Saat pertama kali mempeljari segala hal yang berkaitan dengan pembuatan website, sengaja atau tidak, Anda pasti pernah mendengar istilah bernama localhost. Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan istilah yang satu ini. Mengenal localhost sangat penting dalam rangka keberhasilan Anda memperlajari cara pembuatan website. Sobat Unlimited, artikel ini secara mendalam akan menjabarkan pada Anda pengertian localhost, dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Karena itu, Sobat Unlimited, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Pengertian Localhost

pengertian localhost

Dalam jaringan computer, localhost mengacu pada komputer yang menjalankan program. Kenapa bisa demikian? Hal ini karena komputer berfungsi sebagai server virtual. Dalam pengertian ini, komputer bukanlah sebuah objek fisik, namun system yang bekerja di dalamnya. Server web hosting juga merupakan bagian dari perangkat computer itu sendiri.

Oleh karena itu komputer dapat digunakan untuk menyimpan dan menjalankan sebuah website dengan sebuah aplikasi server lokal. Hanya saja, situs tersebut tak bisa diakses oleh siapapun melalui jaringan internet. Satu-satunya cara untuk membukanya adalah dengan mengetikkan http://localhost pada web browser komputer yang menyimpan data situs tersebut.

Loopback Address 127.0.0.1

Localhost tak hanya sebatas pada istilah, namun sekaligus nama domain. Karena itu localhost memiliki alamat IP sendiri, yaitu 127.0.0.1. Alamat IP ini dikenal juga sebagai loopback address. Meskipun memiliki domain sendiri, localhost tak seperti google.com atau facebook.com. Ini adalah alamat. Jika Anda mengetikkan google.com di browser, nantinya Anda akan diarahkan ke halaman utama Google. Kemana localhost membawa Anda? Localhost akan mengarahkan Anda ke komputer Anda. Situasi ini dikenal sebagai loopback Address.

Seperti halnya nama domain lainnya, localhost juga memiliki alamat IP atau Internet Protocol. Alamat tersebut berkisar dari 127.0.0.0 hingga 127.255.255.255. Namun umumnya dimulai dari 127.0.0.1. Jika Anda mencoba membuka 127.0.0.1 dalam koneks IPv4 maka akan memicu loopback. Anda juga dapat memulai loopback pada koneksi IPv6 dengan memasukkan:1.

Sobat Unlimited, ada sebuah fakta menarik yang harus Anda ketahui tentang bagian pertama dari alamat tersebut, yaitu angka 127. Angka tersebut hanya dicadangkan untuk loopback. Karena alasan inilah Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP) akan segera mengenali bahwa Anda ingin menghubungi komputer Anda sendiri setelah memasukkan alamat apa pun yang dimulai dengan angka-angka ini.

Inilah kenapa, tidak ada satupun website di dunia yang tidak dapat memiliki alamat IP yang dimulai dengan 127. Jika ini dilakukan, tindakan ini  akan membuat perangkat melakukan loopback; yang merupakan antarmuka virtual dalam system operasi komputer Anda.

Fungsi Localhost

Anda tentu sudah mengetahui pengertian localhost diatas. kemudian akan timbul pertanyaan, jadi apa yang bisa kita lakukan dengan localhost? Meskipun kegunaannya terlihat sederhana, localhost berguna jika Anda adalah seorang yang mengerti komputer dan jaringan. Secara umum, terdapat tiga keuntungan yang ditawarkan oleh localhost:

  • Uji Coba Situs dan Aplikasi Web Secara Offline

Fungsi pertama dari localhost adalah untuk menguji coba website dan aplikasi web secara offline. Seperti yang telah dibicarakan pada awal artikel ini, fungsi utama localhost adalah memungkinkan Anda untuk mengakses website yang Anda jalankan, langsung dari komputer Anda. Terlebih jika Anda adalah seorang pengembang website.

Dengan localhost, Anda bisa memastikan bahwa website atau aplikasi yang Anda buat telah bekerja dengan baik sebelum diunggah ke server online. Tentu untuk melakukan semua itu, Anda harus menggunakan layanan hosting. Hanya saja, membuat website secara offline tidak memerlukan tambahan biaya apapun. Anda juga tak perlu memikirkan tentang batasan bandwith yang mungkin Anda dapatkan.

  • Cek koneksi internet

pengertian localhost

Siapa sangka, localhost juga dapat digunakan untuk memeriksa koneksi internet Anda. Untuk dapat melakukannya, Anda hanya perlu membuka Command Prompt untuk system operasi Windows atau menggunakan Terminal untuk Anda pengguna Mas OS dan mengetikkan “ping localhost” atau “ping 127.0.0.1. setelah itu, tekan tombol enter dan lihatlah hasilnya.

  • Blokir Akses ke Situs Tertentu

Sobat, tahukah Anda akses ke sebuah website dapat terjadi karena Domain Name Server (DNS) memberikan IP Address dari alamat dari alamat website yang dimasukkan ke address bar website Anda.

Untuk mempermudah proses tersebut, computer Anda dapat menyimapn setiap alamat website yang pernah ia akses beserta alamat IP mereka dalam file pengaturan bernama host file.

Jika Anda menginginkan computer tidak ingin digunakan untuk mengakses website tertentu, Anda dapat mengganti alamat IP mereka dengan 127.0.0.1 yang merupakan alamat localhost. Apabila me telah merubahnya, nantinya akan muncul popup bahwa website tidak dapat diakses.

Web Server Localhost

Untuk bisa menjalankan situs, Anda harus memiliki aplikasi web server seperti NginX dan Apache. Sekalipun bahwa kenyataan bahwa server web hosting merupakan bagian dari perangkat komputer. Hal tersebut berguna bagi server local atau personal computer yang dijadikan sebagai sebuah server. Berikiut ini adalah kumpulan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat localhost:

  • AMPPS

pengertian localhost

AMPPS adalah sebuah aplikasi localhost bebasis open source. Di dalamnya, Anda dapat menemukan Apache, MySQL, MongoDB, PHP, Perl, Python, dan Softaculous Installer. Dan karena memiliki fitur aplikasi installer Softaculous, Anda  bisa memasang aplikasi web seperti WordPress, Joomla, dan Drupal hanya dengan beberapa kali klik. Sangat mudah. Hanya saja, untuk menjalankan Softaculuous, Anda membutuknan koneksi internet.

AMPPS dapat dijalankan pada system operasi Windows, Linux, dan Mas OS X.

  • WampServer

Menggunakan WampServer, memungkinkan Anda untuk memasang Apache, MySQL dan PHP di server local. Dan untuk mendapatkan dan menggunakannya, semua tanpa biaya alias gratis. Hanya saja, WampServer memiliki kekurangan menurut kami sangat besar. Ia hanya diperuntukkan bagi komputer yang menggunakan system operasi Windows.

  • XAMPP

XAMMP adalah aplikasi pembuat localhost yang paling popular. Aplikasi yang satu ini adalah hasil dari pengembangan Apache yang menggunakan MariaDB untuk databasenya. Sedangkan untuk Bahasa pemrogramannya sendiri menggunakan PHP dan Perl.

System operasi yang mendukukng penggunaan XAMMP sendiri tergolong luas. Aplikasi berbasis open source atau sumber terbuka ini bisa berjalan di system operai Windows, Linux, dan Mac OS X. Untuk bisa menggunakannya, Anda bisa mendownloadnya secara gratis.

Kesimpulan

Dalam jaringan computer, localhost adalah nama host yang berarti computer. Ini digunakan untuk mengakses layanan jaringan yang berjalan melalui tampilan antarmuka loopback. Sobat Unlimited, dengan menggunakan antarmuka loopback akan memintas setiap tampilan antarmuka perangkat keras. Demikianlah Pengertian localhost. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar localhost, atau tentang layanan Unlimited, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *