Tabel prefix memiliki pengertian sebagai sebuah awalan dari database yang nantinya akan dipakai untuk mengukur data dari sebuah database yang sudah tercampur antara satu jenis data dengan data lainnya. Umumnya, dari berbagai database yang ada, nantinya akan menggunakan prefix berupa tbl_, tb_, t_, dan lain sebagainya. Hal ini diterapkan mulai dari aplikasi yang bebas didownload maupun aplikasi yang berbayar. Pertanyaan yang banyak dipertanyakan adalah apakah ini memang diperlukan atau tidak. Berikut akan diulas secara lengkap tentang pengertian lebih dalam tabel prefix, kegunaan dan alasan penggunaanya.

Baca Juga: Cara Termudah Mempercepat Loading Website

Alasan Menggunakan Prefix Pada Tabel

Ada beberapa alasan signifikan kenapa tabel prefix itu sendiri memiliki fungsi signifikan yang bisa anda dapatkan didalamnya. Simak penjelasan selengkapnya yang bisa anda dapatkan di bawah ini:

Pengertian Tabel Prefix
unlimited.id

1. Sarana Untuk Membedakan Tabel Dengan View

Dalam tahapan yang awal inilah penggunaan tabel prefix tersebut difungsikan untuk menambahkan prefix pada bagian tabel dan akhirnya bisa membedakan antara view dengan tabel itu sendiri. Nantinya tabel tersebut akan diberi prefix tbl_ atau diberi tb_. Untuk bagian view itu sendiri nantinya akan diberi prefix dengan v_.

Model yang satu ini pada dasarnya memang cukup sering digunakan. Bahkan terkadang tanpa ada alasan khusus. Lalu apakah ini adalah sesuatu yang diperlukan. Jawabannya bisa YA dan bisa TIDAK tergantung dengan kebutuhan yang anda inginkan saat ini. Beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam alasannya adalah sebagai berikut:

  • Apa jadinya jika nanti tabel yang sudah dibuat berubah menjadi view, dan bagian yang view berubah menjadi tabel? Tentu asja pasti akan cukup sulit untuk merename kembali tabel itu sendiri. Anda tidak bisa mengubah semua query yang sudah ditulis dalam detail aplikasi terkait karena tentu saja melakukan itu semua pasti akan cukup memelahkan.
  • Untuk tahapan selanjutnya dalam aplikasi database management, misalnya pada penggunaan HeidiSQL, phpMyAdmin, MySQL Workbech, dan lain sebagainya. Tentu anda akan bisa dengan mudah membedakan mana yang view dan mana yang tabel.
  • Pada saat anda menulis SQL biasanya akan langsung kelihatan apa yang anda gunakan dalam query tersebut berbentuk tabel atau view. Dengan kata lain, sebetulnya tidak masalah apabila nantinya anda menggunakan view atau tabel itu sendiri. Anda pasti sudah memahami bahwa apa yang diubah itu sendiri sebetulnya adalah tabel buka view itu sendiri.
  • Tentu dalam hal ini akan repot menuliskan nama Foreign Key atau FK. Hal ini biasanya mengacu pada nama tabel yang terhubung. Tabel tentang produk dan kategori. Bagaimana nantinya anda akan menuliskannya jika rancu. Misal tb_produk_tb_kategori, atau v_produk_tb_kategori, apakah menurut anda ini tidak aneh?
  • Tentu dalam penggunaan tabel prefix ini harus disesuaikan dengan kenyamanan anda. Terkadang hal ini malah memberikan rasa ketidaknyamanan bagi penggunanya.

2. Terhindar Dari SQL Injection

Dalam beberapa tahapan penggunaan tabel prefix ini, salah satu alasan utamanya adalah untuk menghindarkan diri dari SQL Injection. Tentu saja hal ini juga memberikan berbagai macam alasan yang ada didalamnya itu sendiri. Pada penerapannya, memang hal ini cukup signifikan kegunaanya, tapi tentu dalam beberapa kasus anda juga bisa kesulitan dalam menebak nama tabel yang terdapat dalam database itu sendiri.

Misal ada seorang attacker yang hendak mencari tabel yang berisikan data berupa username dan juga password, maka kemungkinan dia akan menduga bahwa tabel tersebut berasal dari tabel prefix user itu sendiri. Di sinilah kemudian, anda berharap dengan menambahkan tabel prefix semua masalah akan terselesaikan dan attacker tidak akan bisa menemukan apa yang diinginkannya dengan mudah. Beberapa CMS, misalnya WordPress bahkan menghadirkan prefix pada tabel terkait dengan Framework yang nantinya berperan penting dalam hal pemrograman seperti CI dan lain sebagainya yang jelas memberikan fasilitas penggunaan Prefix itu sendiri.

Apakah ini diperlukan? Sama seperti sebelumnya, jawabannya bisa YA dan bisa juga TIDAK. Ketika anda menerapkan tabel prefix ini, model tersebut sebetulnya termasuk dalam jenis Security Through Obscurity atau yang dikenal dengan keamanan dalam ketidakjelasan. Dari sini anda berharap dengan mengaburkan tabel maka akan membuat data klien anda semakin aman. Padahal, ada kalanya attacker pun juga akan bisa melihat dengan mudah selurun nama tabel yang terdapat didalamnya.

3. Satu Database Untuk Banyak Aplikasi

Pengertian Tabel Prefix
unlimited.id

Lalu alasan lainnya yang juga mendukung penggunaan tabel prefix adalah karena database terkait digunakan lebih dari satu aplikasi. Mari anda amati contoh sebagai berikut:

  • Misalnya saja anda memiliki dua blog, yaitu blog A dan juga blog B. Keduanya masing-masing menggunakan database yang sama. Lalu salah satu dari blog tersebut diberi tabel prefix untuk memberikan pembedaan.
  • Dalam kenyataanya, menerapkan tabel prefix tersebut anda mungkin berharap data tidak akan bentrok satu sama lain karena masing-masing di antaranya memiliki nama yang unik.
  • Dalam penerapannya, anda sebetulnya bisa melihat dalam platform WordPress. Di sini ada sebuah tulisah berupa if you want to run multiple wordpress installation in a single database, change this. Yang mana artinya adalah untuk menjalankan beberapa instalasi dalam WordPress di satu database, maka anda tinggal mengubah value atau nilai ini.
  • Dalam penggunaan tabel prefix ini biasanya lebih banyak digunakan dalam shared hosting. Dimana di sini anda juga akan bisa melihat bahwa semua itu akan bisa anda terapkan dengan metode yang mudah dan tepat di dalamnya.

Tips Penggunaan Tabel Prefix

Lalu adakah tips yang tepat dalam penggunaan terkait tabel prefix itu sendiri? Hal ini bisa anda terapkan dengan metode dan juga penerapan yang tepat ada didalamnya. Hal ini tentunya akan memberikan kepada anda alasan kenapa hal-hal terkait itu sendiri memang anda perlukan didalamnya. simak tips lengkapnya sebagai berikut:

  • Dari sini anda bisa melihat bahwa penggunaan tabel prefix harus digunakan dengan tujuan yang jelas. Coba anda lihat dari poin pertama dan poin ketiga di atas, mana yang sekiranya lebih jelas untuk anda gunakan.
  • Jangan sampai anda memanfaatkan tabel prefix ini untuk penggunaan yang sesat alias tidak jelas bagaimana penerapan dari penggunaanya itu sendiri. Dari sinilah semuanya memang pada dasarnya harus anda terapkan dengan tepat sasaran supaya nantinya hasil yang bisa anda peroleh pun juga akan tepat dan sesuai dengan tujuan awal anda menggunakannya itu sendiri.

Kesimpulan

Pengertian Tabel Prefix
unlimited.id

Dalam hal penerapan tabel prefix tersebut, sudah pasti anda akan bisa melihat bahwa hal ini akan mendatangkan kepada anda kemudahan dalam hal melakukan pengkonfigurasian terhadap beberapa hal yang berkaitan dengan CMS itu sendiri, khususnya bagi anda yang memanfaatkan prefix tersebut dalam platform seperti WordPress dan lain sebagainya. Maka prefix tersebut penggunaanya akan diterapkan dengan cara yang random dan sedikit meningkatkan keamanan jika memang itu keinginan anda.

Baca Juga: Cara Setup Custom Domain Email Gratis Di Yandex Mail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *