Panduan web hosting menjadi sebuah informasi penting bagi para pemula. Tentunya kalau sudah berbicara mengenai web hosting, anda bingung darimana memulainya. Disini anda tidak perlu panik karena panduannya tidak sesusah yang dibayangkan. Dengan adanya paduan yang lengkap tersebut, sudah pasti banyak keuntungan yang akan bisa didapatkan. Anda akan bisa menjadi semakin mahir dalam dunia per-hostingan yang saat ini semakin banyak digunakan oleh korporasi maupun personal. Tujuannya tentu beragam, ada yang ingin melakukan promosi, portofilio, dan lain sebagainya. Berikut akan dikupas tuntas tentang panduan web hosting yang akan memudahkan anda untuk memahami hosting itu sendiri.

Panduan Web Hosting Bagi Pemula

unlimited.id

Panduan Web Hosting: Apa Itu Web Hosting?

Panduan Web Hosting Bagi Pemula

unlimited.id

Panduan web hosting yang pertama akan membahas mengenai apa itu web hosting. Sebetulnya web hosting merupakan sebuah tempat yang menyimpan seluruh data-data yang ada di website. Seperti yang diketahui bahwa data yang ada di website ada banyak sekali, baik itu merupakan data dalam bentuk gambar, konten, plugin, widget, ads, dan lain sebagainya. Ada sejumlah sistem tambahan yang mungkin saja ditambahkan, misalnya pop up, dan lain sebagainya dengan tujuant ertentu. Dari sini anda akan bisa memahami bahwa hosting adalah rumahnya dari para website tersebut. Tanpa hosting, tidak mungkin sebuah website bisa terbentuk dengan baik. Mereka akan menyimpan semua data, baik itu document, audio, video, visual, dan lain sebagainya dengan lengkap. Nantinya konten tersebut akan mampu diakses oleh banyak orang.

Kenapa Layanan Hosting Itu Penting?

Panduan web hosting selanjutnya adalah memahami alasan dibalik pentingnya memiliki layanan hosting itu sendiri. Pertanyaanya, bisakah anda membuat website, tapi data-data web tersebut disimpan di komputer pribadi anda sendiri? Jawabannya tentu saja mustahil alias tdak mungkin. Hosting memiliki fungsi yang spesifik dan tak dimiliki oleh PC atau laptop pada umumnya. Jika hanya disimpan di komputer saja mungkin masih berupa mentahannya saja. Tapi kalau ingin go digital, maka anda membutuhkan hosting untuk rumah dari data-data website anda tersebut. Kenapa? Karena dalam sebuah website, anda membutuhkan alamat IP yang statis, internet koneksi yang bagus, server, dan index Google agar web anda bisa dengan mudah ditemukan di mesin pencari.

Lalu, Apa Saja Tipe-Tipe Web Hosting?

Panduan Web Hosting Bagi Pemula

unlimited.id

Panduan web hosting selanjutnya membahas tentang apa saja tipe dari web hosting itu sendiri. Dengan memahami tipe yang ada didalamnya, maka anda akan lebih mudah untuk memaksimalkan fungsi dari web tersebut. Disini anda akan bisa melihat tipe hosting terdiri atas shared hosting, dedicated hosting, VPS hosting, dan cloud hosting. Apa saja beda beberapa hosting tersebut?

Pertama, shared hosting adalah sebuah hosting domain yang menyediakan server yang dipakai banyak orang sekaligus. Jadi ibaratnya ada satu server dengan spesifikasi tertentu, lalu server tersebut dipakai banyak orang. Ibaratnya ada sebuah rumah yang dihuni oleh banyak orang. Lalu orang-orang tersebut memakai semua fasilitas yang ada di rumah tersebut secara bersama-sama.

Kedua, panduan web hosting berikutnya membahas tentang pengertian dedicated hosting. Dalam pilihan dedicated hosting ini harga yang harus dikeluarkan cukup besar. Pasalnya, pengguna bisa menentukan sendiri sebuah server yang ingin digunakannya secara pribadi. Jadi beda dengan shared hosting yang dibagi untuk banyak orang. Dedicated hosting membantu anda menjadi pengguna server secara independen.

Ketiga,  panduan web hosting selanjutnay tentang apa itu VPS hosting. Disini VPS berarti virtual hosting. Intinya sama dengan dedicated hosting tersebut. Pengguna bisa menggunakan server secara independen. Tapi mereka bisa menentukan sendiri spesifikasi yang diinginkan. Nantinya spesifikasi tersebut akan berbentuk virtual yang diinginkan pengguna, misalnya jumlah bandwidth yang diinginkan, disk space, fitur-fitur tambahan lain, dan sebagainya.

Keempat, selain itu ada juga cloud hosting. Dalam cloud hosting ini pengguna akan bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan hosting dengan mudahnya. Pasalnya, jika ada satu server yang error, maka server lain akan menggantikannya. Hal ini tentunya sangat penting bagi web besar seperti korporasi yang mewajibkan situs harus tetap stabil seterusnya.

Apa Itu Domain dan Jenis-Jenisnya?

Panduan web hosting selanjutnya adalah tentang apa itu domain dan jenis-jenisnya. Jika sebelumnya kita membahas mengenai hosting yang menjadi rumah dari website, maka sekarang kita akan bahas mengenai domain. Domain adalah tampilan luar dari website itu sendiri. Disini domain ada banyak jenisnya yakni domain dan subdomain. Domain adalah sebuah website yang berdiri sendiri dengan namanya sendiri, contohnya adalah namadomain.com. Sementara subdomain adalah website yang dibangun dengan nama ekstensi yang ikut domain lain, misalnya namadomain.blogspot.com, namadomain.wix.com, dan lain sebagainya. Jadi tidak independen untuk pilihan sub domain ini.

Baca Juga: Haruskah Memilih Domain Baru GTLD Untuk Website Bisnis

Terkait mengenai pilihan ekstensi yang ada pada domain tersebut juga ada beragam. Ada ekstensi yang melambangkan .com, .net, .asia, .org, dan lain sebagainya. Masing-masing ekstensi tersebut juga memiliki arti tersendiri. Misalnya .org yang biasanya digunakan untuk organisasi atau badan dan lembaga yang besar. Sementar untuk .net biasanya berisikan konten tentang network atau informasi tentang jaringan IT. Ada juga ekstensi .gov yang biasanya dipakai untuk website pemerintahan. Ekstensi .gov sendiri merupakan kepanjangan dari government atau pemerintahan. Disinilah anda akan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan yang pasti bisa anda capai jika memilih domain dan nama ekstensi yang tepat ada didalamnya.

Tips Mendapatkan Penyedia Web Hosting Terbaik

Panduan Web Hosting Bagi Pemula

unlimited.id

Panduan web hosting yang berikutnya tentang cara mendapatkan layanan web hosting terbaik. Untuk bisa mendapatkan layanan hosting terbaik, tentu saja ada sejumlah cara yang bisa anda terapkan, salah satunya adalah dengan memilih layanan hosting domain yang terpercaya. Jadi cek benar-benar detail repurasi dan kredibilitas dari situs tersebut. Alangkah baiknya memilih layanan hosting yang memiliki domainnya sendiri, kemudian banyak dibicarakan di forum-forum. Serta anda juga bisa mengecek bagaimana orang lain yang lebih dulu memakainya puas menggunakannya atau tidak. Dari testimony tersebut pasti anda akan mencapai pencerahan yang dibutuhkan tentang mana yang terbaik.

Jadi jangan pernah mengacu pada harga ketika melihat mana layanan terbaik. Ada jasa hosting yang menawarkan pembuatan web dengan harga terlampau murah. Tapi anda juga harus tau bahwa harga murah bukanlah segalanya. Untuk bisa benar-benar mendapatkan yang terbaik anda harus memilih layanan yang tepat digunakan. Pilih hosting yang anda butuhkan misalnya shared hosting kalau anda hanya ingin membuat website portofolio biasa atau mau latihan membuat website. Kalau anda ingin membuat online shop, maka pilih hosting dengan opsi dedicated hosting. Dengan memilih pilihan hosting yang tepat, sudah pasti anda akan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan anda saat ini. Dengan pemilihan website yang tepat, sudah pasti anda akan menemukan sendiri segalanya yang anda butuhkan. Tidaklah susah membuat sebuah website jika anda tau caranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *