Siapapun pasti akan merasa kesal saat website yang sudah dibangun dengan biaya yang mahal, malah tidak bisa diakses. Tak sedikit pemilik situs yang rewel ketika mendapati kondisi seperti ini. 

Panik, nggak?, Panik, nggak? Ya, panik lah, masa, nggak! 

Ya, panik adalah respon yang normal bagi pemilik website saat situs down. Kamu bisa menghubungi penyedia hosting langganan. Tanyakan pada mereka, apa penyebab website mengalami down. Penyedia hosting terbaik, tentu saja siap mendengarkan keluhan dan memberikan solusi terbaik. 

Dan salah satu penyebabnya adalah server website down. Penting untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab server website down. Ini penting agar tidak mudah terjadi kepanikan saat server website down. 

Sobat Unlimited, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, tentang penyebab server website down. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Penyebab Server Website Down 

DNS Error

penyebab server website down

Penyebab server website down adalah DNS yang error. Domain Name System (DNS) memiliki fungsi sebagai server yang digunakan untuk mengetahui alamat IP suatu host terhadap host name. DNS sendiri memiliki peran yang penting bagi sebuah domain. Karena, apabila terjadi kesalahan pada pengaturan DNS bukan hanya mengakibatkan domain tak bisa diakses. Juga akan membuat kamu, sebagai pengguna tidak bisa mengirim dan menerima email.

Cara mengatasi DNS yang error adalah memeriksa konfigurasi DNS. DNS yang bermasalah dapat mengakibatkan server tak bisa ditemukan, dan website tak bisa diakses sama sekali. 

Akses IP Terblokir

Terlalu banyak mengakses server akan membuatmu dengan mudah dicurigai melakukan serangan DDos. Hal ini bisa mengakibatkan alamat IP-mu akan diblokir oleh firewall, yang sejatinya berfungsi untuk melindungi servermu. Apalagi, sistem firewall biasanya bekerja secara otomatis. Lalu ketika sistem server mendapati aktivitas yang mencurigakan, sistem tersebut secara otomatis akan melakukan pemblokiran.

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Jika mendapati masalah ini, alangkah baiknya bertanya pada penyedia hosting, bagaimana cara mengatasi alamat IP yang terblokir. Penyedia hosting yang baik akan memberikan solusi pada pelanggannya seoptimal mungkin. Jadi, jangan sampai salah memilih penyedia hosting untuk websitemu. 

Pemadaman Listrik

Pemadaman listrik atau power outage dapat berdampak bahaya bagi instrumen IT. Peristiwa pemadaman yang mendadak bisa terjadi pada data center ataupun lokasi para jaringan internet. Untuk itu, Unlimited melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah terjadinya power outage pada data center yang dimiliki. 

Bencana Alam

Saat bencana alam terjadi, sangat sering dijumpai bagaimana sulitnya mengakses internet dari lokasi bencana alam. Ya, karena bencana alam adalah hal yang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya. 

Oleh karena itu, penting bagi sebuah penyedia hosting untuk menyiapkan DRP atau Disaster Recovery Plan. Dengan memiliki disaster recovery plan yang baik, provider hosting dapat meminimalkan kerugian atau bahkan mampu menghindari server down karena bencana alam.

Salah satu contoh penerapan Disaster Recovery Plan adalah penempatan server pada lokasi dengan potensi bencana alam yang kecil. Sebagai contoh, banyak penyedia hosting yang menempatkan servernya di Singapura. Mengapa? Hal ini disebabkan letak Singapura yang jauh dari gunung api, lempeng bumi aktif, sehingga kecil kemungkinan terjadinya bencana alam berskala besar di sana. 

Data Center Down 

penyebab server website down

Data center yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab server website down. Sebagai pengguna, kadang kita tidak mengetahui apa yang terjadi di data center. Bagaimana backup data, sinkronisasi data, dan banyak aktivitas lainnya. Untuk itu, Unlimited berkomitmen untuk memastikan data center tetap berfungsi normal. Sehingga risiko website down dapat diminimalkan. 

Diserang Hacker

Dunia maya adalah dunia yang kejam, bagi sebagian orang. Serangan hacker ini mungkin saja terjadi jika website Anda memiliki celah keamanan yang tidak Anda sadari sebelumnya. Celah keamanan ini sangat mungkin terjadi karena kelalaian pengguna sendiri.

Misalnya karena Anda tidak logout dari website. Atau juga bisa disebabkan karena kamu mengakses data penting di tempat public. Oleh karena itu pastikan untuk selalu menghapus history penelusuran dan cache browser setiap usai mengaksesnya menggunakan akses publik. Situasi seperti inilah yang kadang dimanfaatkan peretas untuk mencari korbannya. 

Traffic yang Naik Mendadak

Lalu lintas yang naik mendadak juga bisa menjadi penyebab web server down. Misalnya, kamu memiliki konten yang mendadak viral di website. Dengan viralnya konten tersebut, serta merta akan meningkatkan angka kunjungan secara mendadak ke website. Kenaikan jumlah pengunjung yang mendadak ini dapat membuat website down karena melebihi kapasitas disk space di pada paket hosting yang kamu gunakan.

Sebagai pemilik situs, tentu kamu tidak mau website tidak dapat diakses, bukan? Cara untuk mengatasi server down yang satu ini adalah segera menghubungi penyedia hosting di mana kamu berlangganan. Diskusikan dengan mereka untuk mencari solusi terbaik dari masalahmu. Terlebih lagi, kini hampir semua penyedia hosting memiliki tim support yang bekerja 24 jam sehari dalam seminggu. Faktor support ini juga harus menjadi pertimbanganmu ketika akan memilih penyedia hosting. 

Single Point Failure

Single Point of Failure adalah salah satu kelemahan dari sebuah sistem. Ketika terjadi error atau kegagalan sistem, dapat mengakibatkan seluruh sistem berhenti berfungsi. SPOF ini dapat dihilangkan dengan cara merancang perencanaan yang baik. Segala hal yang berkaitan dengan perencanaan pemilihan software dan hardware berikut monitoring dan pengawasan yang disiplin, agar sistem dapat berjalan baik secara keseluruhan. 

Aplikasi dan Plugin Bajakan

Menggunakan aplikasi dan plugin bajakan juga dapat berkontribusi sebagai penyebab server yang down. Satu hal yang harus kamu ketahui adalah, penggunaan aplikasi bajakan pada website bisa mempengaruhi kestabilan pada website dan juga hosting. Jadi, jangan sembarangan menginstal aplikasi atau plugin yang tidak jelas.

Baca Juga : Mengenal CRM Beserta Manfaatnya

Sebagai upaya pencegahan, kamu bisa berkonsultasi dengan penyedia hosting lebih dulu sebelum menginstal plugin, diluar plugin yang diberikan penyedia hosting. Ini penting dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman yang dapat berujung pada pemblokiran websitemu karena penggunaan plugin atau aplikasi bajakan. 

Kerusakan Hardware

penyebab server website down

Bagaimanapun, server adalah sebuah mesin yang memiliki tugas berat. Dan akan ada masa perangkat keras di server mengalami masalah dan itu akan sangat merepotkan. Penanganan termudah dari kerusakan hardware pada server ialah dengan melakukan penggantian perangkat secara berkala. Jadi, pastikan penyedia hosting pilihanmu komunikatif. Jadi, setiap ada pemeliharaan, selalu dikomunikasikan dengan pelanggan. 

Penutup

Itulah tadi penyebab server website down. Memang, server down akan terasa menyebalkan. Solusinya tentu saja, jangan sampai salah saat memilih penyedia hosting saat membuat website. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *