat konten untuk blog.

Sebagai seorang blogger, Anda juga harus mampu menerbitkan konten secara rutin dan terjadwal. Setidaknya, Anda bisa menjadwalkan minimal satu atau dua post setiap pekannya.

Jika membicarakan apakah Anda sendiri yang akan menulis semua konten website tersebut, pada awalnya mungkin Anda bisa menulis semua konten untuk blog makanan Anda. Namun, seiring perkembangan waktu, misalnya ketika pengunjung Anda mulai ramai dan ingin ada update cepat dari blog, Anda bisa menggunakan jasa penulis freelance.

Langkah Kelima – Melakukan Promosi

Sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk mempromosikan blog Anda. Selain tentu saja optimasi SEO. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mempromosikan blog Anda:

  • Posting di Sosial Media

membuat blog makanan

Memposting kutipan artikel blog di media sosial adalah cara yang cukup ampuh. Setidaknya, follower Anda aware dengan blog Anda, dan mungkin saja bisa memberikan ajakan agar teman dan kerabat membaca blog Anda.

  • Bergabung Dengan Forum

Cara lain mempromosikan blog Anda adalah bergabung dengan komunitas blogger. Usahakan untuk tidak mempromosikan blog Anda ke forum yang sebagian besar berisi spam link.

  • Berkolaborasi Dengan Food Blogger Lain

Membangun relasi dengan sesame food blogger juga sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa berkolaborasi untuk membuat konten makanan yang menawarkan sudut pandang  lain.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat blog makanan dalam lima langkah mudah. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk membuat blog Anda sendiri.

Buat website Anda sendiri dengan berlangganan hosting murah di Unlimited.ID.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *