Untuk Anda yang sedang bersinggungan dengan website, hosting, dan apapun yang berkaitan dengannya tentu familiar dengan Softaculous App Installer. Softaculous adalah aplikasi auto installer yang terdapat di hosting dan memiliki fungsi untuk mempermudah pengguna saat melakukan instalasi content management system. Tak hanya itu, Softaculous juga memiliki beragam aplikasi website yang bersifat open source atau bersumber terbuka.

Dengan Softaculous, aplikasi akan secara otomatis terinstal dan sebagai pengguna, Anda tak perlu lagi melakukan instalasi secara manual. Intinya, sangat memudahkan. Umumnya, ketika Anda sudah berlanngganan hosting dan ingin menginstal sebuah web app, akan banyak yang menyarankan untuk menggunakan Softaculous.

Misalnya, Anda dapat menginstal content management system favorit menggunakan CMS, WordPress dan Drupal misalnya. Atau juga menambahkan web app toko online seperti Prestashop, pun juga bisa Anda lakukan dengan lancar menggunakan Softaculous. Jadi, apa sih pengertian Softaculous itu? Bagaiamana cara kerja Softaculous, dan manfaat apa saja jika menggunakannya?

Artikel ini akan menjawab berbagai pertanyaan Sobat Unlimited semuanya, tentang semua hal yang perlu Anda tahu tentang Softaculous.

Softaculous App Installer? Apa Itu?

Softaculous App Installer

Ketika ditanya tentang apa itu Softaculous, banyak orang akan menjawabnya dengan cukup mudah. Softaculous adalah sebuah aplikasi auto installer yang biasa ditemui dalam panel hosting. Sedangkan dikutip dari website resmi Softaculous, ia adalah sebuah auto installer terbaik yang memiliki lebih dari 4 ribu script, 11 ribu class PHP, dan masih banyak lagi lainnya.

Softaculous menjadi sangat ideal bagi penyedia layanan web hosting karena sifatnya yang dapat mempermudah pengguna. Pengguna bisa melakukan instalasi web app hanya dengan satu kali klik saja. Dan tentu saja, bukan itu saja kemampuan Softaculous.

Selain dapat mempermudah proses instalasi Software, tools yang satu ini juga bisa mengatur data login admin, mengatur konfigurasi web server hingga melakukan proses backup. Dengan Softaculous, Anda juga bisa melihat fitur, tampilan deo aplikasi, serta review dari pengguna.

Keunggulan  dan Manfaat Softaculous App Installer

Softaculous App Installer memiliki berbagai keunggulan dan manfaat yang tak dimiliki oleh aplikasi auto installer sejenisnya. Berikut ini adalah keunggulan dan manfaat yang dimiliki oleh Softaculous.

  • Multi Bahasa

Keunggulan Softaculous yang pertama adalah kemampuannya untuk mendukung banyak jenis bahasa di dunia. Karena dapat diakses oleh seluruh pengguna di dunia, Softaculous ingin memudahkan penggunanya yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Sebagai pengguna, Anda bisa menggunakan bahasa sendiri untuk mencari, menginstal web app, dan masih banyak lagi hal lainnya.

  • Otomatisasi WHMCS

Kemudian, keunggulan kedua Softaculous adalah kemampuannya otomatisasi WHMCS. Softaculous memungkinkan instalasi script secara otomatis selama pembuatan akun pengguna menggunakan WHMCS. Nantinya, proses ini menggunakan API dari Softacoulous, yang secara otomatis terpasang pada domain pengguna.

WHMCS juga menyediakan fitur penagihan internal yang memungkinkan registrar atau seller domain untuk melakukan penagihan pembayaran kepada para pengguna jasa dalam  berbagai mata uang. Otomatisasi WHMCS ini dapat menyatukan semua layanan yang Anda gunakan, menjadi single user interface yang sangat mudah digunakan.

  • Sistem backup dan auto upgrade

Softaculous App Installer

Sebagai pengguna, menggunakan Softaculous, Anda dapat dengan mudah melakukan backup website dan ugrade secara otomatis hanya dengan sekali klik.

Baca Juga: Mengenal IIX Server, Hosting Indonesia

  • Integrasi Control Panel Hosting

Sebagai sebuah auto installer dengan kemampuan yang cukup lengkap, Softaculous dapat digunakan pada berbagai kontrol panel hosting. Kontrol panel yang didukung oleh Softacuolous antara lain cPanel, Plesk, H-Shpere, ISPmanager, DirectAdmin, CentOS, ISPConfig, dan Hosting Controller.

  • Membangun website dengan mudah dan cepat

Jika Anda tidak memiliki pemahaman tentang bahasa pemrograman yang baik tetapi ingin memiliki website, Softaculous dapat menjadi solusi alternatif bagi Anda. Dengan Softaculous, Anda tak perlu melakukan instalasi manual. Misalnya saat mengunduh file zip, membuat database, lalu mengupload filenya ke website. Dengan Softaculous, semua proses tersebut dapat berjalan secara otomatis.

Untuk Anda yang ingin membuat website toko online, Softaculous juga memiliki beberapa platform website toko online yang bisa Anda gunakan. Seperti Prestashop, atau Open Cart.

  • Fitur Search

Salah satu keunggulan dari Softaculous adalah fitur pencariannya yang dapat sangat spesifik. Pencarian Sofaculous memberikan hasil terbaik berdasarkan input pengguna. Skema yang diterapkan pada hasil pencarian memudahkan pengguna untuk membedakan antara hasil yang pencaria berdasarkan kategori tertentu.

  • Selalu update

Salah satu hal yang sangat dinantikan oleh pengguna software apapun adala update perangkat lunak. Pembaruan atau update ini bertujuan untuk membuat proses kerja antara pengguna dan web hosting menjadi lebih mudah dan efisien. Pembaruan yag umum antara lain pemberian patch baru, perbaikan bug, dan yang paling penting adalah update pada sektor keamanannya.

Update Softaculous memilliki sisi fleksibilitas untuk dapat diperbarui secara otomatis melalui CRON. Dan jika Ada menginginkan update secara manual, Anda bisa melakukannya via halaman Admin Softaculous.

  • Support HTTPS

Ini adalah kabar baik bagi Anda yang ingin sebuah website yang aman. Ya, dengan Softaculous, Anda dapat melakukan instalasi CMS, langsung pada domain yang memiliki protokol HTTPS. HTTPS memiliki peran yang sangat penting. Kehadiran HTTPS bisa membuat proses transfer data Anda menjadi lebih aman. Lalu, untuk menggunakan HTTPS, terlebih dahulu Anda harus memasang SSL. Unlimited bahkan menyediakan layanan SSL murah dengan fitur yang lengkap.

  • Digunakan oleh ribuan penyedia domain dan hosting di seluruh dunia

Softaculous App Installer

Karena berbagai kemudahan yang ditawarkannya, banyak penyedia domain dan hosting, atau registrar yang merekomendasikan Softaculous kepada para penggunanya. Sekali waktu, ketika membuat website, penyedia hosting akan merekomendasikan Softaculous untuk melakukan instalasi CMS atau aplikasi yang berkaitan dengan website.

  • Memiliki Ribuan Aplikasi yang bisa digunakan

Ada ribuan aplikasi web app yang dapat Anda gunakan di Softaculous. Aplikasi yang terdapat dalam berbagai kategori. Misalnya, jika Anda ingin membuat blog, Anda bisa menggunakan WordPress, Open Blog, Serendipity, dan lain sebagainya.

Atau jika Anda ingin sebuah portal website, ada Joomla,, Drupal, dan Mambo yang bisa Anda gunakan. Kalau Anda senang bereksplorasi menggunakan framework, ada Laravel, CodeIgniter, Bootstrap, dan lai sebagainya yang bisa Anda gunakan. Sangat lengkap.

  • Memiliki Fitur Rating, Reviews, dan Demo

Dan untuk menunjang kekayaan apllikasi yang dimilikinya, Softaculous juga memiliki fitur rating, review, dan demo. Fitur ini tentu sangat penting. Berguna untuk memudahkan Anda saat akan membuat keputusan tentang web app apa yang ingin diinstal di website Anda.

Rating akan memberi tahu Anda, mana aplikasi yang memiliki nilai tertinggi pada setiap kategorinya. Review akan membantu Anda mengetahui pengalaman pengguna yang pernah menggunakan sebuah aplikasi. Dan dengan demo, Anda bisa mencoba sebuah aplikasi sebelum benar-benar akan menggunakannya.

Kesimpulan

Itulah tadi pengertian Softaculous App Installer. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami Softaculous lebih dalam lagi.

Ingin punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *