Kalau kamu adalah pemilik website WordPress, salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah mendapatkan hasil pencarian teratas di mesin pencari. Bukan tanpa alasan memang, kenapa pemilik web dan blogger menginginkan hal ini. Semakin tinggi hasil pencarian di Google, maka akan semakin banyak traffic website yang akan masuk. Semakin tinggi traffic, semakin besar peluang terjadinya konversi menjadi leads atau konsumen. Sedangkan bagi blogger, traffic yang tinggi bisa menjadi modal untuk mendaftar menjadi mitra Google AdSense. 

Diperlukan berbagai teknik SEO yang efektif agar websitemu bisa mendapatkan peringkat yang bagus di halaman hasil pencarian Google. Untuk bisa menjalankan teknik SEO dengan baik, di WordPress ada banyak sekali plugin yang bisa dipilih. 

Mengoptimasi situs untuk mesin pencari dapat membantumu mendapatkan peringkat yang tinggi. Dan situsmu dapat berkembang lebih besar lagi. 

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu semua tentang plugin SEO WordPress terbaik. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengapa Butuh Plugin SEO? 

WordPress adalah sebuah content management system (CMS) dengan pengguna terbesar sampai saat ini. Salah satu penyebabnya, karena WordPress memiliki banyak plugin yang super lengkap. Salah satunya, ya, plugin SEO. 

Secara default, sebenarnya WordPress telah dirancang agar ramah SEO dan mesin pencari. Namun, agar lebih maksimal, penggunaan plugin SEO juga masih dibutuhkan. 

Plugin SEO WordPress Terbaik 

Kalau kamu sedang mencari plugin SEO WordPress terbaik untuk blog dan situsmu, kami punya daftarnya, lho, Sobat. Berikut plugin SEO WordPress terbaik yang harus kamu tahu: 

1. Yoast SEO

Membicarakan plugin SEO di WordPress, tentu saja tidak lengkap kalau tidak menyebut satu nama: Yoast SEO. Yoast SEO adalah salah satu plugin terbaik dan terpopuler di pasar saat ini. Terbukti, Yoast SEO memiliki pengguna yang sangat banyak. Tercatat lebih dari 3 juta orang yang menggunakan plugin yang satu  ini. 

Bukan tanpa alasan mengapa Yoast SEO begitu populer. Selain memiliki fitur SEO dasar, seperti menambahkan SEO title dan meta description, Yoast SEO juga memiliki fitur spesial. 

Yang spesial dari Yoast adalah tersedianya fitur yang bisa memberikan saran terbaik untuk implementasi keyword, URL, tag, dan lainnya. Sehingga, artikel yang kamu buat akan lebih SEO friendly. 

Selain optimasi postingan, Yoast juga dapat digunakan untuk optimasi pada kategori, breadcrumbs, dan aneka optimasi SEO lainnya. Dan sama seperti AIOSEO, ada dua versi Yoast SEO yang bisa digunakan. Yaitu versi gratis dan versi berbayar. 

2. Google XML Sitemaps

Kalau ingin situsmu lebih lebih cepat diindeks oleh Google, maka sangat penting untuk membuat sitemap atau peta situs. Sitemap XML berfungsi untuk membantu mesin pencari, seperti Google dan Bing, agar lebih cepat mengindeks situsmu. 

Dengan adanya sitemap, robot txt Google akan lebih cepat saat mengindeks situsmu. Dan plugin Google XML Sitemaps akan memberitahu kepada robot pengondeks saat ada postingan baru yang terbit. 

3. Broken Link Checker

Sobat Unlimited, SEO tidak hanya berbicara tentang kata kunci dan konten. Pengalaman pengguna juga dapat memberikan pengaruh pada SEO situsmu. Salah satu pengalaman  pengguna yang kurang mengesankan terjadi misalnya, jika ada broken link atau link mati. Untuk mendeteksi adanya link mati di situs, kamu bisa menggunakan plugin Broken Link Checker. 

Broken Link Checker dapat bekerja untuk memantau link yang ada di situsmu. Jika terdapat link yang rusak atau sudah mati, kamu akan mendapatkan notifikasi dan mengetahuinya segera. 

Mesin pencari, seperti Google akan memberikan nilai yang buruk pada website yang memberikan tautan yang rusak pada pengunjung. Hal ini dapat memberikan efek buruk ke websitemu. Peringkatnya bisa saja turun, karena kualitas website yang dianggap jelek. 

4. All in One SEO Pack (AIOSEO)

Di daftar selanjutnya plugin SEO WordPress yang harus kamu tahu adalah, All in One SEO Pack (AIOSEO). AIOSEO adalah salah satu plugin SEO WordPress terbaik dan terpopuler saat ini. Bagaimana tidak, AIOSEO saat ini digunakan lebih dari dua juta pengguna WordPress. 

Fitur yang ada di plugin ini dirancang khusus agar situs milik penggunanya lebih SEO friendly. 

Baca Juga : Plugin WordPress Terbaik dan Gratis yang Bisa Diinstall

Beberapa fitur yang dimiliki AIOSEO, antara lain: support Google Analytics, membuat sitemap XML, optimasi judul, meta tag, dan masih banyak lagi lainnya. 

Untuk bisa menggunakannya, AIOSEO memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. 

5. W3 Total Cache 

Plugin SEO WordPress terbaik selanjutnya adalah W3 Total Cache. Ini adalah plugin WordPress yang banyak digunakan untuk mengelola cache dan sudah sangat populer.W3 Total Cache setidaknya telah diinstall sampai 1 juta kali oleh pengguna WordPress. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Bukan tanpa alasan kenapa W3 Total Cache banyak digunakan. Salah satunya karena kemampuannya untuk menghemat penggunaan bandwidth dengan melakukan minify dan menyederhanakan file pada sebuah website. Tak hanya itu, W3 Total Cache juga dapat terintegrasi dengan CDN tanpa kendala berarti. Dengan kemampuan ini, tentu saja waktu loading situsmu akan semakin cepat. 

6. WP Super Cache 

Selain W3 Total Cache, plugin caching yang juga bagus dan digunakan oleh banyak pengguna WordPress adalah WP Super Cache. Dengan pengguna aktif mencapai 1 juta akun, WP Super Cache berguna memuat file HTML statis untuk situs WordPress-mu. Kecepatan loading juga akan lebih tinggi lagi. 

Semakin cepat loading time sebuah website, semakin besar peluang pengunjung untuk berlama-lama di situsmu. Yang mana, hal ini sangat disukai oleh mesin pencari. 

7. SEO Internal Links

Plugin SEO selanjutnya adalah SEO Internal Links. SEO Internal Links adalah plugin yang berguna untuk membuat tautan internal secara otomatis, untuk keyword tertentu, ke postingan, halaman, atau tag di situsmu. Jadi, kamu tak perlu pusing lagi membuat tautan internal secara manual. 

8. Rel Nofollow Checkbox

Jika kamu tak mau memberikan backlink ke situs lain, kamu bisa menggunakan plugin Rel Nofollow Checkbox. Dengan plugin satu ini, nantinya akan ada  pilihan untuk menambahkan checkbox nofollow pada tautan yang ada di artikelmu. 

9. Redirection

Jika ingin mengatur redirect URL yang ada di situs WordPress, kamu bisa menggunakan plugin bernama Redirection. Plugin ini akan sangat berguna saat kamu melakukan migrasi dan terjadi perubahan pada direktori instalasi WordPress. 

Penutup

Mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil pencarian adalah tujuan banyak blogger dan pemilik situs. Dan salah satu cara untuk membantu mencapainya adalah menggunakan plugin SEO WordPress terbaik. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *