Dalam mata rantai pertukaran informasi pada satu jaringan komputer, salah satu yang memegang peranan paling penting adalah file transfer protocol (selanjutnya akan disebut FTP). Jika tak ada FTP, kita, kamu, ataupun siapa saja pengguna tidak akan bisa mengunduh, mengunggah, dan menonton video. 

FTP juga sangat penting pada website. Membangun sebuah website membutuhkan file dan folder. Dan semakin rumit website yang dibangun, semakin banyak file dan folder yang dibutuhkan. Kalau kamu adalah developer atau desainer web, ini tentu akan sangat menyulitkan. Kamu bisa saja lupa ke mana file media yang baru saja dipindahkan. Atau mungkin folder tema hilang dan tidak mentransfer ke server dengan benar. Terlepas dari apapun masalah yang kemungkinan dihadapi, kamu membutuhkan sebuah FTP untuk memudahkan pekerjaan mengatur file dan folder yang ada di website. 

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan mengajak kamu, Sobat Unlimited untuk mengetahui lebih banyak tentang pengertian FTP dan cara menggunakan FTP. Jadi, tunggu apalagi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Pengertian FTP

Apa Pengertian FTP? FTP atau File Transfer Protocol adalah tools yang menghubungkan file lokal yang ada di komputer ke server online. Misalnya, kamu baru saja membuat website WordPress. Lantas, kamu ingin memindahkan semua file pada komputer ke server dan meluncurkan website di dunia maya secara resmi.

Baca Juga: Rekomendasi Website Untuk Belajar Desain Grafis

Intinya, FTP memberikan kamu, sebagai pengguna keleluasaan untuk mengatur file, mengedit, dan memeriksa apakah terdapat masalah di sana. Antara satu FTP client dengan yang lainnya selalu memiliki perbedaan. Namun, Anda dapat mencari FTP client apakah yang cocok dengan yang Anda inginkan.

Memang saat ini hampir semua penyedia hosting mempunyai fitur One Click Buttons untuk menginstal file-file pada platform website, seperti katakanlah WordPress. Tetapi kehadiran FTP penting bagi para pemilik website sebagai backup jika nantinya terjadi masalah dengan websitenya. 

Dua unsur paling penting dalam FTP adalah FTP client dan FTP server. FTP server adalah server yang menjalankan software dengan menjalankan software yang berfungsi memberikan layanan tukar menukar file ketika ada permintaan dari FTP client. 

Sedangkan yang dimaksud dengan FTP client adalah komputer yang kamu gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan. Komputer yang berperan sebagai FTP client harus selalu terhubung dengan FTP server. 

Kelebihan FTP

FTP sebagai protokol yang menjembatani pertukaran data dalam satu jaringan komputer, memiliki banyak kelebihan, antara lain: 

  • Memiliki sistem enkripsi data pada jaringan yang digunakan. Sehingga pengguna tak perlu khawatir lagi dengan aspek keamanan. 
  • FTP dapat berfungsi menjadi media penyimpanan. Di mana data yang dikirimkan tidak akan hilang atau dihapus oleh komputer. 
  • Tersedia tools yang memudahkan pengguna untuk melakukan verifikasi. Dan ya, hanya perlu dua langkah mudah untuk melakukan verifikasi data. 
  • Pertukaran data di FTP telah terlindungi dengan sistem keamanan yang menjembatani pertukaran informasi dan file. 
  • FTP bisa digunakan untuk melakukan backup data dan file, bahkan termasuk restore pada website. 
  • Transfer data dan informasi lewat FTP sangat mudah dan efisien. 

Kekurangan FTP

Selain memiliki kelebihan, FTP juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain: 

  • Sangat tergantung dengan adanya sistem enkripsi. Tanpa sistem enkripsi, FTP tidak akan aman untuk digunakan. 
  • Desain yang kurang user friendly. 
  • Sering terjadi kesalahan dalam menyampaikan informasi, sehingga administrator akan kesulitan memahami informasi yang diterima. 

FTP Client Terbaik 

Beberapa FTP client memiliki kemiripan dalam hal fitur dan tampilan user interface. Beberapa lainnya sangat berbeda satu sama lain. Berikut adalah beberapa FTP client yang terbaik yang bisa kamu coba gunakan. Nomor satu adalah yang paling populer. 

FileZilla

Ketika membuat daftar FTP client terbaik dan terpopuler hari ini, tentu akan kurang jika tidak menyebut nama FileZilla di daftar pertama. 

FileZilla adalah salah satu FTP client yang paling populer. Bukan hanya karena FileZilla tersedia gratis dan mudah diunduh. Juga karena tak membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Ya, walaupun FileZilla memiliki tampilan user interface yang sedikit ketinggalan zaman, pengguna dapat dengan mudah menautkan ke file di situs mereka dan menyimpannya di komputer.

Baca Juga: Cara Membeli Tema WordPress di Themeforest

Bisa dibilang, meskipun perlu waktu untuk membiasakan diri dengan tampilan antarmukanya,tak dipungkiri FileZilla adalah salah satu FTP client terbaik di pasaran. Mendukung semua system operasi, dan digunakan oleh banyak orang. 

WinSCP

Sesuai dengan namanya, WinSCP hanya bisa bekerja di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Client FTP yang satu ini dapat menghubungkan server lokal dan server online milikmu dengan baik. Tools open source ini telah diunduh dan digunakan ratusan juta kali dan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tampilan antarmukanya sendiri sedikit mirip dengan FileZilla, yang mempunyai modul ganda untuk mentransfer file.

Pengguna juga dapat menyesuaikan halaman utama dengan banyak tab, beragam perintah, dan sessions. Beberapa sesi dimungkinkan pada layar yang sama, memungkinkan pengguna untuk lebih banyak menyelesaikan pekerjaan sekaligus. 

Core FTP LE

Core FTP LE hanya bisa digunakan oleh para pengguna Windows. Banyak yang menyebut bahwa Core FTP adalah alternatif dari FileZilla. Misalnya jika kamu tidak menyukai beberapa shortcut atau tampilan FileZilla secara keseluruhan. 

Cyberduck

FTP client Cyberduck hanya bisa digunakan oleh pengguna Windows. Untuk pengguna kedua sistem operasi tersebut, Cyberduck menawarkan tampilan yang modern dan antarmuka yang bersih.

Selain itu, ini juga sangat pas bagi mereka yang menginginkan sinkronisasi dengan cloud service pihak ketiga seperti Google Drive atau Dropbox.

Cara Menggunakan FTP

Kemudian, tentu banyak yang bertanya-tanya, bagaimana cara kerja FTP. FTP bekerja dengan mengandalkan autentikasi standar, yang meminta pengguna komputer memasukkan username dan password untuk bisa mengakses data. 

Ketika kamu ingin mendownload dan mengunggah file, maka perlu mengakses FTP untuk setiap perintah yang dilakukan. Username dan password akan menjadi kuncimu untuk mengakses data di dalamnya. Dengan password dan username, kamu bisa dengan mudah memindahkan, menyalin, dan hal penting lainnya terhadap sebuah file yang ada di direktori komputer. 

Hanya saja, sebelum pertukaran data terjadi, FTP client harus melakukan permintaan koneksi terhadap koneksi server. Setelah FTP client terhubung ke FTP server, barulah pertukaran data bisa terjadi. 

Penutup

FTP memiliki peran yang sangat vital pada seluruh aktivitas di komputer, website, dan jaringan internet. Tanpa adanya  FTP, mungkin akan sulit saling berbagi data. Semoga dengan artikel ini, kamu lebih memahami tentang pengertian FTP dan cara menggunakannya. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *