Setting Custom Domain Id ke Blogspot tentunya bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Sebagaimana diketahui, ada banyak sekali cara untuk melakukan konfigurasi terhadap website yang anda miliki. Berbagai macam cara bisa diterapkan supaya bisa mendapatkan semua yang diinginkan dengan mudah dan signifikan. Bagi anda yang ingin meraskaan bagaimana mengaplikasikan itu semua, sudah pasti hal ini anda coba dari sekarang. Misalnya saja, anda yang sejak awal sudah punya blog dengan nama blospot.com. Bisakah nantinya blog tersebut diubah menjadi .co.id? Jawabannya adalah ya BISA. Berikut adalah panduan melakukan itu semua. Untuk info lebih jelas tentang domain hosting tersedia di unlimited.id.

1. Login Ke Blogspot

Setting Custom Domain id ke Blogspot

unlimited.id

Tahap awal dalam Setting Custom Domain Id ke Blogspot yang bisa anda lakukan adalah dengan masuk ke halaman Blogger.com anda terlebih dahulu. Dari sini anda kemudian bisa pilih Setelah à Dasar à Simpan URL Pihak Ke-3 Untuk Blog Anda. Jika sudah, maka anda bisa menerapkan langkah berikutnya.

2. Lakukan Pengaturan Akun

Tahap kedua dalam Setting Custom Domain Id ke Blogspot yang bisa dilakukan adalah dengan memasukan saja nama domain ID yang anda pergunakan. Dari sinilah anda bias melakukan kustomisasi terhadap website yang anda miliki tersebut. Pastikan diawali dengan www di bagian depan. Jika sudah, maka yang bisa anda lakukan adalah menekan tombol Save atau Simpan.

3. Cek Kode CNAME Record Yang Muncul

Tahapan berikutnya yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut, yaitu dengan melihat pada bagian CNAME. Di sini anda akan melihat Name, Label, Or Host Field, Destination, dan lain sebagainya. CNAME inilah yang nantinya akan digunakan untuk konfigurasi pada domain anda berbentuk Id nanti.

4. Masuk Ke Client Area Hosting Anda

Setting Custom Domain id ke Blogspot

unlimited.id

Sudah siap ke tahapan selanjutnya? Pastikan dulu anda sudah menggunakan layanan hosting domain. Dari sinilah anda kemudian bisa masuk ke bagian Client Area dari layanan domain hosting yang terdapat di dalamnya. Dari sinilah yang bisa anda lakukan adalah dengan memasukan Password dan juga Username yang dimiliki. Sebagai informasi tambahan Username dan Password ini adalah yang anda gunakan ketka melakukan registrasi pembelian domain atau hosting itu sendiri

5. Pilih Domain Yang Diinginkan

Tahapan berikutnya dalam Setting Custom Domain Id ke Blogspot ini adalah memilih domain yang anda inginkan. Anda tentunya juga tak perlu cemas karena semua akan tersedia dengan mudah dan signifikan di halaman Client Area yang anda milikli. Dari sinilah anda bisa memulai dengan memilih menu Domain yang tertera pada bagian Sidebar yang berada di sebelah kirinya.

6. Pilih Blogger Settings

Untuk tahapan berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih Blogger Settings yang tersedia di dalamnya. Dari sini anda akan melakukan pengelolaan terhadap hal yang berkaitan dengan DNS pada Client Area. Lakukan kustomisasi dengan cara yang tepat, yaitu dengan memilih opsi Settings yang terdapat di dalamnya.

7. Pilih Host Anda Record Unik Google

Setting Custom Domain id ke Blogspot

unlimited.id

Masukan pada bagian dalamnya, halaman host dan record yang digunakan untuk menerapkan Setting Custom Domain Id ke Blogspot yang anda butuhkan. Dalam hal ini, anda juga bisa menghubungi tim IT dari jasa domain hosting yang anda gunakan itu sendiri.Alhasil, anda akan mendapatkan solusi dan pencerahan dengan segera nantinya.

8. Kustomisasi Domain Telah Berhasil

Tunggulan beberapa saat setelah melakukan proses di atas, maka kini penerapan dari kustomisasi domain yang anda lakukan telah berhasil. Anda pun kini tak lama lagi akan bisa menikmati blog baru anda dengan domain ID yang anda tunggu-tunggu selama ini. Tentu saja ini adalah kabar gembira yang bisa anda coba dan terapkan di dalamnya. Sudah pasti akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa anda peroleh di dalamnya.

9. Lakukan Pengecekan DNS

Pada tahapan berikutnya, anda bisa melakukan pengecekan terhadap DNS yang ada di dalamnya terlebih dahulu. Pengecekan ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan hasil yang diperlukan di dalamnya. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam hal ini antara lain adalah Menu Domains, lalu klik Adds On. Kemudian, anda hanya tinggal masuk ke DNS Zone Manager. Di sinilah anda bisa menekan klik Manage DNS untuk langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan.

10. Lakukan Pengaturan Lewat Akun Blogspot Anda

Pada langkah berikutnya, anda bisa masuk kembali ke menu Settings – Dasar yang terdapat di dalamnya. Di sinilah anda kemudian bisa mengeklik pada bagiam Simpan URL Pihak Ke-3 Untuk Blog Anda. Pada akhirnya nanti, anda pun akan mampu mendapatkan semua yang dibutuhkan. Dari sini Blogger anda tersebut akan masuk dalam status propagasi pada bagian DNS. Diperlukan waktu kurang lebih 24 jam untuk semua proses tersebut agar bisa selesai dan berjalan sesuai dengan yang anda inginkan.

11. Setting HTTPS Blogger Anda

Dalam tahapan selanjutnya Setting Custom Domain Id ke Blogspot, anda bisa mencoba untuk melakukan setting pada bagian HTTPS supaya nantinya website dengan domain baru anda ini tetap aman digunakan. Tambahkan saja HTTPS yang dibutuhkan, kemudian dari sini anda tinggal menekan tombol YES untuk menyelesaikan semua proses yang telah dilakukan ini.

Keunggulan Dari Domain Id

Tentu sampai di sini anda juga akan bertanya-tanya, apa sebetulnya keunggulan dari Domain Id itu sendiri.Dari sinilah anda akan bisa melihat bahwa manfaat yang ada di dalamnya pada dasarnya memang ada banyak sekali. Dengan penerapan manfaat yang tepat tersebut, sudah pasti akan lebih banyak lagi hasil dan keuntungan yang akan mampu dan bisa anda peroleh di dalamnya, salah satunya adalah sebagai berikut:

  • Anda akan memiliki domain yang lebih bergengsi. Di sisi lain Setting Custom Domain Id ke Blogspot tersebut juga tidak sesulit yang anda bayangtkan. Jadi anda tinggal langsung saja menerapkan semua yang anda butuhkan tersebut dari sekarang. Tidak ada tyang perlu anda khawatirkan atau cemaskan lagi karena kini anda akan memiliki blog yang lebih berkelas dari sebelumnya.
  • Popularitas dari domain ID itu sendiri cukup digandrungi di berbagai kalangan. Banyak sekali orang yang menggunakan domain Id tersebut untuk website yang dimiliki. Sebagaimana diketahui, agar anda bisa tampil lebih percaya diri dengan website yang dimiliki, beberapa langkah sebaiknya harus anda terapkan salah satunya adalah langkah yang satu ini.
  • Di sinilah semuanya itu akan mampu memberikan kepada anda keberhasilan dan juga sesuatu yang berbeda di dalamnya. Ada kebanggaan tersendiri ketka memiliki website yang terlihat istimewa dan juga profesional. Dari sinilah semakin banyak rasa nyaman dan kebanggaan yang akan bisa anda dapatkan.

Sekian ulasan mengenai Setting Custom Domain Id ke Blogspot, segera ambil langkah signifikan untuk peningkatan tampilan website anda.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan FTP Pada Localhost Atau Xammp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *