Cara melakukan redirect dengan htaccess sangatlah penting untuk dipelajari. Sebuah website normalnya akan dapat diakses dengan menggunakan WWW atau tanpa WWW. Akan tetapi, mesin pencari seperti google tidak menginzinkan hal tersebut atau akan melakukan pinalti. Hal tersebut karena menyebabkan duplicate content, jadi Anda harus memilih salah satu URL saja yaitu dengan atau tanpa WWW.

Mempelajari cara melakukan redirect dengan htaccest akan sangat membantu Anda dalam mengelola webisite dan konten yang sudah Anda buat. Setiap website memiliki konfigurasi server yang berbeda-beda. Ada yang perlu diubah agar website dapat berjalan dengan lancar. Anda juga perlu tahu bahwa ada banyak konfigurasi yang dapat dilakukan menggunakan htacces.

Apa Itu HTACCESS?

Agar lebih mudah dalam menjalankannya, Anda harus tahu  apa itu htaccest. HTACCESS adalah file konfigurasi yang berjalan di website yang berfungsi untuk mengatur beberapa konfigurasi Apache Web Server.  File htaccest juga dapat digunakan untuk mengubah konfigurasi seperti mengaktifkan dan menonkatifkan fungsionalitas yang berjalan, mengatur ulang URL, melindungi direktori menggunakan password, melakukan redirect, memblokir IP tertentu (khususnya yang mencurigakan), mengganti zona waktu dan lain-lain.

Akan tetapi Anda tidak bisa menemukan langsung file htaccess pada file manager. Hal ini karena tersembunyi di dalam direktori website. Jika ingin menemukannya, Anda perlu mengaktifkan fitur “show hidden file”.

redirect dengan htaccess

Bagaimana Cara Melakukan Redirect Dengan HTACCESS?

Ketika Anda sudah berhasil menemukan file yang dicari pada fitur “show hidden file”, maka selanjutnya Anda bisa mulai melakukan redirect halaman-halaman di website Anda.  Melakukan redirect sangat penting agar website Anda masih bisa ditemukan dalam mesin pencarian ketika URL yang biasanya bermasalah. Ada dua cara mudah untuk melakukan redirect dengan htaccesss yang bisa Anda lakukan.

Berikut cara mudah melakukan redirect dengan htaccess

1.Redirect dari WWW ke non WWW

Untuk  melakukan redirect dari WWW ke non WWW, maka Anda bisa menambahkan perintah berikut pada htaccess Anda:

redirect dengan htaccess

2.Redirect dari non WWW ke WWW

Jika Anda memilih cara yang kedua, maka yang Anda lakukan adalah sebagai berikut;

redirect dengan htaccess

Kedua cara di atas bisa Anda lakukan untuk mengarahkan URL yang mengalami broken link atau permasalahan link yang tidak terpakai ke halaman yang benar.

Mengapa Anda Harus Melakukan Redirect?

Bagi Anda yang memiliki website tentu pernah mengalami kendala pada website, salah satunya ketika mengalami masalah pada URL.Ketika mengalaminya, maka salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan redirect. Dengan kata lain, redirect adalah pengalihan pengunjung situs dari URL yang dimiliki sebuah website ke alamat lain.

Pencarian URL yang tidak ditemukan seringkali menghambat bisnis Anda, khususnya bagi Anda yang mengelola bisnis melalui website. Redirect sangat penting karena akan membantu mesin pencari mengenali URL pada website Anda, salah satunya mendeteksi apakah masih valid atau  tidak.

Salah satu keuntungan melakukan redirect adalah ketika ada orang yang mengunjungi website Anda dan kebetulan tidak valid, maka akan langsung diarahkan ke halaman yang benar. Dengan begitu pengunjung akan dibantu dengan mesin pencari menuju ke halaman yang benar ketika mengaksesnya. Bagi Anda yang menggunakan wordpress, tentu akan sangat mudah jika melakukan redirect.  Pengguna wordpress bisa menggunakan plugin redirect. Caranya adalah dengan menginstal plugin tersebut dan kemudian melakukan konfigurasi di dalamnya.

Bagaimana Pengaruh Redirect Terhadap SEO?

Dengan semakin banyaknya orang yang mengelola website, maka pertanyaan besarpun muncul ketika URL website mengalami masalah dan harus melakukan redirect. Redirect juga membantu pengunjung agar diarahkan ke URL yang tepat. Lalu bagaimana pengaruhnya terhadap SEO? Apakah benar-benar memiliki pengaruh besar terhadap SEO?

Berikut pengaruh redirect terhadapt SEO

Memastikan website Anda bisa diakses

Saat ini sudah banyak orang yang mengelola bisnis online. Hal ini membuat banyak orang khawatir apabila URL websitenya mengalami kendala. Padahal di sisi lain, ranking SEO sudah sangat bagus. Salah satu alasan mengapa Anda harus redirect adalah ditemukannya halaman kosong dengan teks “404 errror”. Hal tersebut biasanya muncul jika Anda mengakses website yang URLnya dihapus atau diganti.

Ini sebenarnya tidak mempengaruhi ranking di situs pencarian. Akan tetapi akan merugikan Anda sebagai pemilik website karena situs website tidak dapat ditemukan. Selanjutnya, pengunjung akan semakin menurun. Hal ini sangat disayangkan karena sebelumnya rangking SEO sangat bagus. Itulah mengapa Anda harus melakukan redirect. Salah satunya agar mesin pencari membantu mengantarkan halaman yang lebih valid agar tetap bisa diakses.

Meyakinkan mesin pencari untuk menampilkan URL baru

Melakukan redirect akan sangat membantu Anda. Salah satunya untuk memberitahu mesin pencarian bahwa Anda sudah tidak menggunakan URL lama sehingga akan langsung dialihkan ke situs yang baru. Nantinya mesin pencari akan terbiasa menggunakan alamat URL baru yang Anda pakai sekarang. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri khususnya bagi website Anda yang sudah berada dalam mesin pencarian paling atas.redirect dengan htaccess

Mempertahankan ranking pada situs Anda

Saat Anda memutuskan untuk mengelola sebuah website pastinya ingin memposisikan website pada peringkat utama. Lalu bagaimana jika kemudian URL bermasalah? apakah ranking situs Anda akan turun? Tentu hal ini tidak akan terjadi jika Anda melakukan redirect. Dengan adanya redirect, maka kerja keras Anda selama ini untuk memposisikan website pada peringkat utama pun tidak akan sia-sia.

Teknik yang ada pada redirect ini juga bersifat permanen sehingga dalam memindahkan website atau halaman tertentu. Sehingga Anda tidak perlu melakukan redirect berulang-ulang. Dengan begitu Anda bisa mempertahankan ranking pada situs Anda.

Hal yang paling penting agar website tetap berada pada halaman utama mesin pencarian adalah Anda harus tetap konsisten dalam memilih atau menentukan URL yang Anda gunakan saat pertama kali membuat website. Anda juga tidak boleh mengubah URL Anda meski hanya menambah atau menghapus WWW jika website Anda sudah tergolong lama. karena akan sangat berpengaruh terhadap SEO.

Demikianlah bagaimana cara melakukan redirect dengan htacces yang bisa Anda coba. Mengelola sebuah website memang tidak mudah sehingga Anda harus memperhatikan apapun secara detail. Pastikan Anda memilih jasa pembuatan website yang tepat dan available selama 24 jam sehingga jika ada kendala bisa langsung cepat diselesaikan.

Jangan lupa jika Anda membutuhkan paket hosting  dengan harga yang murah bisa langsung ke Unlimited. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai fitur web hosting murah dan berkualitas serta layanan 24 jam setiap hari  yang akan membantu Anda dalam mengatasi kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *