Membicarakan teknologi informasi dan pemerintah, tidak sedikit yang merasa bahwa kerja-kerja instansi pemerintahan masih belum optimal. Ya, salah satunya yang paling mudah dilihat adalah kemudahan bagi masyarakat mendapatkan informasi dari kebijakan yang dibuat pemerintah. Sangat jarang, masyarakat mendapatkan informasi publik dengan mudah, yang dapat diakses dari mana saja. Pernahkah kamu merasa kesulitan mendapat sebuah informasi, cara pembuatan surat domisili, misalnya? 

Sebenarnya, salah satu cara yang mudah untuk memberikan informasi pada masyarakat adalah menggunakan website. Namun, tak jarang, kita merasa website milik instansi pemerintah, termasuk website desa memiliki tampilan yang, bisa dikatakan kurang menarik. Tak hanya kurang menarik, seringkali juga kurang fungsional. Dan untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan template website yang memang cocok digunakan untuk instansi pemerintahan desa. 

Maka dari itu, pada artikel kali ini, Kami akan berbagi pada Sobat Unlimited, tentang template website desa. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Template Website Desa Menarik dan SEO Friendly

Bagi seorang kepala desa di era modern ini, memiliki website desa dengan tampilan desain yang menarik, simpel, dan enak dilihat adalah idaman. Desain yang menarik di sini, salah satunya adalah desain yang SEO friendly. Mudah diakses oleh pengunjung di segala platform. 

Sejak beberapa tahun terakhir, ketika Kementerian Komunikasi dan Informatika menggalakkan program website desa. Mulai banyak desa yang kini memiliki website. Hanya saja, ini tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas yang dimiliki oleh para pengelola website di masing-masing desa tersebut. 

Maka dari itu, tak heran jika kemudian banyak sekali website desa yang mangkrak setelah selesai dibuat. Dan bila ada yang masih terus bertahan, biasanya akan kalah di halaman hasil pencarian. Maka dari itu, penting untuk memilih template website desa yang tak hanya keren, tapi juga SEO friendly. 

Baca Juga : Cara Setting WP Super Cache Biar Website Lebih Cepat

Ciri-Ciri Template Website yang SEO Friendly

Sebelum memilih template yang digunakan untuk website desa, kamu harus tahu dulu nih, apa saja ciri-ciri sebuah template website yang SEO friendly. Berikut adalah beberapa ciri template WordPress yang SEO friendly: 

Proses Loading yang Cepat Saat Diakses

Website atau blog yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik ketika diakses dapat menurunkan angka konversi pengunjung sampai 7%. Sebagai contoh, websitemu yang rata-rata per hari memiliki visitor sebanyak 10 ribu orang, dan karena lambat saat diakses, maka konversi pengunjung akan menurun hingga 7%. 

Tentu akan sangat disayangkan, hanya gara-gara loading time yang lambat, kamu harus kehilangan banyak pengunjung, bukan? Maka dari itu, penting untuk memilih template website yang ringan saat akan membangun sebuah website. 

Responsif

Ciri template SEO friendly yang kedua adalah responsif. Responsif disini berarti template yang kamu gunakan harus bisa kompatibel dengan perangkat apapun. Apakah perangkat desktop, tablet, dan smartphone. 

Navigasi yang Mudah Dipahami

Navigasi yang mudah dipahami akan membuat pengunjung website tahu apa yang mereka cari dan kemana mereka harus menuju. Jangan sampai pengunjung bingung saat sudah berada di halaman websitemu.Misalnya ketika ada tautan atau menu yang tidak diklik. Hal ini bisa saja mengurangi kenyamanan pengunjung website. 

Untuk memudahkan navigasi pengunjung, salah satu caranya bisa dengan memainkan ikon, simbol, dan warna. Sehingga, pengunjung tahu, ketika mereka menginginkan sesuatu harus mengklik tombol yang mana. 

Template Website Desa Terbaik

Right Way 

Untuk sebuah template website desa, Right Way adalah template yang tergolong serbaguna, dan tampak segar. Template ini dibuat untuk memberikan solusi yang memudahkan pengelolaan website desa. Dan ya, Right Way memberi semua yang dibutuhkan oleh para instansi pemerintahan. 

Right Way sendiri hadir dengan plugin WordPress yang cukup bagus untuk meningkatkan kinerja tema ini. Pada dasarnya, WooCommerce cukup kompatibel dengan WooCommerce dan WP Builder. Dengan WooCommerce, sebuah desa akan lebih mudah untuk menjual produk-produk unggulan desa. 

Baca Juga : Jetpack, Plugin WordPress Super Lengkap

eGovenz

Template untuk website desa selanjutnya adalah eGovenz. eGovenz adalah template WordPress yang dirancang  dan dikembangkan dengan baik. Template yang satu ini cocok digunakan oleh website kota-kota kecil, situs website pada lembaga pemerintahan pada level apapun, termasuk desa.

Untuk bisa menggunakannya, kamu tak perlu melakukan coding. Beberapa fitur yang dimiliki oleh eGovenz, antara lain One click importer, Elementor Page Builder, dan header footer tanpa batas. 

EGovt 

Template untuk website desa yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah EGovt. Template ini dirancang untuk bisa digunakan website pemerintah pada berbagi tingkatan. Baik untuk tingkat desa, kota, provinsi, ataupun bahkan instansi negara. EGovt cukup mudah digunakan. 

Untuk menggunakan tema ini, kamu akan mendapatkan 6 home demo, 40 inner pages, dan design block. 

Kemudian juga kompatibel dengan Elementor Page Builder, WooCommerce, dan event manager. Sebagai jurus pamungkas, kamu juga akan mendapatkan free lifetime updates. Sangat menarik, bukan? 

City of WP 

Selanjutnya ada nama City of WP. City of WP adalah template buatan pengembang tema, yaitu Dannci. Template ini juga dibuat dengan template khusus pemerintahan yang dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mengembangkan website instansi pemerintah menggunakan WordPress. 

City of WP sendiri cukup disukai karena pada bagian header, yang dapat mengakomodasi penggunaan logo yang cukup panjang. Ya, mayoritas website pemerintah di Indonesia, termasuk desa memiliki teks di bagian logo yang panjang. Sehingga, template ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk digunakan. 

Liberty

Template website untuk pemerintah desa lainnya yang bisa kamu coba adalah Liberty. Liberty adalah template WordPress hasil rilisan Themeblossom. Bisa dibilang, tema ini memang dibuat khusus sebagai tema untuk website resmi pemerintahan, atau hal-hal yang terkait dengan kegiatan politik. 

Template dengan logo yang terletak di tengah ini sangat khas dan memberikan kesan formal dan sangat cocok jika digunakan untuk pemerintahan desa yang terkesan sangat formal. Sebenarnya, Liberty bisa digunakan oleh berbagai tingkatan pemerintahan. Mulai dari kepresidenan, kementerian, maupun pemerintah daerah dan yang terkait. Liberty bisa kamu dapatkan lewat situs marketplace tema di Themeforest. Dan tema ini sudah terjual lebih dari 700 kali.

Penutup

Sebenarnya masih ada banyak template untuk website desa. Dan untuk pemilihan template tersebut, semua tergantung kebutuhanmu. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *