Bagi para pemilik website, konten dan artikel berkualitas adalah kebutuhan yang penting. Konten yang berkualitas dapat menunjang keberhasilan dan kesuksesan sebuah website. Kamu bisa menggunakan beberapa tools penunjang. Seperti plugin dan tools riset keyword terbaik. 

Untuk bisa mendapatkan pengunjung, kita harus mengetahui potensi dari kata kunci yang dibidik. Dan tools riset keyword dapat membantumu mengetahui hal tersebut. 

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sobat Unlimited tentang tools riset keyword terbaik. Jadi, simak ulasannya sampai habis, ya. 

Apa Itu SEO? 

Riset keyword tak bisa dilepaskan dari SEO. SEO, atau search engine optimization adalah upaya optimasi untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari. Mendapatkan ranking pencarian yang bagus, peluang trafik organik yang masuk ke website akan meningkat pesat. 

Ada beragam upaya yang dilakukan oleh pemilik website untuk melakukan optimasi SEO. salah satunya dengan melakukan riset kata kunci sebelum membuat konten. 

Apa itu Keyword Tool? 

Pada dasarnya, keyword tools berfungsi untuk melakukan riset pada kata kunci tertentu yang sering dicari di mesin pencari. Nah, ketika kamu sedang melakukan riset kata kunci pada sebuah tools riset keyword, terdapat beberapa informasi yang kamu dapatkan. 

Informasi ini lazim disebut dengan query

Kamu akan mendapatkan beberapa query. Seperti jumlah pencarian, tingkat persaingan, dan lain sebagainya. Setelah mendapatkan daftar kata kunci tertarget, kamu bisa menggunakannya sebagai materi untuk membuat konten. 

Salah satu contoh tools riset keyword yang populer adalah Google Keyword Planner. Ini adalah salah satu tools SEO gratis yang disediakan oleh Google. Menggunakan tools yang satu ini, pemilik website dapat dengan mudah menemukan kata kunci yang diinginkan. Kamu bisa lebih maksimal dalam membuat konten. 

Saat ini, ada banyak tools riset keyword yang bisa kamu gunakan. Baik yang gratis maupun yang berbayar. 

Tools Riset Keyword Terbaik

Berikut adalah tools riset keyword terbaik dan terpopuler yang bisa kamu gunakan: 

1. Google Keyword Planner 

Daftar pertama tools riset keyword terbaik adalah Google Keyword Planner dari Google. Tools ini adalah pilihan tepat. Google Keyword Planner banyak digunakan oleh pemilik website untuk mencari kata kunci yang ditargetkan. 

Ketika menggunakan tools yang satu ini, ada banyak informasi yang akan didapatkan. Mulai dari data statistik, jumlah pencarian, tingkat persaingan, hingga cost per click kata kunci tertarget. 

Penggunaan Google Keyword Planner, awalnya ditujukan untuk para pengiklan yang mencari informasi tentang iklan yang ingin dipasang. Namun karena terdapat fitur riset keyword, banyak pemilik website yang kemudian menggunakannya. 

2. Keywordtool.io

Kalau kamu ingin mencari tools kata kunci yang bisa memberikan informasi seputar long tail keyword, keywordtool.io bisa jadi pilihan. Dengan menggunakan tools yang satu ini, akan lebih mudah bagi kamu yang ingin membidik long tail keyword

Tak hanya riset kata kunci dari Google, kamu juga bisa melakukan riset kata kunci dari platform lainnya. Seperti YouTube, Play Store, eBay, Amazon, Twitter, dan lain sebagainya. 

3. Ubersuggest 

Siapa yang tak kenal dengan Ubersuggest. Tools riset keyword serba guna yang didirikan oleh praktisi digital marketing, Neil Patel. Dengan Ubersuggest, kamu bisa mendapatkan banyak informasi terkait kata kunci yang dicari. Mulai dari volume pencarian satu bulan terakhir, persaingan, CPC, serta website yang memiliki topik terkait. 

Data kata kunci yang kamu dapatkan berasal dari berbagai sumber. Bisa dari Google, Bing, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Plugin WordPress Terbaik dan Gratis yang Bisa Diinstall

Fitur utama Ubersuggest 

  • Keyword analyzer
  • Competitive analysis
  • SEO explorer

Selain fitur utama di atas, Ubersuggest juga sangat mudah untuk digunakan, berkat user interface yang user friendly

4. KWFinder 

Tool yang dapat digunakan untuk riset kata kunci selanjutnya adalah KWFinder. Keyword tool yang satu ini memiliki tampilan antar muka yang tampak lega, dengan fitur yang cukup lengkap untuk riset keyword. 

Cara menggunakannya pun, hampir mirip dengan tools lainnya. Namun ada beberapa fitur tambahan yang membuatnya cukup menarik. Seperti backlink analysis, rank tracking, SERP analysis, dan SEO metric & insight.

Untuk bisa menggunakannya, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut adalah cara mendaftar KWFinder: 

  • Siapkan email dan nomor handphone yang digunakan
  • Klik Sign Up
  • Masukkan alamat email dan password > Create my Mangools account
  • Akunmu sudah jadi, dan bisa digunakan

5. Keyword Tool Wordtracker 

Kalau kamu mencari tool riset keyword yang lengkap, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan Wordtracker. Tak hanya untuk SEO, Wordtracker juga bisa digunakan untuk melakukan market research

Dengan menggunakan tools yang satu ini, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan keyword SEO dan keyword PPC (pay per click). Wordtracker tak hanya dapat digunakan untuk optimasi SEO Google, tapi juga bisa untuk platform lainnya. Seperti YouTube, eBay, dan Amazon. 

6.  WordStream 

Selanjutnya ada nama WordStream. Hingga kini, WordStream telah membantu banyak pemasar untuk mengembangkan bisnisnya. Terutama yang menjalankan bisnisnya secara online. 

Tools ini sangat cocok digunakan oleh para pemasar dan agensi. Penggunaannya juga cukup mudah. Hampir sama dengan menggunakan tools riset keyword lainnya. 

7. LSI Graph

Selanjutnya ada LSI Graph. Salah satu keyword tool yang bisa digunakan untuk meriset kata kunci. Ketika mencari kata kunci, kamu akan mendapatkan daftar kata kunci yang sedang dicari. Namun, kadang juga tidak sama persis dengan yang dituliskan. 

Selain itu, ditampilkan juga beberapa website yang relevan dengan kata kunci yang kamu cari. Hasil yang ditampilkan hanya berjumlah 8 query per hari. Karena jika ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap, harus berlangganan. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Fitur LSI Graph 

  • Unlimited LSI keyword 
  • Precise search volume data
  • Latent semantic value (LSV)
  • Discover top performing content
  • CSV & PDF report
  • Multi Locations & Language 

8. Google Search 

Yang terakhir adalah Google Search. Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa ada Google Search di daftar ini. Ketika mengetikkan kata kunci di Google, akan muncul beberapa kata kunci yang relevan dengan yang kamu cari. 

Dengan pencarian ini, kamu akan mendapatkan kata kunci baru. Yang seringkali muncul adalah “related search”, people also ask”. Kamu bisa mendapatkan kata kunci baru dengan menggunakan fitur ini. 

Penutup 

Itulah tadi dafar tools riset keyword terbaik yang bisa kamu gunakan. Masing-masing tentu memiliki ciri khasnya sendiri. Kamu pilih yang mana? 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *