Membicarakan teknologi informasi dan pemerintah, tidak sedikit yang merasa bahwa instansi pemerintahan masih belum optimal. Ya, salah satunya yang paling mudah dilihat adalah kemudahan publik mendapatkan informasi dari kebijakan yang dibuat pemerintah. Sangat jarang bagi publik untuk mendapatkan informasi publik dengan mudah, yang dapat diakes dari mana saja. Pernahkah Anda kesulitan mendapat informasi publik? 

Sebenarnya, salah satu cara yang mudah untuk membagikan informasi pada publik adalah menggunakan website. Namun, tak jarang, kita mendapati website milik instansi pemerintah memiliki tampilan yang, bisa dikatakan kurang menarik. Tak hanya kurang menarik, seringkali juga kurang fungsional. Dan untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan template WordPress yang memang cocok digunakan untuk instansi pemerintah. 

Maka dari itu, pada artikel kali ini, Kami akan berbagi pada Sobat Unlimited, tentang template WordPress untuk instansi pemerintah. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Template WordPress Untuk Instansi Pemerintah

Liberty

Template WordPress untuk pemerintah pertama yang bisa Anda coba adalah WordPress. Liberty adalah template WordPress hasil rilisan Themeblossom. Bisa dibilang, tema ini memang dibuat khusus sebagai tema untuk website resmi pemerintahan, atau hal-hal yang terkait dengan kegiatan politik. 

Sekilas, tampilan utama Liberty layaknya seperti tampilan website pemerintah Amerika Serikat beberapa tahun lampa. 

Template dengan logo yang terletak di tengah ini sangat khas dan memberikan kesan formal dan sangat cocok jika digunakan untuk lembaga negara dalam berbagai tingkatan. Mulai dari kepresidenan, kementerian, maupun pemerintah daerah dan yang terkait. 

Untuk bisa menggunakan template yang satu ini, Anda harus merogoh kocek sebesar 39 Dollar Amerika. Ya, tergolong murah, sebenarnya, karena izin penggunaannya yang tanpa batas. Namun, untuk mendapatkan dukungan tambahan, Anda harus memperpanjang izinnya. 

Liberty bisa Anda dapatkan lewat situs marketplace tema di Themeforest. Dan tema ini sudah terjual sampai 700an. 

Baca Juga : Cara Setting WP Super Cache Biar Website Lebih Cepat

CityGov

Template WordPress yang bisa Anda coba selanjutnya adalah CityGov. CityGov memiliki cukup banyak fitur website modern. Antara lain, tampilannya yang responsif, dan tema dengan kesan formal yang sangat cocok untuk karakter instansi pemerintahan. 

CityGov merupakan template WordPress komersial yang bisa Anda beli dengan harga 54 Dollar Amerika di marketplace Themeforest. Apalagi, yang menggunakan template ini juga masih sedikit, baru digunakan kurang dari 400 pengguna. Jadi, tampilan instansi Anda akan bisa berbeda dengan instansi lainnya. 

Hal yang menyenangkan dari template ini adalah, CityGov sudah kompatibel dengan site builder Elementor, salah satu site builder paling laris di WordPress. 

Campaign

Tema selanjutnya adalah Campaign. Campaign sendiri adalah template keren dan yang cukup rapi. Dengan template ini, Anda dapat mengatur website institusi pemerintahan yang baik, dan dapat menarik minat publik. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendorong keterlibatan masyarakat pada kegiatan-kegiatan pemerintah. 

Pada dasarnya, Campaign memang sepenuhnya kompatibel dengan WooCommerce. Jadi, Anda bisa sekaligus misalnya, menjual produk yang ada di wilayah Anda. Selain itu, Campaign juga dapat terintegrasi dengan plugin Events. Karenanya, Anda juga bisa membuat acara di komunitas Anda. 

City of WP 

Selanjutnya ada nama City of WP. City of WP adalah template WordPress buatan pengembang tema, yaitu Dannci. Template ini juga dibuat dengan template khusus pemerintahan yang dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengembangkan website instansi pemerintah menggunakan WordPress. 

City of WP sendiri cukup disukai karena pada bagian header, yang dapat mengakomodasi penggunaan logo yang cukup panjang. Ya, mayoritas website pemerintah di Indonesia memiliki teks di bagian logo yang panjang. Sehingga, template ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan. 

Untuk bisa menggunakan City of WP, Anda harus mengeluarkan biaya 54 Dollar Amerika. Saat ini, City of WP telah di-download hingga 500 pengguna. 

PoliticalWP 

Selanjutnya ada PoliticalWP. PoliticalWP adalah tema WordPress buatan ThemeSLR yang juga didistribusikan oleh Themeforest. Template ini sudah diunduh sampai 500 kali. Layout memiliki berbagai macam layout yang akan membuat bingung Anda untuk memilihnya. Karena semua layout yang memiliki format yang baik. 

Menariknya, PoliticalWP sangat kompatibel dengan WP Page Builder dapat menjadikan PoliticalWP pilihan yang tepat untuk siapa saja yang menginginkan kemudahan. PoliticalWP sendiri cukup mirip dengan template millik Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 

Right Way 

Untuk sebuah template WordPress untuk pemerintahan, Right Way adalah template yang tergolong multiguna, fresh, dan tampak segar. Template ini dibuat untuk memberikan solusi yang bagus untuk website pemerintahan. Dan ya, Right Way memberi semua yang dibutuhkan oleh para instansi pemerintahan. 

Right Way sendiri hadir dengan plugin WordPress yang cukup bagus untuk meningkatkan kinerja tema ini. Pada dasarnya, WooCommerce cukup kompatibel dengan WooCommerce dan WP Builder. Cukup dengan drag and drop, Anda sudah bisa membuat website pemerintah. Selain itu, Right Way memiliki widget, shortcode, dan plugin yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja. 

EGovt 

Template WordPress untuk instansi yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah EGovt. Tema WordPress yang satu ini dirancang untuk bisa digunakan website pemerintah. Baik untuk tingkat kota, provinsi, ataupun bahkan instansi negara. EGovt cukup mudah digunakan. 

Untuk menggunakan tema ini, Anda akan mendapatkan 6 home demo, 40 inner pages, dan design block. 

Kemudian juga kompatibel dengan Elementor Page Builder, WooCommerce, dan event manager. Sebagai jurus pamungkas, Anda juga akan mendapatkan free life time updates. Sangat menarik, bukan? 

Baca Juga : Jetpack, Plugin WordPress Super Lengkap

CityZen 

Jika Anda mencari template WordPress dengan rating bintang 5. Anda dapat menyesuaikan tema WordPress ini untuk berbagai tujuan. Hal ini berkat beberapa fitur yang dimiliki oleh CityZen

– Desain yang responsif

– Redux Framework 

– Contact Form 7

– Kompatibel dengan Elementor Page Builder 

– Ada plugin event calendar

– SEO Friendly

eGovenz

Tema WordPress selanjutnya adalah eGovenz. eGovenz adalah tema WordPress yang dirancang  dan dikembangkan dengan baik. Tema WordPress yang satu ini cocok digunakan oleh website kota-kota kecil, situs website pada lembaga pemerintahan pada level apapun. 

Untuk bisa menggunakannya, Anda tak perlu melakukan coding apapun. Beberapa fitur yang dimiliki oleh eGovenz, antara lain One click importer, Elementor Page Builder, dan header footer tanpa batas. 

Penutup 

Template WordPress untuk website pemerintahan, sebenarnya masih ada banyak. Dan untuk pemilihan tema, semua tergantung kebutuhan Anda. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *