Bagi sebuah website, traffic memang menjadi salah satu hal sangat penting. Dan untuk mendatangkan traffic ke website, salah satu teknik yang lazim digunakan adalah SEO, atau search engine optimization. Strategi SEO yang tepat dapat meningkatkan tingkat traffic pada sebuah website.

Misalnya, sebuah website harus bersaing untuk berada di halaman pertama mesin pencari, dalam hal ini adalah Google. Berada di halaman pertama mesin pencari dipercaya dapat mempengaruhi brand awareness sebuah produk.

Apalagi mempraktikkan SEO tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mengaplikasikan teknik SEO yang tepat tidak hanya akan meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian, tetapi juga meningkatkan brand awareness Anda di mata konsumen.

SEO kini menjadi sebuah strategi dalam digital marketing dan pastinya sedang naik daun. Dan dengan semakin berkembangnya zaman, maka dibutuhkan strategi bisnis yang baru, sekaligus memanfaatkan teknologi yang ada. Apalagi, kini terjadi perpindahan gaya bisnis serta konsumen yang lebih melek dengan teknologi. Ini membuat SEO menjadi strategi bisnis yang disukai oleh banyak pebisinis, dari yang kecil hingga yag besar.

Sobat Unlimited, SEO tidak bisa bekerja jika tidak ada search engine atau mesin pencari. Saat ini, terdapat beberapa mesin pencari yang bisa Anda gunakan, misalnya Google dan Bing. Kita tentu tahu bahwa Google adalah penguasa pasar mesin pencari saat ini. Meskipun begitu, Bing juga masih bisa mengambil sedikit celah pasar yang ada.

SEO dari Bing dan Google pun juga dimanfaatkan oleh banyak bisnis untuk menarik lebih banyak pebisnis unutk menarik lebih banyak pengunjung ke dalam website, agar meningkatkan brand awareness.

Namun, di SEO Bing dan Google SEO, apa yang membedakan keduanya? Mana yang lebih baik? Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang perbedaan Bing vs Google SEO. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

SEO Adalah

Sebelum lebih jauh membahas tentang perbedaan Google SEO dan Bing, mari segarkan ingatan kita tentang SEO, atau search engine optimization. SEO adalah sebuah taktik pemasaran organic yang membantu pemilik website, untuk meningkatkan peringkat sebuah website di mesin pencari. Dengan menggunakan parameter istilah pencarian yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, SEO juga dapat membantu meningkatkan lalu lintas dan konversi.

Bagi Jason Barnard, SEO adalah seni dan ilmu untuk meyakinkan mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, untuk merekomendasikan konten Anda kepada pengguna, sebagai solusi untuk masalah tersebut.

SEO dapat memberikan lalu lintas organik secara gratis. Anda juga tidak perlu mengeluarka uang sepeserpun untuk pemeringkatan tersebut. Ketika penggguna mengklik hasil pencarian dan mengunjungi website, dan inilah penjelasan SEO secara singkat.

Bing SEO

Bing merupakan sebiah mesin pencari milik Microsoft yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Sebagai sebuah mesin pencari buatan sang raksasa teknologi, Bing bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Microsoft sudah pernah memiliki MSN Search, Windows Live, dan yang terakhir adalah Live Search.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi titik fokus pada Bing SEO:

  • Kebanyakan faktor peringkat populer di Bing meliputi beberapa hal – user engagement, social signals, Bing Authorship, inbound anchor text, keyword domains, konten dan keyword density, site code, dan on site optimization. Semua poin tersebut harus terpenuhi dengan baik, agar bisa mendapatkan peringkat yang tinggi di Bing.
  • Webmaster Bing disarankan untuk menggunakan kata kunci yang telah ditargetkan. Untuk mendapatkan peringkat yang lebih baikdi Bing, gunakanlah kata kunci yang tepat.
  • Social Signals adalah kunci dari Bing SEO. Maka dari itu, hal terbaik adalah menghubungkan halaman website dengan akun media sosial.
  • Mendukung file berbasis Flash dan Crawls.
  • Memperlakukan CTR website dan tautan eksternal sebagai hal yang paling penting.
  • Menyuka website yang memilki user interface bagus.

Google SEO

Sebagai pemimpin pasar industri mesin pencari, Google SEO tetap menjadi favorit banyak pebisnis yang menginginkan websitenya berada di rangking teratas sesusai dengan keyword yang diminta. Berikut ini adalah poin-poin yang menjadi fokus dari Google SEO:

  • Menggunakan lebih dari 200 faktor untuk setiap pencarian dalam penentuan ranking. Antara lain seperti rankbrain, quality backlinks, optimized images, secured sites, mobile friendly website, page loading speed, schema markup, dan kualitas dari konten di website yang menjadi faktor paling penting.
  • Memfokuskan pada relevansi topik yang ada untuk penggunaan kata kunci.
  • Meta Keyword tidak mempengaruhi rangking lagi.
  • Memperlakukan halaman media sosial seperti halaman di website.
  • Adanya pembaruan algoritma dengan perubahan signifikan yang terkadang tidak diumumkan oleh Google sendiri.
  • Mempertimbangkan CTR dan tautan eksternal sebagai faktor utama.
  • Menilai pengalaman pengguna di atas semua faktor. Semakin website Anda ramah pengguna, semakin bagus pula rangking website Anda di halaman hasil pencarian.
  • Menyukai website yang sering diupdate.
  • Tidak dapat mengindeks konten berbasis flas dan menekankan penggunaan konten berbasis teks.

Perbedaan Kunci Bing vs Google SEO

1. Keyword

Bisa dibilang, keyword adalah salah satu strategi SEO yang paling esensial. Namun, Anda harus tahu bahwa ada beberapa perbedaan antara cara Google dan Bing memahami keyoword.

Google menggunakan apa yang dikenal sebagai semantic search untuk meningkatkan akurasi pemahaman pada mesin pencari. Hal ini memberikan Google kemampuan untuk tidak hanya memeriksa kata kunci, tetapi juga memahami konteks kata kunci.

Di sisi lain ,Bingk kesulitan untuk mengkontekstual kata kunci. Ini menunjukkan bahwa Anda mungkin mendapati peringkat Anda lebih tinggi di hasil pencarian SERP.

Baca Juga : Panduan SEMrush Tools Untuk Pemula 

2. Backlink

Baik Bing dan Google sangat menghargai backlink, tetapi keduanya memiliki perbedaan dalam menilai kualitas backlink. Google selalu mengutamakan kualitas alih-alih kuantitas. Memiliki lebih sedikit tautan berkualitas jauh lebih baik daripada ratusan link yang berisi spam dan berkualitas rendah. Untuk Google, indikator ini membuktikan bahwa website Adna adalah sumber yang dapat dipercaya.

Bing juga sangat menyukai backlink berkualitas, tetapi cara mereka sedikit berbeda dengan Google. Bing lebih menekankan pada usia domain. Jika Anda mendapatkan tautan dari domain yang telah mapan.

3. Social Media Signals

Google sendiri telah menyangkal bahwa social media signals tidak memberikan peringkat yang signifikan. Hal berbeda dengan Bing. Bing menganggap bahwa platform media sosial seperti Facebook dan Twitter lebih relevan untuk peringkat di SERP-nya.

Penutup

Untuk Anda yang menginginkan website berada di peringkat teratas halaman mesin pencari, sudah seharusnya untuk mengoptimalkan SEO website Anda. Dan salah satu unsur terpenting mesin pencari adalah mesin pencari. Semoga artikel ini dapat memudahkan Anda untuk mengetahui perbedaan Bing vs Google SEO.

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Ayo tunggu apalagi, buat websitemu hanya di Unlimited.ID, hosting murah unlimited Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *