Kecepatan memiliki peran penting dalam keberhasilan website Anda. Aspek penting website yang satu ini dapat memberikan pengaruh pada banyak hal di website. Misalnya, tingkat visibilitas dan tingkat konversi website Anda. Mengoptimalkan kecepatan website Anda jelas merupakan sebuah keharusan. Tapi tak jarang, pemiliki website akan dengan sangat mudah mendapatkan komplain dari pengunjung karena website yang sangat lamban ketika diakses.

Lantas, setelah mendapat komplain tersebut, apa yang harus dilakukan? Tentu saja, yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu penyebabnya, untuk mengidentifikasi cara mengatasinya. Sehingga, Anda tidak akan lagi mendapatkan komplain dari mereka.

Artikel ini akan mengajak Anda, Sobat Unlimited untuk mencari tahu penyebab website lamban dan sulit diakses. Sekaligus, cara untuk mengatasinya. Karena itu, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Penyebab Website Lambat dan Sulit Diakses

Berikut adalah penyebab website lamban dan sulit diakses. Mari simak satu per satu  penyebabnya:

1. Performa Server yang Tidak Optimal

Penyebab website lambat

Bisa dibilang, performa server menjadi kunci dari kecepatan website. Mengapa? Karena server memiliki fungsi untuk menyimpan semua data dari website, sekaligus melayani permintaan data dari pengunjung website.

Sever yang tidak bekerja dengan optimal akan mengakibatkan website menjadi lambat. Dua faktor yang mempengaruhi performa server adalah jenis server yang digunakan, dan juga lokasi di mana server berada. Dua jenis server yag paling banyak digunakan adalah LiteSpeed dan Apache.

2. Versi WordPress Kadaluwarsa

Jika membicarakan konten management system, tentu tidak bisa dipisahkan dari WordPress.WordPress adalah salah satu content management system yang sangat andal. Platform yang sangat berguna untuk mengelola website semaksimal mungkin.

WordPress yang lama tidak diupdate dan bahkan kadaluawarsa dapat berdampak buruk pada performa website. Anda akan melewatkan berbagai perbaikan yang membuat website menjadi lebih cepat. Versi WordPress yang tidak update juga membuat pengelolaan konten menjadi kurang maksimal.

Pada sisi keamanan, WordPress versi tentu saja memberikan perlindungan terbaik terhadap serangan malware dan peretas dengan lebih baik.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan SSD WordPress yang Harus Anda Tahu

3. Kesalahan Konfigurasi

Melakukan konfigurasi memang diharapkan untuk bisa meningkatkan performa website menjadi lebih baik. Hanya saja, yang perlu Anda ingat adalah, jika terjadi kesalahan yang terjadi saat proses konfigurasi, malah akan membuat website menjadi sulit diakses.

Kesalahan konfigurasi juga dapat memunculkan pesan error. Hal ini bisa saja menurunkan kepercayaan pengunjung pada website Anda. Beberapa pengaturan yang biasanya dimodifikasi antara lain, pengaturan update, pengelolaan database, dan lain sebagainya.

4. Kapasitas Database Terlalu Besar

Penyebab website lambat

Menyimpan banyak data pada server dapat mempengaruhi kecepatan website Anda. Contohnya, ketika Anda memiliki terlalu banyak postingan pada website yang berisi file dengan ukuran besar. Bahkan tak jarang didapati banyak data yang masih tersimpan, yang sebenarnya sudah tidak lagi diperlukan. Contohnya adalah file yang berada di file trash.

Penggunaan database yang terlalu besar juga bisa terjadi jika Anda sering mengumpulkan data dari pengunjjung. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapat website berbasis membership sangat rentan dengan kendala website yang lambat.

5. Tidak Menggunakan CDN

CDN alias Content Delivery Network bisa membantu website untuk dapat loading dengan lebih cepat. Hanya saja, masih banyak website yang belum menggunakannya. Sesuai dengan namanya, content delivery network adalah jaringan server global yang tersebar di berbagai negara. Bisa dibilang, CDN adalah solusi, bahwa permintaan data akan dilayani oleh server terdekat.

Jika Anda tidak menggunakan CDN dan server Anda berada di Eropa, maka pengunjung dari Indonesia harus mengakses server yang jauh tersebut. Tentu saja loadingnya akan sangat lama.

6. Penggunaan Tema yang Berat

Tampilan website yang manis memang dapat menarik pengunjung. Namun, bukan berarti Anda boleh mengorbankan performa website demi tampilan saja. Beberapa tema dengan atribut visual dan animasi yang menarik cenderung berat.

Alasannya adalah, karena banyaknya elemen tambahan seperti toolbar ekstra, slider, dan lain sebagainya. Semua hal itu membutuhkan lebih banyak  kode pemrograman yang pada akhirnya membuat loading sebuah website menjadi semakin lama.

7. Terlalu Banyak Plugin

Sebagian pemilik website sering tidak sadar bahwa telah memasang terlalu banyak plugin di website mereka. Plugin adalah software yagn memberikan fungsi tambahan agar website bekerja lebih baik. Hanya saja, terlalu banyak plugin yang terpasang justru akan menjadi bumerang.

Cara Mengatasi Website yang Lamban

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi akses website yang melambat. Berikut ini adalah cara mengatasi website yang lamban:

1. Menggunakan CDN

Penyebab website lambat

Menggunakan CDN untuk sebuah website yang memiliki konten adalah keputusan yang bagus. Banyak contoh yang telah menujukkan bahwa penggunaan CDN dapat meningkat dengan pesar. Ketika menggunakan CDN, file statis Anda yang berupa gambar flash, file CSS, Javascript, dan lain sebagainya. File statis tersebut akan disimpan pada server CDN. Hingga kemudian akan didistribusikan ke berbagai lokasi server di seluruh dunia.

2. Optimasi Gambar

Melakukan optimasi gambar, berarti menggunakan gambar dengan kualitas terbaik tanpa harus membebani. Terdapat beberapa cara untuk melakukan optimasi gambar, yaitu dengan melakukan kompres, resize, dan memilih format gambar yang tepat.

3. Perhatikan Kualitas Performa Server

Untuk mengatasi performa website yang lambat, Anda bisa memulai dengan memastikan performa server. Server yang baik dan teknologi terbaru yang digunakan, akan membuat performa website menjadi optimal.

Selain itu, pastikan untuk memilih server yang dekat denga lokasi pengunjung website Anda. Jika website Anda, yang mayoritas pelanggannnya berasal dari Indonesia, maka sudah pasti Anda harus memiliki server dengan lokasi yang berada di Indonesia.

4. Menggunakan Layanan Hosting Terbaik

Cara keempat untuk mengatasi website Anda yang lambat adalah dengan menggunakan layanan hosting yang terpercaya dan  terbaik untuk website. Hal ini tentu saja penting. Karena kesalahan memilih hosting akan berdampak pada kinerja website dan membuat website tersebut menjadi lambat untuk diakses.

Ada banyak sekali layanan hosting berkualitas yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Unlimited.ID. Unlimited.ID mempunyai banyak keunggulan yang dengan fitur-fitur terbaik, agar kecepatan website Anda semakin cepat.

Kesimpulan

Website yang lambat diakses tentu saja sangat menyebalkan. Baik dari sisi pemilik website, dan juga pengunjung. Website yang lamban diakses tentu akan dengan mudah ditinggalkan oleh pengunjung. Jadi penting bagi Anda untuk tahu apa penyebab website lambat diakses. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang penyebab website lambat diakses dan cara mengatasinya.

Jangan biarkan website Anda sulit diakses karena salah pilih hosting. Hosting murah berkualitas, Unlimited.ID jagonya. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *