Perkembangan zaman yang semakin cepat membuat manusia harus beradaptasi. Termasuk golongan pengusaha. Kini untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak, tak hanya harus berpromosi di dunia nyata. Maka dari itu, sekarang saatnya kamu, yang sedang menjalankan bisnis untuk mengoptimalkan promosi di internet. 

Medium promosi di internet ada banyak sekali. Terdiri dari banyak jenis. Jika dari media sosial, ada nama Facebook, Twitter, dan Instagram. Namun, selain media sosial, salah satu tools digital marketing yang tak boleh kamu lupakan adalah website. Dan ya, sekarang membuat website juga semakin mudah. 

Jika dulu orang akan pikir-pikir untuk membuat website karena ribet, sekarang sudah tidak lagi. Bukan tanpa alasan mengapa orang menganggap membuat website adalah pekerjaan yang sulit dan tidak mudah. Untuk membuat website, umumnya harus melakukan banyak hal. Mulai dari bagaimana caranya memilih hosting yang tepat, mempercantik tampilan website. Sekarang, kamu bisa lebih mudah dalam membuat website menggunakan website builder. 

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sobat Unlimited semua, tentang apa itu website builder dan cara bikin website tanpa coding. Jadi, silakan baca artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Website Builder? 

Lantas, sebenarnya, apa itu website builder? Secara umum, website builder adalah alat atau tools yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan sebuah website. Web builder tidak mengharuskan penggunanya untuk memiliki keahlian coding, web development, dan semacamnya. 

Artinya, orang yang awam sekalipun bisa saja membangun websitenya tanpa harus sangat paham dengan yang namanya IT. Tetapi, membuat website menggunakan site builder juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Baca Juga : Ketahui Penyebab Server Bisa Down 

Tetap dibutuhkan pengalaman dan keterampilan untuk menjalankan website builder. Website builder sendiri ada sangat banyak di pasaran. Cukup menuliskan kata kunci “website builder” di Google. Dan kamu akan mendapatkan banyak sekali pilihan website builder yang bisa dipilih. Semakin banyaknya pilihan tentu akan sedikit membingungkan. 

Perbedaan Web Builder Gratisan dan Premium 

Tentu ada perbedaan antara web builder gratisan dan premium. Web builder gratisan tentu memiliki banyak keterbatasan dibandingan builder premium. Perbedaan fitur tersebut, sudah sangat mewakili bedanya builder premium dengan yang gratisan. 

Website Builder Terbaik 

Terdapat puluhan website builder dengan berbagai kategori yang ada di pasaran saat ini. Banyaknya pilihan malah sering membuat orang kebingungan, web builder seperti apa yang harus dipilih. Sobat Unlimited, berikut adalah daftar website builder terbaik yang bisa kamu pilih: 

1. Adobe Dreamweaver

Web builder terbaik yang bisa kamu coba pertama kali adalah Adobe Dreamweaver. Softtware yang satu ini dapat digunakan untuk mengakomodasi segala kebutuhan. Mulai dari coding, editing, bahkan sampai maintenance. 

Jika kamu tak mengerti apapun tentang coding, jangan khawatir. Software besutan Adobe menyediakan template yang siap digunakan. Pengguna tinggal menyesuaikan warna, layout, atau desain dan bisa melihatnya langsung berkat fitur live preview. 

2. Webs

Kemudian ada nama Webs. Webs mempunyai fitur pembuatan website yang tidak jauh berbeda dengan Dreamweaver. Platform ini datang dengan dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Kamu bisa menggunakan layanan ini secara gratis dengan pembatasan fitur, tentu saja. Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak lagi, maka kamu harus membayar biaya berlangganan. 

Nantinya, website yang menggunakan Webs akan menggunakan akhiran webs.com. Tetapi tenang saja, Webs juga menawarkan pilihan untuk custom domain. 

3. WordPress

Website builder terbaik selanjutnya adalah WordPress. Siapa yang tak kenal WordPress hari ini. Pasti sudah banyak yang mengenal WordPress. Sebagai platform untuk membuat website, bisa dibilang WordPress memiliki pengguna terbanyak di dunia saat ini. Tentu ini bukanlah tanpa alasan. 

WordPress adalah sebuah sistem open source, sehingga membuatnya bisa diutak-atik sesuai dengan keinginan. Selain itu, WordPress juga menyediakan domain gratis. Maka, kamu tak perlu untuk membayar lagi untuk memiliki website WordPress. Dengan ratusan plugin yang tersedia, inilah mengapa WordPress memiliki pengguna yang sangat banyak. 

4. Wix

Selain WordPress, Wix adalah site builder yang popularitasnya sedang menanjak beberapa tahun terakhir. Selain gencarnya iklan di berbagai platform, Wix memiliki popularitas yang tinggi berkat kemudahan penggunaannya. Untuk membuat tampilan di website pun, juga cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop, sesuai dengan keinginan. 

Untuk bisa memiliki website gratis dengan Wix, tersedia fitur gratis domain yang bisa kamu gunakan. Mirip seperti WordPress. Hanya saja, dari segi fitur pendukung lainnya, Wix tidak selengkap WordPress. 

5. Weebly

Aplikasi bernama Weebly menawarkan cara membuat website dengan sederhana. Entah apapun jenis website yang kamu inginkan, semua bisa dibuat di Weebly. Tak hanya itu,terdapat fitur template, yang bikin websitemu mendapatkan tema yang langsung berada di dalamnya. Dan sama seperti site builder sebelumnya, kamu bisa membuat website dengan mudah. Tinggal drag and drop saja. 

6. Blogger

Pada era jayanya dulu, Blogger adalah salah satu platform website builder yang sangat populer. Bisa dibilang, platform besutan Google ini adalah salah satu yang memperkenalkan pada banyak orang, bahwa memuat website tidak harus bisa coding. 

Baca Juga : Migrasi ke WordPress dari Blogger? Bisa!

Di sini, kamu bisa memilih tema dan menambahkan media lainnya untuk mempercantik website. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan postingan di sana. Dan ya, sampai kini, Blogger menjadi platform yang selalu dibandingkan dengan WordPress. 

7. Squarespace

Kalau kamu ingin mencari web builder dengan tampilan yang elegan, salah satu pilihan yang bisa dipilih. Ada banyak sekali template dan tema yang yang akan membuat tampilan websitemu semakin ciamik. 

Kamu bisa membuat website dengan tampilan interface yang mengagumkan. Squarespace memang dirancang khusus untuk pengguna yang menitikberatkan pada aspek visual. Dari sisi user experience, Squarespace memiliki tampilan yang unik dan responsif saat digunakan. Terdapat cukup banyak fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam membuat website. Mulai dari kustomisasi template, optimasi SEO. Dan kerennya lagi, Squarespace juga bisa digunakan untuk membuat toko online sederhana karena tersedia plugin ecommerce. 

Penutup

Membuat website kini bukan lagi hal tampak sangat sulit. Memang, website sangat menarik untuk dikulik. Namun kalau ingin memiliki pengalaman pertama bersentuhan dengan website, website builder di atas bisa dicoba. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *