Remote database menggunakan SQLyog akan memberikan kemudahan yang anda butuhkan dalam rangka melakukan pengelolaan terhadap Database yang anda miliki. Dengan cara inilah maka Database yang anda pergunakan tersebut akan lebih mudah digunakan dan juga bisa diterapkan sesuai dengan kapasitas aplikasi yang dibutuhkan itu sendiri. Dari sinilah anda akan mampu mendapatkan berbagai kemudahan yang anda butuhkan dalam menerapkan itu semua. Sebagai informasi tambahan, anda bisa menggunakan aplikasi ini secara simple karena kapasitasnya yang hanya 5 MB. Dari sini membuat SQLyog akan menjadi suatu metode yang jelas sangat praktis dan juga mudah.

Perlu diketahui bahwa SQLyog adalah sebuah aplikasi Client MySQL yang memiliki peran penting dalam penggunaan database. Hal ini dikarenakan aplikasi yang satu ini memiliki sisi praktis dan juga cukup user friendly ketika digunakan. Anda bisa menggunakan aplikasi dengan Size Mega Bytes rendah ini dengan mudahnya.

Terkait mengenai cara remote database menggunakan SQLyog yang bisa diterapkan, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga: Cara Setup Custom Domain Email Gratis Di Yandex Mail

Panduan Remote Database Menggunakan SQLyog

Remote Database Menggunakan SQLyog
unlimited.id
  1. Tahap awalnya bisa dimulai dengan melakukan Login terlebih dahulu pada bagian cPanel. Kemudian, dari sini anda bisa tinggal mencari saja menu Databases yang terdapat didalamnya. Kalau sudah ketemu, maka tahapan lanjutan yang bisa anda pilih adalah pada bagian Remote MySQL. Kemudian, silahkan klik saja langsung pada bagian tersebut.
  2. Pada bagian inilah anda bisa langsung menambahkan IP Public yang anda pergunakan saat ini. Sudahkah anda mengetahui bagaimana cara melakukan pengecekan terhadap IP Public? Jika belum, maka anda bisa mengaksesnya dengan mudah lewat www[dot]indoip[dot]com atau dengan memanfaatkan media lainnya.
  3. Kalau sduah mendapatkan IP Address yang anda miliki, maka di sini anda bisa masuk ke kolom Host yang terdapat pada bagian menu Add Access Host didalamnya. Kemudian dari sini anda bisa memasukannya ke Remote MySQL itu sendiri.
  4. Lalu tahap terpenting berikutnya adalah mengisikan pada bagian Komentar jika diperlukan. Apabila sudah, maka anda bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu dengan menekan ADD HOST. Dari sini nantinya akan muncul pesan jika anda berhasil melakukannya dengan sukses.
  5. Apabila IP Public jaringan terkait sudah dimasukan, maka anda bisa membuka aplikasi remote database pada komputer yang memakai SQLyog itu sendiri. Di siinlah anda akan mendapatkan berbagai tampilan yang utama, mulai dari MySQL Host Address, Username, Password, Port, Database, dan lain sebagainya.

Penjelasan Mengenai Keterangan Bagian SQLyog

Berikut adalah beberapa penjelasan yang perlu anda pahami dalam remote database menggunakan SQLyog tersebut, simak selengkapnya berikut ini:

  • Saved Connection: Merupakan sebuah fasilitas yang berisikan nama koneksi database yang terdapat didalamnya.
  • MySQL Host Address: Memberikan fasilitas berupa IP Server Host Tujuan tempat server database itu sendiri berada.
  • User Name: Menyediakan informasi tentang User Name Database yang bisa anda pergunakan didalamnya.
  • Password: Menyajikan informasi tentang Password Username Database yang terdapat didalamnya.
  • Port: Memberikan informasi tentang Port Remote database menggunakan SQLyog dimana default-nya adalah 3360.
  • Database: Ini adalah nama database dalam remote database menggunakan SQLyog yang perlu anda ketahui.

Apabila seluruh data yang ada di atas sudah terisi dengan lengkap dan benar, maka tahapan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memilih CONNECT. Maka, dengan ini tahapan untuk remote database menggunakan SQLyog sudah selesai.

Tips Dalam Remote Database Menggunakan SQLyog

Remote Database Menggunakan SQLyog
unlimited.id

Pada penerapan remote database menggunakan SQLyog ini, tentu saja ada beberapa poin penting yang perlu anda pahami. Di sinilah perlu sekali bagi anda untuk mengetahui apa saja yang sebaiknya perlu anda terapkan didalamnya. Sehingga hasilnya nanti akan benar-benar memuaskan dan juga sesuai dengan apa yang anda perlukan didalamnya. Penerapannya bisa anda coba sebagai berikut:

  1. Tahapan awalnya adalah dengan melakukan Test Connection. Hal ini bisa anda lakukan dalam rangka melakukan pengecekan apakah data yang anda input tersebut sudah benar atau belum.
  2. Apabila data yang anda masukan tersebut sudah benar dan koneksinya sukses, maka anda bisa memilih CONNECT untuk tahapan lebih lanjut yang bisa anda terapkan dan coba didalamnya.
  3. Perlu diingat pula bahwa ada sejumlah provider yang tidak mengizinkan adanya remote database menggunakan SQLyog ini. Jadi sudah pasti solusi terbaik yang bisa anda lakukan adalah bertanya langsung kepada provider terkait.
  4. Gunakan layanan jasa domain hosting yang terpercaya supaya anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas terkait layanan yang anda gunakan. Serta ini akan berguna untuk manfaat yang bisa anda temukan nanti dalam jangka panjang.

Permasalahan Yang Sebaiknya Diantisipasi

Dalam penerapan remote database menggunakan SQLyog tersebut, tentu saja ada beberapa masalah yang sebaiknya perlu diantisipasi sejak dini. Dengan adanya penerapan yang tepat, maka hal tersebut akan bisa anda cegah dengan baik, salah satu yang sering muncul misalnya adalah Error 1045. Hal ini identik dengan sebutan 1045 – access denied for user. Dari sini anda bisa melihat apabila masalah yang satu ini terjadi, maka perlu dilakukan pengecekan ulang dan juga hal-hal lainnya yang perlu anda amati kembali didalamnya. Solusinya antara lain sebagai berikut:

  • Cek ulang password cPanel yang anda miliki. Biasanya banyak sekali pengguna yang terhubung dengan cara remote memakai Username dan Password cPanel itu sendiri, tanpa memakai akun tunggal yang kemudian memakai level akses administrative. Perlu diketahui bahwa cara yang satu ini kurang disarankan karena akan membingungkan. Pasalnya, hal ini akan menyebabkan yang namnya gangguan koneksi. Kemudian, dalam tahapan yang lebih lanjut, akan mengganggu penerapan remote database menggunakan SQLyog yang anda lakukan itu sendiri. Prosedur umum dalam mengatasi hal ini bisa dengan mengubah kembali passwordnya supaya anda nanti bisa melakukan koneksi kembali dengan cara yang normal.
  • Lalu yang mesti anda cek dengan baik adalah memastikan bahwa IP yang terhubung itu sendiri tidak berubah. Semua pengguna tentu pasti mempunyai IP Address. Di sini yang perlu anda perhatikan bahwa ISP atau penyedia layanan internet bisa sewaktu-waktu mengubah IP Address yang anda miliki. Dari sinilah kenapa anda sebaiknya perlu untuk selalu melakukan pengecekan terhadap IP Address terkait supaya proses remote database menggunakan SQLyog bisa berjalan lancar.

Penutup

Remote Database Menggunakan SQLyog
unlimited.id

Sekian panduan tentang remote database menggunakan SQLyog. Sebagai reminder utama, pastikan bahwa IP Address yang anda pergunakan dalam proses ini sudah masuk dalam daftar IP Address yang diizinkan penggunaanya. Satu hal yang pasti, jika IP Address tersebut belum tercantum di daftar tambahan IP Address terkain, maka anda bisa memasukannya kembali, kemudian menghubungkannya secara remote kembali guna mendapatkan hasil yang anda butuhkan didalamnya. Cukup mudah, bukan?

Baca Juga: Cara Membuat SEO Website Builder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *