Pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Setidaknya hingga saat ini jumlah penikmat layanan internet di Indonesia tercatat lebih dari 140 juta pengguna. Lebih dari separuh penduduk Indonesia menggunakan internet. 

Tentu saja hal ini tak bisa dipungkiri sebagai imbas dari semakin majunya teknologi. Jika membicarakan internet, yang akrab di telinga kita seperti hosting dan domain. Pesatnya perkembangan internet ini kemudian banyak memunculkan penyedia layanan hosting. Dan, ya kini untuk bisa membuat website sangat mudah untuk dilakukan. Tak perlu lagi datang ke kantor si penyedia hosting. Kamu bisa order dari website penyedia hosting. Sangat cepat dan mudah. 

Tetapi, dengan banyaknya penyedia hosting di pasaran saat ini, tak jarang bikin calon pemilik situs yang masih pemula, bingung untuk menentukan. Kira-kira, hosting seperti apakah yang diinginkan. 

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sobat Unlimited semua, tentang tips memilih hosting untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Web Hosting, Apa Itu? 

Hosting adalah sebuah tempat atau media yang digunakan untuk meletakkan sebuah file di website. Sebuah website yang bagus maka diperlukan hosting terbaik dan berkualitas. Hosting terbaik harus memenuhi 3S. Yaitu speed, support, dan security. 

 

Web hosting sangat dibutuhkan untuk kebutuhan penyimpanan segala hal yang berkaitan dengan website. Antara lain seperti plugin, media, file, database, dan lain sebagainya. Untuk memilih penyedia hosting yang tepat, pilihlah penyedia hosting yang menawarkan layanan yang cocok dengan kebutuhan websitemu. 

Tips Memilih Hosting Untuk Pemula

Setidaknya, terdapat enam kriteria yang bisa kamu terapkan untuk menemukan penyedia hosting yang tepat. Berikut ini adalah tips yang akan membantumu untuk menemukan penyedia hosting yang tepat. 

1. Memahami Jenis Website yang Diinginkan

Memahami website yang ingin dibangun bisa membantu untuk mempersempit opsi jenis website. Misalnya jika kamu berencana membangun website yang menampilkan streaming selama 24 jam, dan memungkinkan pengguna mengunggah video mereka sendiri. Kebutuhan website jenis ini tentu sangat berbeda dengan website yang hanya menampilkan konten tulisan semata. 

Baca Juga : Plugin WordPress Terbaik dan Gratis yang Bisa Diinstall

Website yang menerima traffic harian dalam jumlah yang banyak akan sangat rentan down jika menggunakan shared hosting. Untuk mengatasi traffic yang tinggi, VPS hosting atau dedicated server adalah pilihan yang baik.

2. Kualitas dan Performa Server

Tips memilih penyedia hosting untuk pemula yang kedua adalah kualitas dan performa server. Jangan sampai, hal-hal baik yang kamu lakukan dengan website, jadi tersendat karena kualitas server yang buruk. Pengunjung jadi kesulitan untuk mengakses websitemu. 

Untuk itu, pastikan memilih penyedia hosting yang tak hanya menawarkan harga yang murah, tetapi juga memiliki produk yang jempolan. Pilih penyedia hosting yang memberikan layanan terbaik untuk mengoptimalkan performa website. 

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan kinerja server yang maksimal. Misalnya, kamu bisa memilih lokasi server yang dekat dengan lokasi target pengunjung. Jika kamu menargetkan pengunjung dari Indonesia, maka server yang terletak di Indonesia bisa menjadi pilihan. 

Bukan hanya kualitas server, kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal lain. Seperti kapasitas RAM, kecepatan prosesor, dan lain sebagainya. 

3. Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Seperti layaknya orang yang berdagang, penyedia hosting akan mengelompokkan layanan yang ditawarkannya dalam bentuk paket atau kategori. Di setiap paket tersebut umumnya terdapat layanan add ons, disamping layanan utama, tentu saja. Hanya saja, kadang pelanggan ada yang tidak memanfaatkan fitur tersebut.

Beberapa layanan tambahan yang umum ditawarkan oleh penyedia hosting,salah satunya ada pada sisi keamanan.  

Untuk fitur keamanan dan proteksi,ada teknologi  SpamAssassin Protection dan SpamExperts. Kedua add ons ini sangat berguna untuk mengatasi spamming yang berpotensi menghampiri situsmu. 

Selain itu, penyedia hosting juga memberikan fitur untuk melindungi website dari penyerang yang menyisipkan malware. Anti Malware Systems dan CageFS Security adalah teknologi anti malware yang banyak digunakan. Pastikan penyedia hosting pilihanmu juga memberikan fitur tambahan lain. Misalnya seperti website builder sampai Softaculous Auto Installer. Softaculous akan memudahkan setiap ingin menginstall aplikasi ke website. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Add ons lain yang biasanya ditawarkan oleh penyedia hosting adalah kapasitas bandwidth unmetered. Sebenarnya, bagi website baru, bandwidth belum menjadi urusan yang sensitif. Namun, seiring berjalannya waktu, traffic website tentu diharapkan untuk meningkat. Dan bandwidth sangat identik dengan traffic. Semakin ramai traffic, bandwidth yang dibutuhkan semakin besar. Karena itu, penting untuk memilih penyedia hosting yang menawarkan bandwidth tak terbatas pada paketnya. Dan Unlimited adalah salah satu penyedia hosting yang memberikan penawaran hosting dengan kapasitas unlimited. 

4. Jangan Terjebak Harga 

Bagi beberapa orang, harga adalah masalah yang sensitif. Untuk menjawab problem ini, kemudian banyak penyedia hosting yang menawarkan harga yang rendah pada konsumennya. Sebenarnya, ini tidak salah, sah-sah saja. Tetapi, semakin rendah harga yang ditawarkan, sebanding dengan layanannya. Ada batasan untuk hosting dengan harga super budget

Terlalu mahal juga tidak baik. Sesuaikan dengan kebutuhanmu, baru bisa menentukan berapa anggaran yang hosting yang ingin dikeluarkan. 

5. Customer Care Ramah dan Solutif

Di dunia web hosting, keberadaan customer support sangat penting. Terlebih, hosting sangat berkaitan dengan masalah teknis. Tentu akan menyebalkan rasanya, ketika websitemu mengalami gangguan, dan tak bisa menghubungi tim support penyedia hosting. Ada potensi kerugian yang besar saat website down. 

Maka, salah satu tips memilih hosting untuk pemula adalah  pilih penyedia hosting yang memiliki customer care support 24 jam selama 7 hari.

6. Lihat Ulasan Pelanggan

Word of mouth marketing, atau pemasaran dari mulut ke mulut adalah salah satu teknik pemasaran paling tua yang masih banyak digunakan hingga kini. Dalam dunia digital, kita mengenalnya sebagai testimoni. 

Selain melihat situs-situs penyedia hosting, cara lain yang efektif sebagai bahan pertimbangan mencari penyedia hosting yang tepat adalah melihat review pelanggan. 

Penyedia hosting umumnya menampilkan review pelanggannya di halaman testimoni. Tetapi kalau kamu masih kurang yakin dengan review yang ada halaman situs penyedia hosting, ada banyak forum-forum pengguna yang bertebaran di internet. Mulai dari media sosial, seperti Facebook, hingga situs-situs yang khusus mereview layanan hosting Indonesia. 

Penutup 

Salah satu kunci gemilangnya performa sebuah website terletak pada pemilihan hosting. Semoga tips memilih hosting untuk pemula ini berguna untuk Sobat Unlimited yang sedang mencari penyedia hosting yang tepat.

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *