Memilih tema WordPress yang tepat adalah suatu keharusan bagi pemiliki website berbasis WordPress. Apalagi, WordPress menyediakan ribuan tema yang siap digunakan oleh penggunanya. Dari berbagai macam tema tersebut, ada beberapa orang yang sangat fanatic pada suatu tema. Selain karena tampilannya yang bagus, desainnya juga fungsional dan user friendly. Tak jarang, Anda mendapati tema bagus tersebut dan ingin pula menggunakannya. Hanya saja Andatak tahu nama tema tersebut. Lalu bagaimanan cara mengetahui tema WordPress yang digunakan orang lain tersebut? Artikel ini akan membahas cara mengetahui tema WordPress orang lain. Tak hanya caranya, kami juga akan memberikan informasi beberapa tools yang sangat powerful. Untuk memudahkan Anda melihat tema WordPress orang lain.

Cara Mengetahui Tema WordPress Orang Lain

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui tema WordPress orang lain. Yaitu melalui page source website dan menggunakan tools. Berikut penjelasannya:

Melihat Tema WordPress Melalui Page Source

Cara ini bisa dikatakan merupakan yang paling mudah dilakukan. Kenapa? Karena Anda tidak memerlukan tool apapun untuk mengetahui tema WordPress orang lain. Yang harus Anda lakukan adalah dengan melihat page source dari website yang Anda kunjungi. Lalu bagaimana cara melihat page source pada website yang dikunjungi?

Untuk melihat page source website yang dikunjungi, Anda bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada halama website tersebut. Kemudian pilih view page-source.  Jika sudah, tekan tombol CTRL + F dan cari nama wp-content/themes. Anda bisa mengetahui nama tema WordPress pada website dengan melihat source code yang tertera pada website tersebut.

Kalau sudah mengetahui nama tema WordPress tersebut, jika tertarik Anda bisa langsung melakukan pencarian di Google dengan mengetikkan nama tema WordPress tersebut. Meskipun sangat mudah dilakukan, cara ini juga memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa mengetahui nama tema website karena pemiliknya telah mengganti folder tema pada website. Ini akan membuat Anda tak bisa mengetahui nama tema WordPress pada website yang telah Anda kunjungi.

Cara Mengetahui Tema WordPres Menggunakan Tools Pihak Ketiga

Jika cara pertama diatas dirasa kurang detail dan lengkap, Anda bisa menggunakan tools-tools atau software yang banyak tersedia di internet. Tools tersebut banyak dikenal dengan sebagai WordPress theme detector. Alias detector tema WordPress. Berikut kami sajikan beberapa pendeteksi tema WordPress yang bisa Anda pakai:

What Theme

cara mengetahui tema WordPress orang lain

What Theme adalah nama pertama yang harus Anda ingat saat mencari pendeteksi tema WordPress yang lengkap. Tools ini mampu mendeteksi URL tema, pembuat tema beserta URL website, dan versi temanya. Tak hanya itu, What Theme juga bisa mengetahui lisensi dan deskripsi tentang tema WordPress yang sedang Anda cari tersebut.

Tak hanya website berbasis WordPress, What Theme juga bisa mendeteksi tema website dari Content Management System (CMS) lainnya. Antara lain Joomla, Blogger, Drupal Magento, Tumblr, Shopify, dan lain sebagainya.

WordPress Theme Search

Selanjutnya adalah WordPress Theme Search. Ini juga termasuk tools yang sangat populer untuk mengetahui tema WordPress orang lain. Untuk menggunakannya, Anda cukup memasukkan alamat website yang dimaksud dan biarkan alat ini bekerja. Dalam waktu singkat, WordPress Theme Search akan member informasi lengkap mengenai temanya.

Informasi yang diberikan antara lain seperti nama tema, siapa pembuatnya, hingga website resmi si pembuat tema. Dan seperti namanya, tools ini hanya berlaku untuk mendeteksi tema di WordPress. Saat tema yang Anda maksud bukan berasal dari WordPress, aka nada notifikasi yang berbunyi “website does not appear to be a WordPress site.

WP Theme Detector

Cara Mengetahui Tema WordPress Orang Lain

WordPress Theme Detector adalah tools lain yang bisa Anda gunakan untuk menemukan tema WordPress orang lain. Tak hanya tema, plugin WordPress juga bisa dideteksi menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini dapat mendeteksi tema utama website WordPress. Dan menariknya adalah, Anda bisa mengetahui dimana tema ini dibeli.

Alat ini dengan detail menampilkan semua informasi yang Anda butuhkan. Seperti informasi tema, penulis, tag, sekaligus lisensinya. Untuk menggunakannya, cukup dengan memasukkan URL di kotak pencarian dan WordPress Theme Detector akan menampilkan informasi yang Anda inginkan.

Scan WP

Pendeteksi tema selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Scan WP. Aplikasi ini bisa membantu Anda mendapatkan informasi yang lengkap mengenai tema dan plugin, yang digunakan sebuah website. Selain itu, tak hanya informasi umum yang dihasilkan, namun juga website lain yang menggunakan tema yang sama.

Scan WP juga menunjukkan daftar website yang menggunakan tema sejenis.Ini akan member Anda wawasan baru sefleksibel apa tema website yang Anda inginkan bisa dikustomisasi.

IsItWP

Pendeteksi tema lain yang bisa Anda gunakan adalah IsItWP. Aplikasi ini tak hanya bisa digunakan semata untuk mendeteksi tema. Namun juga tetang website hosting, serta informasi lengkap mengenai si pemiliki website.

Jika tema yang Anda cari berbasis WordPress, IsItWP juga akan menampilkan plugin yang dipakai oleh website tersebut. Informasi yang ditampilkan antara lain mengenai plugin, link download dan pastinya review pengguna mengenai plugin yang dimaksud.

WordPress Theme Detector by Satori Studio

Detektor tema selanjutnya yang bisa Anda coba adalah WordPress Detector by Satori. Aplikasi besutan Satori ini memiliki tampilan yang ringkas. Terdiri dari dua kolom, WordPress Theme Detector by Satori tampak lebih sederhana dibanding beberapa aplikasi yang telah disebutkan diatas. Bagian kiri merupakan search box dimana Anda bisa mengisi alamat website. Sedangkan di sebelah kanan adalah hasil temuan dan tautan menuju tema website yang dideteksi.

Cara Mengetahui Tema WordPress Orang Lain

Dan, tak seperti detector tema lain yang sangat detail memberikan informasi seputar tema yang tengah diselidiki, tidak demikian dengan yang satu ini. Tak banyak informasi dari WordPress Theme Detector. Hanya saja, WordPress Theme Detector by Satori juga memberikan rekomendasi tema yang bisa Anda coba. Letaknya berada di bagian bawah halaman.

WPSniffer

Satu lagi alat pendeteksi tema website WordPress adalah WPSniffer. WPSniffer adalah ekstensi Google Chrome yang membantu Anda mendeteksi tema WordPress yang digunakan. Dan Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis tentunya. Hanya saja, Anda hanya akan bisa melihat nama tema dari website WordPress tersebut. Tanpa ada informasi detail yang bisa terlihat.

Kesimpulan

Mencari inspirasi tema WorPress adalah hal yang lumrah dilakukan. Terlebeih bagi pengguna WordPress. Sangat wajar dijumpai di berbagai forum pengguna WordPess saling berbagi informasi tentang tema yang mereka gunakan. Terlebih banyak tema WordPress yang gratis di luar sana.

Sekian tips dan trik cara mengetahui tema WordPress orang lain. Ingin mengetahui tips WordPress dan digital marketing lainnya? Jangan lupa kunjungi blog Unlimited! Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *