Bagi sebuah website, traffic memang menjadi salah satu hal sangat penting. Dan untuk mendatangkan traffic ke website, salah satu teknik yang lazim digunakan adalah SEO, atau search engine optimization. Strategi SEO yang tepat dapat meningkatkan tingkat traffic pada sebuah website. 

SEO telah menjadi sebuah kewajiban, jika Anda ingin menggunakan internet untuk mempromosikan usaha Anda. Dengan SEO, Anda akan mendapatkan trafik yang potensial, serta meningkatkan awareness untuk produk Anda. 

Untuk dapat mengungguli para pesaing, strategi SEO yang optimal menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Hanya saja, jika Anda belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang strategi dan tools apa yang digunakan untuk mengoptimalkan strategi SEO. Lantas, bagaimana Anda bisa melaksanakan strategi yang sudah dirancang dengan baik dan lancar? 

Untuk bisa melakukan strategi SEO, Anda bisa menggunakan tools SEO gratis yang bertebaran di internet. Anda tidak perlu menggunakan semua tools yang tersedia, karena pastinya akan sangat memusingkan. Apalagi jika Sobat Unlimited baru mengenal dan belajar tentang SEO. 

Sobat Unlimited, pada artikel kali ini, kami akan menjabarkan pada Anda tentang tools SEO terbaik dan gratis yang bisa Anda gunakan. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu SEO? 

Search Engine Optimization atau SEO kini menjadi salah satu strategi bisnis yang gencar dilakukan oleh banyak entitas bisnis. Ada yang telah melakukannya sejak lama, dan da yang baru saja memulainya. Namun, ada juga yang masih belum mengetahui satu hal apapun tentang SEO, beserta dengan segala keuntungannya. 

SEO adalah sebuah taktik pemasaran organic yang membantu pemilik website, untuk meningkatkan peringkat sebuah website di mesin pencari. Dengan menggunakan parameter istilah pencarian yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, SEO juga dapat membantu meningkatkan lalu lintas dan konversi. 

Tools SEO Terbaik dan Gratis 

Sobat Unlimited, Berikut ini adalah 5 tools SEO gratis yang bisa Anda gunakan, baik untuk tujuan belajar atau digunakan untuk meningkatkan strategi SEO website Anda: 

Technical SEO

Tools SEO terbaik dan gratis pertama yang bisa Anda coba adalah Technical SEO. Technical SEO adalah proses mengoptimalkan website Anda yang akan memberikan dampak secara langsung maupun tidak langsung, kepada crawling, indexing, dan juga ranking. Contohnya, pada page elements, HTTP header responses, XML sitemaps, redirects, meta data, dan lain sebagainnya. 

Dalam Technical SEO, ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan. Berikut adalah tools yang bisa Anda gunakan dalam Technical SEO: 

  • Robot txt tester

Tools pertama adalah Robot txt tester. Robot.txt adalah sebuah tools yang berguna untuk mencegah peramban website atau bot lainnya, dalam mengakses seluruh atau sebagian website dan memiliki pengaruh terhadap visibilitas website Anda. 

Tak hanya itu, tools ini bisa digunakan untuk beberapa keperluan. Misalnya, untuk mengetahui apakah URL Anda diblokir, bagian mana yang diblokir, dan siapa yang memblokir. Anda juga bisa memeriksa apabila resources di halaman Anda tidak diperbolehkan. 

Baca Juga : Cara Cek Authority Domain Menggunakan MOZ Pro

  • Hreflang Tags Testing Tools 

Apa yang dimaksud dengan hreflang tags? Hreflang tags adalah sebuah script yang ditanam pada sebuah website. Tujuan dari pemasangan script ini adalah untuk memberikan informasi kepada mesin pencari, bahwa website Anda memiliki alternatif bahasa selain bahasa standar yang telah digunakan. 

Tools ini akan dengan mudah dan cepat memeriksa apabila hreflang tags pada sebuah halaman (HTML dan HTTP header), atau XML sitemaps sudah benar. 

  • Schema Markup Generator

Schema markup generator bisa digunakan untuk menciptakan JSON-LD markups, dengan segala properti yang dibutuhkan. Misalnya, Anda bisa menciptakan berbagai skema JSON-LD untuk artikel, breadcrumb, event, FAQ page, dan how to dengan mudah. 

Yoa.st/json

Tools selanjutnya adalah Yoa.st/json. Tools ini dapat membantu Anda untuk membuat skema dari script JSON-L, yang akan diinput di Google Tag Manager, melalui custom HTML. JSON-LD adalah kependekan dari Javascript Object Notation for Linked Data. Ini akan memberikan gara dari website, yang dapat dibaca dengan mudah oleh mesin pencari, sehingga dapat mempromosikan website Anda halaman hasil pencarian. 

SEO Analyzer by Neil Patel 

Siapa yang tidak kenal dengan Neil Patel. Jika Anda memang serius untuk mempelajari segala hal tentang SEO, Neil Patel bisa menjadi sosok yang tepat untuk dijadikan panutan. Anda bisa menggunakan website neilpatel.com untuk belajar. Ada berbagai tools SEO gratis yang bisa Anda gunakan, seperti: 

  • SEO Analysis

Anda bisa mendapatkan laporan analisis website. Tools ini akan menunjukkan segala error pada praktek SEO Anda, berikut rekomendasi perbaikannya. 

  • SEO Checker 

Dengan tools ini, Anda bisa mendapatkan tools yang lengkap mengenai apa saja yang menghambat Anda untuk dapat bercokol di halaman teratas di Google. 

  • Site Speed 

Untuk mengecek kecepatan website, Anda bisa menggunakan tools ini. Ya, karena kecepatan website akan sangat berpengaruh terhadap konversi dan seberapa tinggi posisi yang Anda dapatkan di hasil pencarian. 

  • Audit Report 

Dengan tools yang satu ini, Anda akan mendapatkan laporan yang akan membantu untuk meningkatkan SEO Anda. Juga, bagaimana instruksi bagaimana untuk melakukannya. 

  • Backlink Checker

Kemudian ada backlink checker. Dengan tools ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai domain score dan keseluruhan traffic metric Anda. 

SEOquake

Kemudian ada SEOquake. SEOquake adalah sebuah ekstensi browser yang bisa Anda gunakan. Ekstensi ini akan memberikan Anda informasi mengenai pagerank, Alexa Rank, indeks Google, indeks Bing, dan masih banyak lainnya. 

SEO Review Tools 

Dan SEO tools yang terakhir adalah SEO Review Tools. Tool ini bisa Anda gunakan untuk memeriksa konten duplikat dan canonical tag. Canonical tag adalah cara untuk memberitahukan mesin pencari, bahwa sebuah URL secara spesifik merupakan halaman yang asli, dari halaman duplikat lainnya. Ini akan mencegah konten yang Anda buat adalah konten duplikat. Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis, namun akan menemui beberapa keterbatasan. 

Google Search Console 

Tools yang satu ini adalah tools gratis yang disediakan oleh Google, yang bertujuan memantau performa website penggunanya. Google Search Console memiliki fitur dimana Anda dapat menemukan kesalahan di website Anda. Seperti halaman yang tidak ditemukan dan juga memiliki halaman yang akan muncul di hasil pencarian. 

Penutup 

Sebenarnya, masih banyak tools gratis yang bisa Anda gunakan. Namun tools SEO terbaik diatas cukup sering digunakan. 

Mau punya website, aman, dan andal? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah terbaik Unlimited.ID

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *