Cloud server merupakan layanan teknologi yang menggabungkan komputer dan jaringan yang berbasis internet. Pada intinya, teknologi ini memanfaatkan media internet sebagai pusat server untuk pengelolaan data. Sehingga data-data yang Anda perlukan dapat dengan mudah diakses dan tidak perlu lagi menyimpan data menggunakan perangkat fisik. Seperti flash disk, hard disk, CD dan DVD. Itulah yang anyak disebut sebagai pengertian cloud server.

Tentu, hal ini akan memudahkan orang yang memiliki data yang tersimpan di suatu perangkat penyimpanan dan perangkat itu hilang. Maka, data yang tersimpan tersebut akan hilang. Namun, data yang ada di cloud server akan tetap aman.

Dengan adanya cloud server, maka data yang ada dapat diakses sewaktu-waktu, sehingga dapat mempermudah pekerjaan. Jika Anda ingin menggunakan jasa layanan cloud server, maka Anda akan diminta untuk mendaftarkan email guna membuat akun. Sehingga, jika sewaktu-waktu Anda akan menyimpan atau membuka file yang telah disimpan, maka Anda akan dimintai identitas akunnya.

Layanan cloud server juga memberikan Anda untuk menaikkan atau menurunkan resource server seperti jumlah core CPU ataupun jumlah RAM yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda harus berhati-hati jika ada layanan mengaku cloud server terutama di Indonesia tapi tidak bisa memberikan faslitas On Demand.

Pada layanan cloud, Anda masih bisa berlangganan satu server, dengan konsekuensi harga sedikit mahal, namun kualitas tentus saja harus lebih baik. Karena infrastrukturnya terdiri dari beberapa server yang membangun.

Pengertian Cloud Seerver

pengertian cloud server

Pertanyaan selanjutnya, apakah yang dimaksud dengan cloud? Pengertian cloud server merujuk ke beberapa server yang terhubung ke internet yang dapat disewa sebagai bagian dari perangkat lunak atau layanan aplikasi. Layanan berbasis cloud dapat mencakup hosting website, hosting data dan berbagi, serta penggunaan perangkat lunak atau aplikasi.

Selain itu, cloud juga merujuk ke komputasi awan. Di mana beberapa server ditautkan bersama untuk berbagi beban. Hal ini berarti bahwa alih-alih menggunakan satu perangkat yang kuat. Proses kompleks dapat didistribusikan di beberapa komputer yang lebih kecil.

Salahs satu keuntungan dari cloud server adalah, bahwa ada banyak sumber daya terdistribusi yang bertindak sebagai satu dan sering disebut dengan federated storage clouds. Hal ini membuat cloud sangat toleran terhadap kesalahan karena distribusi data. Penggunaan data cloud cenderung mengurangi berbagai versi file, karena akses bersama dokumen, file, dan data.

Fungsi Cloud Server

Pada bagian awal artikel ini, Sobat Unlimited sudah mengetahui gambaran umum tentang pengertian cloud server. Yang selanjutnya akan dibahas adalah fungsi dan manfaat dari cloud server itu sendiri. Ada beberapa fungsi dan manfaat yang menjadi ciri khas dari cloud server, yang tidak akan ditemui di server berbasis fisik. Apa itu?

Berikut ini adalah fungsi cloud server yang harus Anda ketahui:

1. Mencegah Kehilangan Data

Coba bayangkan, berapa banyak data Anda yang saat ini hilang dan tidak bisa diselamatkan karena kerusakan perangkat penyimpanan fisik? Hard disk, flash disk, dan media penyimpanan fisik sangat rentan dengan kehilangan data karena berbagai sebab.

Untuk meminimalkan kehilangan data, maka Anda bisa menggunakan cloud server sebagai solusinya. Penggunaan cloud server sebagai media penyimpanan dapat sangat memperkecil kemungkinan kerusakan dan kehilangan data. Sehingga, data Anda akan jauh lebih aman dari kemungkinan kehilangan.

2. Mengganti Media Penyimpanan Fisik

pengertian cloud server

Keberadaan cloud server lambat laun akan menggantikan media penyimpanan fisik yang selama ini banyak digunakan oleh masyarakat. Apalagi, media penyimpanan fisik tak jarang memiliki banderol harga yang mahal. Sebuah perangkat penyimpanan fisik, seperti hard disk atau flash disk memiliki harga berkisar dari mulai ratusan ribu, hingga jutaan rupiah.

Maka denga adanya cloud server, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos yang tingga untuk menyimpan file dan data. Biaya investasi yang Anda keluarkan akan jauh lebih mudah jika menggunakan cloud server. Biaya per tahun yang Anda bayarkan untuk sebuah cloud server bahkan bisa lebih murah dari perangkat fisik. Selain itu, pastinya, Anda tak perlu lagi repot-repot untuk menggunakan hard disk dan flash disk.

3. Kemampuan Upgrade yang Cepat

Penggunaan teknologi cloud server juga memungkinkan mengupgrade data dengan cepat. Dengan memanfaatkan teknologi ini, setiap data akan terhubung dengan koneksi internet. Sehingga, Anda dapat mengelola data-data tersebut secara lebih cepat dan efisien.

4. Memimalkan Anggaran Belanja Hardware

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, penggunaan cloud server mampu menyimpan data dalam jumlah besar. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membeli perangkat storage tambahan. Dari sisi manapun, ini jelas memberikan keuntungan. Teknologi ini tidak hanya mempermudah pekerjaan Anda dari segi waktu, tetapi juga dari sisi biaya yang harus dikeluarkan.

Tentu banyak pemerhati dunia IT yang bersepakat jika menyebut teknologi ini, yang mampu mempermudah pekerjaan. Segala manfaat yang ada benar-benar mampu menjawab kebutuhan publik saat ini. Yang manan dituntut untuk lebih cepat dan produktif dalam segala hal. Tak terkecuali menyimpan dan mengunduh data.

Baca Juga : Cara Mengatasi Website yang Lambat

Manfaat Cloud Server

pengertian cloud server

Server cloud mampu memberikan stabilitas dan keamanan bagi pengguna. Karena masalah perangkat lunak akan terhindarkan dari Anda. Gangguan yang terjadi pada server cloud lainnya, tidak akan berdampak signifikan pada cloud server yang Anda gunakan. Dan demikian juga sebaliknya.

Jika pengguna lain membebani server cloud mereka, hal ini tidak aka berdampak pada server cloud Anda. Tidak seperti server fisik, yang ketika terjadi gangguan, misalnya infeksi virus. Maka ada kemungkinan website lain yang menggunakan server yang sama juga akan ikut terpengaruh.

Server cloud cepat, stabil, dan aman. Dengan menggunakan server jenis ini, Anda dapat menghindari masalah perangkat keras yang terlihat pada server fisik. Dan cloud server cenderung menjadi pilihan yang paling stabil bagi bagi Anda yang ingin lebih menghemat anggaran untuk pengeluaran di bidang IT.

Pada umumnya, server cloud menyediakan layanan yang lebih cepat dan hemat biaya. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak sumber daya dan layanan yang lebih cepat daripada harga server fisik yang serupa. Website yang dihosting menggunakan cloud tentu akan lebih cepat.

Kesimpulan

Cloud server, bagaimanapun adalah evolusi dari server fisik. Tidak cuma sekedar nama, tetapi juga manfaat dan fungsinya yang lebih baik dari server fisik. Semoga artikel ini mampu memberikan wawasan pada Sahabat IDwebhost, tentang cloud server dan fungsinya.

Go digital sekarang juga dengan berlangganan hosting murah Unlimited.ID. Dapatkan fitur-fitur hosting terbaik hanya untuk Anda. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *