Untuk Anda yang sedang ingin membuat sebuah website toko online di WordPress, pasti sekali waktu pernah mendengar nama WooCommerce. Plugin WordPress yang dibuat khusus untuk memudahkan pengguna dalam membuat dan mengelola website toko online. terlebih di era digital seperti pada saat ini, dimana memiliki website adalah keharusan. Sebagai salah satu cara untuk memenangkan persaingan di era digital. Karena itu, kami akan menyajikan pada Anda Sobat Unlimited, tentang tutorial WooCommerce untuk membuat toko online.

WooCommerce, Apa Itu?

tutorial woocommerce

Plugin WooCommerce. Siapa yang tak asing dengannya. WooCommerce adalah plugin toko online gratis dari WordPress. Dengan menggunakan plugin yang satu ini, Anda bisa membuat website toko online bahkan tanpa harus memiliki kemampuan dasar pemrograman sama sekali.

WooCommerce memungkinkan Anda, penggunanya untuk mengatur toko online dengan mudah. Mulai dari menata tampilan produk sampai menyangkut urusan pembayaran. Karena itu bisa dikatakan, WooCommerce sebagai salah satu plugin ecommerce terbaik di WordPress.

Baca Juga: Plugin WordPress Gratis Terbaik 2020

Mengapa Menggunakan WooCommerce

Pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa harus menggunakan WooCommerce? Apa saja kelebihan yang dimilikinya yang menjadikan WooCommerce begitu populer?

Berikut ini adalah berbagai alasan yang akan memantik Anda untuk tertarik menggunakan WooCommerce:

  • Telah digunakan jutaan orang

Untuk diketahui, hingga tahun 2020, WooCommerce telah digunakan tak kurang dari 59 juta orang di seluruh dunia. Jumlah ini menjadikan pengguna WooCommerce setara dengan 28% toko online secara global. Dengan kualitas yang dimilikinya, WooCommerce bahkan masuk ke daftar Top 1 Million Sites.

  • Kompatibel dengan WordPress

Yang istimewa dari WooCommerce adalah, plugin ini adalah plugin yang dikembangkan secara langsung oleh WordPress. Jadi, ini seperti menjadi jaminan bahwa WooCommerce sangat kompatibel dengan WordPress.

  • Jaminan keamanan

Salah satu hal yang akan menarik pengunjung untuk mau berbelanja di sebuah toko online adalah jaminan keamanan. Sebuah toko online harus meyakinkan para pengunjung bahwa tokonya adalah tempat yang aman untuk bertransaksi. Jadi, dengan menggunakan WooCommerce, Anda bisa memberikan jaminan keamanan pada pengunjung.

WooCommerce akan melindungi semua data transaksi yang terjadi di website toko online Anda, agar tidak jatuh ke tangan orang-orang yang tak bertanggunggjawab.

  • Gratis

Inilah yang membuat WooCommerce begitu istimewa. Selain mudah digunakan, Anda bisa menggunakan WooCommerce secara gratis. Tetapi jika ingin menggunakan fitur yang lebih advance, Anda membelinya.

  • Punya banyak pilihan tema

Sebuah toko online tentu harus memperhatikan konsep tampilannya. Toko online tentu harus menunjukkan konsep yang jelas agar selalu diingat oleh pengunjung atau calon pelanggan. Karena itu Anda tidak perlu khawatir, karena WooCommerce menyediakan banyak pilihan tema yang bisa Anda gunakan. Baik yang berbayar ataupun yang gratis.

Tutorial WooCommerce Untuk Toko Online

tutorial woocommerce

Untuk bisa menggunakan WooCommerce, tentu saja Anda harus menginstal WordPress terlebih dahulu. Tetapi jika sudah memiliki WordPress, Anda bisa langsung memulai persiapan untuk setting WooCommerce. Langsung saja, inilah tutorial WooCommerce sampai bisa posting produk sendiri.

Langkah pertama – install dan aktivasi WooCommerce

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal dan aktivasi WooCommerce. Untuk melakukannya pun cukup mudah. Silakan login terlebih dahulu ke dasbor WordPress Anda. Kemudian gulir ke menu Plugin > Add New. Pada kotak pencarian silakan ketikkan WooCommerce.

Kemudian, pilih plugin WooCommerce, klik Install Now. Setelah itu jangan lupa Activate.

Langkah kedua – Setting WooCommerce

Setelah menyelesaikan instalasi dan aktivasi, selanjutnya Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari WooCommerce untuk melakukan Setup Wizard. Klik Yes Please.

Setup Wizard adalah cara paling mudah untuk melakukan pengaturan WooCommerce. Setidaknya terdapat lima pengaturan yang harus bisa Anda lakukan. Yaitu:

  • Mengatur alamat toko

Pertama, Anda akan diminta untuk mengisi informasi detail toko online tersebut. Informasi yang harus Anda isi tersebut antara lain: Alamat utama toko online Anda, alamat alternative, negara, kota, dan kode pos. Untuk pilihan country atau negara, silakan pilih Indonesia.

  • Mengatur jenis industri bisnis Anda

Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi informasi seputar jenis industri. Pada bagian ini, Anda bisa memilih beberapa jenis industry yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Pilihan industri tersebut meliputi: fashion, kesehatan dan kecantikan, seni, makanan, furniture, dan lain sebagainya.

  • Mengatur tipe produk yang akan dijual

Terdapat dua tipe produk yang bisa Anda gunakan secara gratis. Yaitu physical product (produk yang membutuhkan pengiriman) dan Download (produk digital yang bisa di download.

  • Mengatur detail bisnis

Pada section ini, Anda diminta untuk mengisi dua jenis informasi terkait dengan bisnis Anda. Pertama, berapa banyak produk yang akan Anda pajang. Dan yang kedua, apakah Anda menjual produk tersebut di toko online tersebut atau di tempat lain.

  • Memilih tema

Langkah terakhir dalam Setup Wizard adalah memilih tema untuk toko online Anda. Terdapat pilihan tema yang bisa Anda gunakan secara gratis. Untuk memastikan tema yang pilih sesuai, Anda bisa menggunakan mode Live Preview.

Langkah ketiga – menambahkan produk

tutorial woocommerce

Setelah berhasil membuat toko online Anda harus menambahkan produk sebelum siap untuk dikunjungi oleh pelanggan. Dari halaman dasbor WordPress, silakan pilih menu WooCommerce. Berikut langkah-langkahnya:

  • Menambahkan produk baru

Untuk menambah produk baru, Anda bisa memilih Add your first product. Terdapat tiga pilihan yang tersedia: Add manually, Import, dan Migrate.

Add manually adalah cara termudah untuk menambahkan produk satu per satu. Secara otomatis, Anda akan diarahkan ke halaman posting untuk mengisi informasi lengkap tentang produk tersebut.

  • Mengisi informasi produk baru

Pada halaman untuk mengisikan informasi produk Anda akan diminta memberikan beberapa informasi. Informasi tersebut antara lain seperti: nama produk, deskripsi produk dan juga tipe produk. Juga jangan lupa untuk menampilkan short description, gallery, tags, dan categories.

Pastikan juga untuk mengisis informasi diatas dengan jelas. Terutama untuk product types. Anda akan diminta mengisi informasi lebih lengkap, antara lain:

  • General : Informasi seputar harga umum dan harga diskon produk.
  • Inventory : kode barang dan status barang yang dimiliki.
  • Shipping : Jenis pengiriman barang dan penentuan berat serta dimensi barang.
  • Linked product : Memilih produk serupa untuk melakukan up selling.
  • Attributes : Atribut yang tertera pada barang, misalnya warna.
  • Variations : Variasi produk yang dijual. Misalnya ukuran.
  • Advanced : Pengaturan tingkat lanjut yang dapat digunakan, misalnya pada urutan order.
  • Get more options : Pilihan untuk menambahkan fungsi lain menggunakan ekstensi WooCommerce.

Setelah menambahkan semua informasi penting terkait produk, Anda bisa merilis produk tersebut dengan menekan tombol Publish.

Kesimpulan

Masih banyak fungsi dari WooCommerce. Semoga dengan artikel tutorial WooCommerce ini, Anda semakin tertarik untuk menggeluti bisnis online.

Online-kan bisnis Anda dengan berlangganan paket hosting murah Unlimited.ID. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *